BINUS UNIVERSITY

    INSPIRASI BINUS DOCTOR OF RESEARCH IN MANAGEMENT MELALUI ILMUWAN DATA DI ERA BIG DATA

    Melalui pesatnya kemajuan di bidang Information and Communication Technology (ICT), membuat munculnya era lalu-lintas data yang sangat cepat yang disebut dengan Era big data. Melihat fenomena tersebut, membuat Dr. Asnan Furinto, S.T., M.M., MBA selaku Head of Concentration Strategy and Growth mengembangkan penelitian di bidang ICT yang memperkenalkan ilmuwan data yang dianggap sangat diperlukan pada saat ini.

    Ilmuwan data merupakan sebuah profesi baru yang dibutuhkan oleh organisasi untuk menemukan pola dan informasi penting yang tersembunyi dalam tumpukan data digital. Bagi Asnan, ilmuwan data adalah orang yang memiliki kemampuan untuk menjembatani dunia bisnis dengan dunia komputer. Hal ini menunjukkan bahwa kedua hal tersebut saling berkaitan dan bersifat saling mempengaruhi satu sama lain.

    Dengan hadirnya hasil penelitian dari Dr. Asnan Furinto, S.T., M.M., MBA, diharapkan Indonesia sebagai negara yang banyak mengungguli berbagai kompetisi matematika internasional mampu menghasilkan ilmuwan data yang dapat dipercaya. Selain itu dapat menginspirasi berbagai kalangan melalui artikelnya dalam HBR Oktober 2012 yang tertera pada Media Marketing edisi Mei 2015. (LN)