Menuju AFTA 2015, setiap individu berlomba untuk membekali diri dengan segudang kemampuan yang dapat beradaptasi dengan teknologi dunia. Tidak dapat dipungkiri bahwa pendidikan memiliki peranan penting dalam beradaptasi dengan perkembangan tersebut. Dengan menggunakan tagline: ?State of the Art Doctorate Program in Computer Science to the World Class Innovation?, BINUS UNIVERSITY membuka program Doctor of Computer Science (DCS).

Mengacu pada pasal 5, keputusan Mendikbud nomor 212/U/1999 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Doktor menyatakan bahwa Kurikulum Pendidikan Program Doktor terdiri atas program perkuliahan, koloqium akademik, dan interaksi akademik, yang meliputi seminar, pertemuan professional, dan penelitian, baik yang bersifat kepustakaan, laboratorik, maupun lapanngan serta disertasi yang dihargai dengan nilai antara 28 sks sampai 32 sks

Berbeda dengan S3 Ilmu Komputer lainnya, di DSC ini, para calon mahasiswa sudah diseleksi secara sistematis dan akan dipantau dalam progress penelitian dan publikasi. Untuk publikasi, mahasiswa akan diarahkan keberbagai jurnal yang ter-indeks SCOPUS dan conferences yang bertaraf internasional. Selain itu mahasiswa juga akan dilibatkan dalam kegiatan hibah penelitian yang dipimpin oleh promotor/co-promotor masing-masing.

Tidak hanya itu, mahasiswa juga akan diarahkan untuk bisa melakukan exchange program dengan universitas/lembaga penelitian di luar negeri dalam bentuk kunjungan penelitian. Untuk menjaga kualitas penelitian, BINUS UNIVERSITY juga melibatkan profesor mitra BINA NUSANTARA sebagai reviewer.

Program S3 ini siap dibuka dengan 2 stream yaitu Ilmu Komputer dan Sistem Informasi dengan jumlah 15 mahasiswa disetiap tahun akademik. Pada DSC ini, BINUS UNIVERSITY juga memperlengkapi dengan peralatan laboratory yang lengkap, dengan tenaga pengajar S3 Ilmu Komputer dari dalam dan luar negeri. Para tenaga pengajar ini juga sudah berpengalaman dalam grany bidding dan rekan jejak penelitian dan publikasi yang direkam oleh SCOPUS.

Semoga melalui program S3 ini dapat berguna bagi Indonesia dalam mengembangkan negara ini, dan dapat membawa nama BINUS UNIVERSITY menjadi universitas tingkat dunia serta menjadi acuan bagi universitas di Indonesia untuk membuka program studi yang sama. (AL)