BINUS UNIVERSITY

    BELAJAR DARI KESUKSESAN PARA YOUTUBER

    Berapa banyak waktu yang kita habiskan dalam sehari untuk menonton video di Youtube?

    Berapa jumlah channel yang kita subscribe?

    Berapa banyak orang yang terkenal hanya dari Youtube?

    Perkembangan zaman dan kemajuan teknologi menggiring dunia untuk hidup didalam kebutuhan akan internet. Hal-hal seperti komunikasi, korespondensi, penyebaran berita dan lain sebagainya menjadi mudah untuk dilakukan dengan adanya internet. Youtube lahir sebagai buah dari kemajuan internet, sekaligus membuat internet semakin popular dengan kelahirannya. Sebuah studi di Amerika Serikat bahkan menyebutkan manusia dewasa ini menghabiskan waktu hampir 10-15 menit per hari untuk menyaksikan video-video di Youtube.

    Fenomenalnya Youtube pun membuahkan buah-buah yang tidak terduga. Banyak orang yang dulunya biasa saja, kini bisa menjadi luar biasa terkenal karena Youtube. Bahkan Youtube kini menjadi lahan untuk menggali emas bagi sebagian orang.

    Untuk mempelajari kesuksesan anak-anak muda yang tenar melalui Youtube, BINUSTV mengadakan talkshow bertajuk ?Youtuber, Awasome kan??. Talkshow yang diadakan di Kampus Anggrek BINUS UNIVERSITY itu membahas seputar pahit manis para Youtuber dalam membina karir mereka. Dua orang Youtuber kondang pun diundang sebagai pembicara, mereka adalah Reza Oktavian dan Kevin Anggara. Kedua Youtuber ini dengan channelnya, saat ini sudah memiliki jutaan pengikut dan penonton. Video yang mereka tampilkan di channel Youtube biasanya adalah video kisah jenaka, game online, kisah asmara, dan lain sebagainya yang sebenarnya berasal dari kehidupan sehari-hari mereka.

    Kedua pembicara yang namanya dibesarkan oleh Youtube ini mengatakan bahwa pada awal terjun sebagai Youtuber, mereka sering kali mendapatkan pandangan negatif dari lingkungannya. ?Jangan jadikan kekurangan sebagai hambatan?, ujar Reza Oktavian. Pria yang akrab disebut Arab tersebut berkisah tentang perjuangan awalnya sebagai Youtuber. Ia mengatakan pada awal terjun ke media Youtube, modal dalam pembuatan video hanyalah sebuah laptop tua. Arab menyebutkan bahwa saat ini adalah saat yang tepat untuk terjun dan mulai menjadi Youtuber, karena Youtube kedepannya akan semakin berkembang.

    Konten video-video di Youtube pun beranekaragam, banyak artis yang melakukan cover lagu, mengangkat nilai kehidupan, dan adapula yang seperti Kevin Anggara yang mengangkat kisah sehari-hari. ?Inspirasi berasal dari pengalaman-pengalaman yang saya rasakan sendiri?. Ujar Kevin Anggara. Ia mengatakan bahwa inspirasinya dalam membuat video jenaka di Youtube berasal dari hal-hal kecil yang ia temui dalam kehidupan sehari-hari.

    Koordinator acara talkshow tersebut, Rosella menyebutkan tujuan dari pemilihan tema yang berkaitan dengan Youtube adalah karena Youtube dalam beberapa tahun ini sangat fenomenal. Sehingga Youtube kini dapat menjadi jembatan menuju dunia hiburan dan tempat menuangkan kreativitas. Dengan adanya talkshow ini, BINUSIAN diharapkan memiliki pengetahuan dari sisi lain Youtube, dimana Youtube dapat dijadikan tempat menuangkan kreativitas yang menjanjikan. (AS)