Walaupun sering menampilkan karakter imajinatif, seperti monster atau mobil bisa bicara, gambaran dalam film animasi banyak yang mewakili perasaan dan kehidupan kita. Wajar karena para filmmaker dan animator yang terlibat di dalamnya, terinspirasi pengalaman dan hal-hal di sekitar mereka.

Ini diakui dua filmmakers Disney-Pixar yang tengah berkunjung ke Jakarta. Pete Docter adalah Vice President dan Creative Pixar Animation Studio sekaligus sutradara film blockbuster animasi Disney-Pixar terbaru, Inside Out. Sementara Ronnie Del Carmen adalah Co-Director Inside Out yang bergabung dengan Pixar Animation Studios sejak tahun 2000.

Inside Out terinspirasi putriku yang baru berusia 8 tahun. Dulu dia ceria sekali dan selalu bersemangat, tapi semakin besar semakin pendiam,” tutur Pete Docter di Ballroom Djakarta Theater XXI, 5 Agustus.

Sebagai orang tua, Pete dan Ronnie mencemaskan hal ini. Ide membuat cerita film tentang emosi manusia, terutama anak-anak yang beranjak remaja pun muncul. Beragam riset dilakukan untuk mengemas cerita tentang pikiran dan emosi manusia. Butuh waktu lima tahun hingga akhirnya Inside Out dirilis Disney-Pixar.

Selama Inside Out Tour di Jakarta, Pete dan Ronnie juga berbagi ilmu pembuatan film animasi dengan para mahasiswa Binus University. Disney – Pixar sengaja mengemas Inside Out Southeast Asia Tour untuk semakin mendekatkan karya-karya mereka kepada penonton. Selain Jakarta, kedua filmmaker ini juga mengunjungi Kuala Lumpur dan Manila, Philipina, negara asal Ronnie.

“Kami ingin penggemar Disney –Pixar bertemu dengan pemikir kreatif terkemuka di industri animasi dan hiburan,” ujar Amit Malhotra, General Manager Studio Entertainment, The Walt Disney Company, Southeast Asia.

sumber : http://momdadi.com/momdadi/si-kecil-menginspirasi-filmmakers/