BINUS UNIVERSITY

Fresh n Brite 2015: Creativora “Visual Lebih Lantang”

indopos.co.id – School of Design (SoD) Binus University kembali menggelar kegiatan Fresh n’ Brite (FnB) di tahun 2015. Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 8-10 Oktober 2015 ini diselenggarakan di FX Mall, Jakarta.

Dalam rilisnya kepada indopos.co.id Kamis (15/10) menyebutkan, nama Fresh n’ Brite sendiri menggambarkan konsep dan konten dari para lulusan terbaru dan terbaik yang fresh, cemerlang, enerjik dan potensial dalam kualitas.

Fresh n Brite tahun ini akan menghadirkan berbagai kegiatan, antara lain final project showacase, young designer market, design talks, seminar, creative communities showcase, media & industry gathering.

Fresh n Brite Design Festival yang diselenggarakan School of Design Binus University saat ini telah memiliki reputasi yang sangat baik dibidang pendidikan desain di Indonesia. Kini, School of Design Binus University memiliki 5 program pendidikkan desain yang diandalkan, yaitu DKV New Media, Animation, Creative Advertising, Interior Design, dan Furniture Design.

Penyelenggaraan FnB 2015 merupakan salah satu bentuk tanggung jawab School of Design dalam mengkampanyekan pentingnya eksplorasi dan pengembangan pola serta materi pembelajaran khususnya dalam bidang desain.

Perluasan konsep dan segmen kegiatan dari pameran tugas akhir menjadi festival desain yang melahirkan konsekuensi baru, yaitu eksistensi dan kebersinambungan dari eksplorasi itu sendiri.

Penegasan pentingnya eksplorasi dalam aktivitas pendidikkan desain akan diwujudkan dalam program-program FnB 2015 yang memilih judul Creativora. Creativora mengandung makna FnB merupakan sentra karya-karya kreatif mahasiswa terbaik.

Perkembangan dan perubahan dalam pendidikkan desain adalah mutlak, artinya perubahan adalah wujud dari tanggung jawab institusi dan individu didalamnya untuk mengembangkan pola-pola pembelajaran yang ada sebelumnya agar menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Kegiatan FnB senatiasa dibanjiri pengunjung dari berbagai kalangan, seperti praktisi dan pelaku industri kreatif, akademisi bidang kreatif, para pelajar dan mahasiswa serta masyarakat umum. Tak kurang dari 1000 orang per harinya memadati setiap kegiatan kali FnB diselenggarakan.

Pada awalnya, FnB adalah sebuah event tahunan untuk memamerkan karya-karya lulusan terbaik DKV (grade A) kepada masyarakat luas (stake holder). FnB menjadi semacam jembatan penghantar bagi para peserta dari ruang pendidikkan menuju masyarakat yang sesungguhnya, terutama industri.

Kegiatan yang edukatif ini bersifat nirlaba dan terbuka untuk masyarakat umum. Pertama kali diselenggarakan pada tahun 2004, kini setelah 11 kali penyelenggaraan, FnB sudah menjadi semacam the most creative-event’s icon School of Design Binus University.