Teknologi di dunia semakin berkembang. Kini semua lini kehidupan manusia dikuasai oleh teknologi dan kemajuan zaman. Tidak ada yang dapat membendung modernitas yang semakin cepat. Sekarang, perkara kecil hingga perkara besar selalu identik dengan penggunaan teknologi. Manusia memanfaatkan teknologi untuk memudahkan kehidupannya.

Tuntutan masalah yang beragam dalam masyarakat akhirnya melahirkan konsep yang disebut entrepreneurship. Konsep entrepreneurship adalah seni mengubah masalah atau peluang yang ada di tengah masyarakat sehingga memunculkan suatu ide kreatif baru yang dapat menciptakan suatu solusi yang bermanfaat bagi orang lain. Masalah-masalah yang ada pada masyarakat diamati dan dianalisa, kemudian mengambil solusi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut. Beberapa tahun terakhir konsep ini semakin berkembang, bahkan kini telah muncul banyak entrepreneur muda yang hadir dengan ide-ide cemerlangnya. Banyak ide, produk, atau jasa yang biasa kemudian dimodifikasi dan dikombinasi sehingga menghasilkan ide, produk, dan jasa yang baru. Kreatifitas melahirkan berbagai produk yang tidak biasa-biasa saja

Technopreneur merupakan kombinasi antara peluang yang dilihat dan pemanfaatan teknologi yang ada. Perdagangan melalui internet ataupun menciptakan aplikasi di dalam dunia maya telah menjadi tren masyarakat saat ini. Jika pengusaha biasanya terikat oleh waktu kerja dan biaya usaha, kini technopreneur tidak perlu memikirkan kedua hal tersebut, karena technopreneur tidak membutuhkan ruangan fisik dan juga tidak memiliki biaya sewa atau biaya lainnya.

Technopreneur keluar dari kebiasaan-kebiasaan masyarakat pada umumnya. Jika pada umumnya lulusan perguruan tinggi berlomba-lomba mencari pekerjaan, maka technopreneur menjadi pencetus lapangan kerja dengan konsep baru. Oleh karena sebab-sebab itulah, program studi MMSI menyediakan peminatan technopreneur. Hal inidiharapkan agar para lulusan pasca sarjana ini bisa membuka peluang bisnis sendiri dan menyediakan lapak pekerjaan bagi orang lain.

Dengan adanya peminatan technopreneur di program studi MMSI, maka jalan menuju seorang entrepreneur berbasis teknologi menjadi semakin terbuka. Dengan bekal mata kuliah dan praktek yang ditawarkan oleh peminatan technopreneur maka para lulusannya akan mendapatkan pengetahuan yang komprehensif tentang teknologi sekaligus kiat-kiat entrepreneur. (AS)