Ditengah tantangan dalam perkuliahan yang semakin kompleks, BINUSIAN dituntut untuk membuat karya ilmiah berupa skripsi yang berkualitas. Oleh karena itu jurusan Marketing Communication BINUS UNIVERSITY menyelenggarakan seminar ?Behind The Thesis? yang berkaitan dengan skripsi yang akan dihadapi oleh para BINUSIAN pada masa mendatang.
Seminar yang diadakan Rabu (18/3) menghadirkan tiga pembicara. Pembicara yang pertama adalah Dr. Dominikus Tulasi, M.M, yang membahas tentang penelitian kuantitatif. Pembicara mengungkapkan bahwa penelitian kuantitatif adalah sebuah penelitian yang berdasarkan sampel yang diambil dari sebuah populasi yang kemudian disurvei untuk mendapatkan kesimpulannya.
Kemudian dilanjutkan oleh Maria Anggia W, S.Sos, M.M, yang membawakan materi penjelasan tentang penelitian kualitatif. Pada pembahasan tentang penelitian kualitatif diungkapkan bahwa penelitian kualitatif adalah suatu penelitian yang didominasi oleh teknik wawancara kepada sumber yang terpercaya di bidangnya atau yang berhubungan langsung dengan fenomena yang diteliti. Pada seminar yang dilaksanakan di Kampus Syahdan BINUS UNIVERSITY, kedua pembicara membawakan pembahasan mengenai metode penelitian kuantitatif dan kualitatif secara lengkap dan rinci. Sekitar 50 BINUSIAN yang hadir menunjukkan rasa keingintahuan dan siap membekali diri sebelum memasuki tahap skripsi.
?Ketika sebuah penelitian dilakukan, maka peneliti dihadapkan dengan teori dan fakta, diantara teori dan fakta akan ada ruang yang disebut masalah, karena terkadang teori tidak selalu sesuai dengan fakta yang terjadi?. Ujar Dr. Dominikus Tulasi, M.M.
Seminar yang ditujukan untuk mahasiswa jurusan Marketing Communication semester empat, enam, dan delapan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang lengkap dan rinci mengenai metode penelitian dalam skripsi yang akan dihadapi oleh setiap BINUSIAN.
Dengan adanya seminar ini diharapkan BINUSIAN tidak akan menghadapi hambatan yang berarti ketika mereka berada dalam proses pembuatan skripsi. Seperti yang diungkapkan oleh Maria Anggia W, S.Sos, M.M, bahwa setiap BINUSIAN harus menyukai dan mengerti apa yang akan diteliti, apabila telah menyukai dan mengerti tentang hal itu, maka kita akan semakin mendalami permasalahan tersebut.
Dalam seminar ini juga dihadirkan Siti Nahdiah Zainal, S.I.Kom, M,A, seorang alumni jurusan Marketing Communication BINUS UNIVERSITY yang merupakan lulusan terbaik pada tahun 2011. ?Skripsi adalah bagian kecil dalam proses kehidupan dan tidak sesulit menghadapi permasalahan lainnya, sehingga harus bersemangat dalam menghadapinya? ujar Siti Nahdiah Zainal, S.I.Kom, M.A,. (AS)