Konten mata kuliah, selain pengajar dan pembelajar, adalah komponen yang penting dalam proses belajar-mengajar. Dalam era digital saat ini, konten mata kuliah sudah mulai bertransformasi dari buku fisik menjadi konten digital yang dapat diakses oleh siapa pun, kapan pun, dan dari mana pun. ?Proses belajar-mengajar yang terjadi di dalam ruang kelas tentunya tidak akan terus-menerus bertahan di ruang kelas. Jika mahasiswa tidak optimal belajar melalui metode pengajaran saat ini, pengajar tentunya harus menggunakan metode berdasarkan cara mereka belajar.

Mahasiswa suka belajar secara online dan menggunakan teknologi,? ujarProf. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM., selaku Direktur Knowledge Management and Innovation dan Rektor Binus University. ?Konten digital yang sesuai dan dapat di akses oleh banyak orang tentunya dapat meningkatkan proses pembelajaran internal maupun eksternal dan dapat memperkenalkan Binus University secara lebih luas,? lanjutnya.

Binus University, melalui School of Computer Science, Faculty of Engineering, Academic Product Knowledge Center, dan Binus Center, telah memperluas akses konten digital ke pengguna global di dunia melalui kerjasama dengan Apple iTunes U (iTunes University). Konten digital dari beberapa mata kuliah telah ada di iTunes U dalam bentuk video. ?Binus University merupakan institusi pertama dan satu-satunya di Indonesia yang berkontribusi dalam pembelajaran global melalui konten digital pada iTunes U,? tambah Prof. Harjanto Prabowo. Dosen dan mahasiswa dapat mendownload aplikasi iTunes di https://www.apple.com/itunes/download/ untuk platform Mac OS dan Windows. Pengguna dapat mengakses konten Binus University melalui fitur iTunes Store yang ada di dalam aplikasi iTunes dengan menggunakan kata kunci pencarian ?Binus?.

iTunes U merupakan catalog konten digital pendidikan terbesar di dunia. Jutaan orang di dunia mengakses iTunes U setiap harinya. iTunes U menyediakan lebih dari 500.000 konten yang terdiri dari audio, video, PDF, dan dokumen, yang merupakan kontribusi dari ratusan institusi pendidikan di dunia. ?Binus University sudah memiliki 7 courses dan sekitar 40 topik pembelajaran yang dipublikasikan melalui iTunes U?, ujar Budi Yulianto selaku Academic Product Knowledge Center Manager. ?Sejak dipublikasikan dari September 2014, konten digital Binus University sudah diakses oleh mayoritas pembelajar dari USA (35%), China (12%), dan Indonesia (10%)?, tutup Budi.