Menjalin persahabatan dengan Negara lain tidak hanya merupakan tugas utama setiap orang yang duduk menjabat di wilayah kementerian saja. Namun, menjalin persahabatan pun bisa ternyata bisa dilakukan oleh setiap kita. Dengan memperluas koneksi jaringan komunikasi kita dengan setiap orang, tanpa kita sadari hubungan persahabatan dengan Negara sendiri bahkan Negara lain dapat terjalin dengan sendirinya tanpa harus susah payah untuk membangunnya.

Sebagai salah satu institusi pendidikan swasta terkemuka di Indonesia, BINUS UNIVERSITY turus berupaya untuk menjalin hubungan persahabatan dan kerjasama dengan industry maupun Negara lain seperti Negara Jepang. Tujuan dari menjalin hubungan persahabatan dengan Negara lain, tidak hanya sekedar memperluas jaringan koneksi BINUS UNIVERSITY itu sendiri, melainkan untuk membantu para BINUSIAN dalam mencari pekerjaan di perusahaan global ketika mereka telah menyelesaikan masa studi mereka di universitas selama kurun waktu 4 tahun lamanya.

Namun, BINUS UNiVERSITY memiliki cara yang cukup sederhana untuk mempererat hubungan persahabatan antara Indonesia dan Jepang, yaitu melalui makanan. Makanan merupakan salah satu cara yang cukup sederhana untuk mempererat hubungan persahabatan di antara kedua Negara tersebut. Karena, melalui makanan kita dapat mengenal budaya, karakter, serta cita rasa yang terkandung di dalam suatu makanan.

Mengundang chef yang merupakan ambassador dari Negeri sakura, Shuici Osawa mengunjuk kebolehannya di depan para BINUSIAN untuk membuat masakan asal Negara Jepang yaitu Sushi dan Sashimi. Kedua masakan ini adalah masakan khas daerah Jepang yang sangat di gemari juga oleh masyarakat Indonesia. Selain mengunjuk kebolehan di depan para BINUSIAN, chef Shuici Ozawa juga mengundang para BINUSIAN yang hadir untuk memasak bersama membuat sushi.

Dengan adanya kunjungan dari ambassador Negara Jepang sekaligus memasak bersama masakan khas Jepang, diharapkan dapt menambah wawasan para BINUSIAN akan kebudayaan, karakteristik, serta cita rasa masakan dari Negara Jepang. Selain itu juga dapat mempererat hubungan persahabatan antara Indonesia dan Jepang, khususnya memperkenalkan BINUS UNIVERSITY di negeri sakura. (JR)