Setiap tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Pada hari ini seluruh bangsa Indonesia diajak untuk mengenang keberanian Ki Hajar Dewantara atas keberaniannya menentang kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda pada masa itu, yang hanya memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda atau orang kaya yang bisa mengenyam bangku pendidikan. Lebih dari pada itu, kita juga diajak untuk merenungkan kembali pentingnya pendidikan dalam hidup kita dan bagaimana pendidikan dapat mengubah hidup.

Mari kita simak cerita-cerita teman BINUSIAN kita mengenai Hari Pendidikan Nasional:

Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo MM.; Rektor BINUS UNIVERSITY

“Pendidikan merupakan modal utama bagi suatu bangsa untuk dapat menjadi bangsa yang maju . Tidak hanya bagi bangsanya, tapi yang utama sadarilah bahwa dengan pendidikan seseorang dapat merubah masa depannya untuk menjadi lebih baik. Dalam Hari Pendidikan Nasional ini, saya mengajak Anda sekalian khususnya Anda yang sedang mengenyam pendidikan formal untuk tulus dalam mengenyam pendidikan, jangan jadikan itu sebuah beban. Manfaatkanlah kesempatan yang Anda miliki untuk belajar dengan sebaik mungkin dan teruskanlah ilmu yang sudah Anda miliki kepada sesama Anda demi kemajuan bangsa yang kita cintai ini.”

Mohamad Fadjri Mawarid, 0701346143 Sastra Inggris

Pendidikan dimata saya sangatlah penting, karena lewat pendidikan ilmu-ilmu yang saya yakini akan bermanfaat untuk saya di masa depan saya. Hari Pendidikan Nasional bagi saya adalah wujud rasa syukur terhadap Ki Hajar Dewantara yang telah sangat berperan besar dalam membangun pendidikan di Indonesia atas keberanian beliau kita dapat mengenyam pendidikan hingga saat ini.

Isabella nysaa Amelia, 1501200365 Marketing Communication

Makna pendidikan buat saya adalah semacam jendela untuk membuka mata kita dalam memahami dan menjalani kehidupan di dunia. Dalam memaknai Hari Pendidikan Nasional, pertama saya sangat mengagumi Ki Hajar Dewantara karena berkat beliau masyarakat Indonesia dapat merasakan pendidikan. Semoga pada Hari Pendidikan Nasional ini, anak muda zaman sekarang bisa semakin semangat dan turut serta mencerdaskan bangsa Indonesia.

Rina Aryani, 1701312193 Desain Interior

Pendidikan merupakan dasar di dalam hidup, manusia tanpa pendidikan bukanlah siapa-siapa. Di Hari Pendidikan Nasional ini, kita seharusnya merefleksikan kembali pentingnya pendidikan. Tanpa pendidikan, kita akan sulit mencapai cita-cita kita dan tanpa pendidikan kita hanya dipandang sebelah mata.

Djali, 1701369361 Desain Komunikasi Visual.

Pendidikan telah membuka pikiran dan wawasan saya terhadap dunia, pendidikan adalah jalan bagi saya menuju cita-cita. Setiap hari kita berjumpa dengan pendidikan dan mengalami proses pendidikan. Hari Pendidikan Nasional bagi saya hanyalah sebuah simbolis, lebih dari pada itu kita sebaiknya menghargai proses pendidikan yang kita lalui setiap hari.

Jonathan Edward, 1701335410 Hubungan Internasional.

Saya melihat pendidikan sebagai sarana untuk menambah pengetahuan kita agar wawasan yang kita miliki semakin luas. Dalam memaknai Hari Pendidikan Nasional, kita harus bisa merefleksikan lebih dalam bagaimana pendidikan telah berpengaruh besar bagi kehidupan kita sendiri. Selain itu kita harus bisa terus meningkatkan kualitas pendidikan kita agar berguna bagi diri kita sendiri dan bangsa Indonesia.

Selamat Hari Pendidikan Nasional! (IV)