BINUS UNIVERSITY

    LULUSAN BINUS GRADUATE PROGRAM MELAHIRKAN KARYA PENELITIAN YANG BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT

    Manusia yang paling mulia adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya. Kepuasan terbesar bagi seseorang adalah ketika dirinya menghasilkan sebuah karya yang meningkatkan harkat hidup banyak orang. Karya yang bermanfaat memiliki bentuk yang beragam, salah satunya adalah penelitian yang memanfaatkan kemajuan teknologi.

    BINUS GRADUATE PROGRAM (BGP) mengadakan kegiatan info session tentang pengarahan peminatan bagi jurusan MTI dan MMSI. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memberikan gambaran serta motivasi yang lebih jelas tentang masa depan dan hasil penelitian para lulusan. BGP pun mengundang seorang lulusannya, yaitu Jonathan Samuel Lumentut, S.Kom., M.TI. untuk membagikan pengalamannya dalam menyusun tesis.

    Jonathan yang baru saja lulus dari jurusan MTI BINUS GRADUATE PROGRAM membagikan pengalamannya tentang penyusunan tesis yang ia lakukan. Tesis yang Jonathan susun berjudul ?A System For Real Time Passenger Monitoring System For Bus Rapid Transit?. Ia mengaku pada awalnya sempat bingung dalam memilih topik untuk penelitiannya, hingga pada akhirnya ia menemukan sebuah fenomena yang tidak jauh dari masyarakat yaitu tentang Transjakarta busway. Jonathan memilih topik tersebut karena melihat keadaan bus Transjakarta yang dikirimkan secara acak tanpa melihat di lokasi mana penumpang menumpuk, akibatnya terdapat halte yang penumpangnya sangat penuh dan ada pula halte yang kosong karena bus yang sering melewati daerah tersebut.

    Melihat fenomena ini, ia memilih membuat penelitian tentang sebuah sistem yaitu real time passenger monitoring system. Dalam tesisnya dijelaskan sistem ini ditujukan untuk menghitung secara real time penumpang yang masuk dan keluar dari bus Transjakarta. Sistem tersebut menggunakan media webcam atau kamera yang diletakkan diatas setiap pintu untuk melakukan tracking terhadap jumlah penumpang. Hasil rekaman tersebut akan dikirimkan ke CPU dan kemudian diteruskan ke server, setelah itu akan diverifikasi dan operator akan mengetahui di halte mana penumpang menumpuk, dan pada akhirnya bus transjakarta akan dikirimkan ke halte tersebut untuk mengurai tumpukan penumpang.

    ?Diharapkan apabila pelayanan yang baik telah diterapkan, maka orang-orang akan lebih memilih menggunakan Transjakarta dibandingkan kendaraan pribadi,? Tegas Jonathan. Menurutnya apabila pengguna kendaraan pribadi dapat dikurangi, maka kemacetan akan dapat diatasi secara perlahan.

    Saran yang diberikan bagi para BINUSIAN untuk membuat tesis adalah suatu hal harus dipelajari secara mendalam, bukan secara meluas. Ia juga menyarankan untuk menentukan topik tesis sejak awal dan setelah itu membaca paper-paper untuk melengkapi pengetahuan. (AS)