BINUS UNIVERSITY

    Air Itu Luar Biasa

    Jakarta, 22 Maret 2015

    Air adalah bagian dari tubuh kita. Setiap hari saya membutuhkan air, Anda pasti juga. Namun pernahkah kita berfikir akan ketersediaan air bersih pada 10 – 20 tahun mendatang ? Bagi kita yang hidup di kota besar, saat ini mungkin kita merasa bahwa air itu berlimpah dan tidak akan pernah habis. Tapi sadarkah kita bahwa air tanah yang kita gunakan jika disedot terus menerus akan membahayakan kita ? Karena permukaan tanah lama kelamaan akan menurun dan ini bisa mengakibatkan tanah longsor dan bahkan bencana alam lainnya.

    Air memang masih menyisakan berbagai masalah yang pelik di Indonesia, padahal dengan rata- rata curah hujan yang mencapai 2.779 milimeter pertahun, Indonesia seharusnya mampu menjadi negara yang kaya akan air. Sayangnya 66% dari air tersebut justru berubah menjadi bencana banjir dan tanah longsor yang menyengsarakan masyarakat.

    Dalam memperingati Hari Air Dunia yang jatuh pada 22 Maret, marilah kita sadari bahwa ketersediaan air bukan hanya untuk kita hari ini saja, tapi juga untuk anak dan cucu kita di masa mendatang. Saya yakin saat ini masyarakat Indonesia tahu betul hal ini, khususnya para kaum intelektual. Kesadaran untuk menghemat air sudah menjadi isu dunia. Ini tandanya penggunaan air bersih dan ketersediaan air bersih di masa mendatang merupakan hal penting yang harus kita persiapkan dari sekarang. Langkah mudah yang kita bisa lakukan adalah dengan menyiram tanaman menggunakan air hujan yang telah kita tampung.

    Para generasi hebat penerus bangsa, kini saatnya Anda untuk mengaplikasikan ilmu yang telah Anda peroleh selama ini dengan mengubah pola pikir Anda terhadap penggunaan air. Mari kita lebih bijaksana dalam menggunakan air sekaligus mulai melakukan upaya- upaya demi terjaganya ketersediaan air bersih untuk kelangsungan hidup yang lebih baik.

    Terima kasih.

     

    Salam BINUSIAN,
    Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM
    Rektor BINUS UNIVERSITY

     

    Download : Air Itu Luar Biasa !