BINUS UNIVERSITY

MENGAJAK BINUSIAN BERKARYA DALAM MEMBUAT FILM

Film merupakan bentuk komunikasi ide dan kreatifitas. Film biasanya ditampilkan pada media elektronik seperti televisi ataupun melalui media online. Ada pula film tersebut ditampilkan pada bioskop maupun panggung teater kesenian. Dari setia film yang ditayangkan, para pembuat film menyisipkan makna-makna kehidupan yang mampu mempengaruhi tingkat emosi penonton saat melihat film tersebut.

Sebuah kesempatan yang baik bagi BINUSIAN yang senang dan hobi membuat film pendek dan mengupload video tersebut pada media sosial serta di media internet seperti Youtube. Mengangkat tema “Indonesia Muda, Indonesia Kaya Budaya”, PT. Bank BCA mengadakan acara BCA Short Movie Award (BCA SHOVIA) yang mengajak para mahasiswa untuk menuangkan segala ide kreatifitas mereka dalam suatu film pendek berdurasi maksimal 5 menit. Total hadiah yang ditawarkan senilai 100 juta rupiah dengan kategori pemenang Best Movie, Best Scenario, Best Actor, Best Actress, Best Cinematography, Best Favourite Movie, Best Poster, Best Director, dan Best Editing. Itu merupakan beberapa kategori yang akan dinilai oleh para dewan juri dalam setiap film pendek yang dikirimkan. Pendaftaran dan pengiriman karya film pendek dibuka hingga 25 September 2015.

Film itu sendiri terbagi menjadi 2 kategori umum, yaitu film dengan durasi pendek dan film dengan durasi penayangan yang panjang. Film pendek adalah salah satu bentuk film paling kompleks. Penonton akan cepat mengenal permasalahan pada cerita film, penyelesaian atas permasalahan tersebut, serta durasi cerita yang memiliki penayangan maksimal 50 menit. Sedangkan film panjang merupakan film dengan jalan cerita yang mengandung permasalahan, penyelesaian dan durasi cerita yang panjang dan memiliki cerita berseri.

Harris Nizam, yang merupakan seorang sutradara film “Surat Kecil Untuk Tuhan” sekaligus pemenang Box Office pada tahun 2011 menuturkan bahwa film yang baik adalah film yang dapat mempengaruhi tingkat emosi penonton. Walaupun film tersebut telah selesai mereka tonton, film tersebut masih terus menjadi perbincangan yang hangat dikalangan penonton. Tuangkanlah Kreatifitasmu BINUSIAN, buatlah film semenarik mungkin. Selamat Berkreasi !. (JR)