BINUS UNIVERSITY

MEMBEKALI KARYAWAN DENGAN VALUE BINUSIAN

Untuk mencapai visi A World-class Knowledge Institutite in Continuous Pursuit of Innovation and Enterprise pada BINUS 20/20 nanti, tidaklah mudah. Segala elemen, dari kualitas pengajar hingga karyawan yang bekerja pun harus mendukung dan berjalan bersama-sama untuk mencapai hal tersebut.

Seiring dengan berkembangnya BINA NUSANTARA hingga 33 tahun sekarang, karyawan dan tenaga pengajar bertambah banyak sehingga institusi ini harus mengkomunikasikan kembali visi misi dan value institusi untuk mendukung visi BINUS tersebut. BINUS Corporate Learning & Development (BCL&D) yang dipercaya dapat memperlengkapi para karyawan dan tenaga pengajar ini mengemas serangkaian acara yang menarik untuk memperkenalkan value BINUSIAN melalui acara Afternoon Meet and Great yang diadakan di Sjuman Hall, BINUS INTERNATIONAL SCHOOL Serpong, pada Sabtu (27/9).

Acara ini diikuti oleh ratusan karyawan dan tenaga pengajar di BINA NUSANTARA Group. Pada kesempatan ini, CEO BINA NUSANTARA, Ir. Bernard Gunawan hadir untuk memberikan arahan tentang pentingnya kegiatan ini bagi karyawan baru untuk bisa bersama-sama mencapai visi BINUS 20/20. Penyambutan ini didukung oleh arahan pimpinan lainnya seperti Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM selaku Rektor BINUS UNIVERSITY, Prof. Dr. Gerardus Polla, M.App.Sc selaku Director of BCL&D, Sherrie B. Garcia selaku Principal, Middle & High School Years BINUS INTERNATIONAL SCHOOL Serpong, dan Judi Arto selaku Director of Marketing.

Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menyelesaikan sebuah studi kasus yang didampingi oleh para pimpinan. Setelah menyelesaikan studi kasus beberapa tim diminta untuk mempresentasikan studi kasus tersebut dan dibimbing oleh pimpinan BINA NUSANTARA. Setelah studi kasus ini, para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengikuti permainan yang sudah dibagi menjadi beberapa pos.

Di setiap pos, peserta akan menyelesaikan sebuah permainan dan dievaluasi oleh para pemimpin di setiap pos. Setiap permainan yang dimainkan ini, ternyata memperkenalkan value BINUSIAN yaitu Tenacious Focus, Freedom to Innovate, Far sighted, dan Embrace Diversity.

?Menurut saya permainan yang dimainkan sangat inspiratif dan sangat sesuai dengan value BINUS. Salah satu permainan yang saya suka adalah saat kami diberi bahan-bahan seperti kardus, paku, bambu, solatip dan kami harus membuat bangunan setinggi mungkin tapi kokoh. Dari permainan ini, kami belajar salah satu value BINUSIAN yaitu Freedom to Innovate. Dalam melakukan pekerjaan sehari-hari, kita berhak melakukan inovasi?, ujar Laurencia salah satu peserta yang memenangkan permainan pos ini.

Acara ini ditutup dengan penampilan dari Saung Udjo Angklung yang mengajak semua peserta menyanyikan sebuah lagu dengan permainan angklung. Walaupun melelahkan, namun acara Afternoon Meet and Great ini dapat memberi nilai isnpiratif dan memotivasi para karyawan untuk melakukan yang terbaik bagi pekerjaannya.

Ya BINUSIAN! Tidak selamanya sebuah inovasi akan berdampak baik, tapi apabila kita tidak melakukan inovasi, kita tidak akan menjadi lebih baik! Beranilah mencoba untuk melakukan sebuah perubahan dengan inovasi kecil di tempat kamu berkarya. (AL)