BINUS UNIVERSITY

    CARA UNIK MENGELUARKAN EKSPRESI MELALUI HASIL KARYA SENI

    Seni dapat diartikan suatu ekspresi dari ide kreatif manusia yang dapat diinterpretasikan dalam suatu bentuk desain kreasi yang mengandung unsur keindahan. Aspek dari keindahan tersebut memiliki sistem penilaian serta aturan ? aturan yang berbeda dari masing masing individu. Terkadang, konsep aturan yang telah tersusun dengan sedemikian rupa bisa menjadi penghambat setiap individu untuk menuangkan ide kreatif mereka dalam suatu bentuk karya seni.

    Melihat bahwa konsep aturan yang telah dibuat sering menjadi suatu penghambat setiap individu untuk berkreasi, maka mahasiswa School of Design (SoD) BINUS UNIVERSITY @Alam Sutera membuat cara yang sedikit berbeda dalam memamerkan hasil karya mereka di Galery Gedung R, Kampus Syahdan, pada Rabu (14/01). Pameran ini merupakan pameran pertama mahasiswa DKV di area Kampus Syahdan.

    Mengangkan tema Disorder, yang banyak diartikan sebagai suatu tindakan yang berlawanan dengan aturan yang berlaku yang dapat membuat sesuatu menjadi tidak beraturan. Ada pula yang mengartikan Disorder merupakan suatu kelainan pada manusia sehingga membuat suatu kegelisahan dan dapat menimbulkan tindakan merusak diri sendiri. Dengan mengangkat tema Disorder, diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain untuk dapat berkreasi melebihi batas aturan ? aturan yang berlaku di lingkungan sekitar kita.

    Cara yang sedikit berbeda disini adalah mahasiswa tidak hanya memandang bahwa suatu hasil karya seni hanya bisa dituangkan dalam bentuk desain grafis atau desain visual saja, melainkan dalam hal bahasa pun ide kreatif dapat dipamerkan kepada publik. Acara pameran hasil karya mahasiswa ini dibuka dengan kata sambutan dari Danendro Adi, S.Sn., M.Arts. selaku dekan dari School of Design serta penampilan band dari mahasiswa DKV.

    Dalam sambutannya, beliau berkata ?Semoga pameran pertama mahasiswa DKV BINUS UNIVERSITY @Alam Sutera menjadi suatu pengawal pembukaan pameran selanjutnya diberbagai tempat. Selain itu, pameran yang diadakan bukan menjadi suatu ajang kompetisi untuk melihat siapa yang terbaik hasil karya antara mahasiswa Kampus Syahdan dan Kampus Alam Sutera. Karena, kita merupakan satu keluarga Mahasiswa School of Design?, Ungkap Danendro. (JR)