Salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih kampus adalah peringkat kampus tersebut. Perguruan tinggi dengan peringkat baik biasanya akan menjadi pilihan banyak orang.

Saat ini ada beberapa pemeringkatan perguruan tinggi dunia yang menjadi rujukan yaitu 4ICU, QS World Universities Ranking dan Webometrics. Pemeringkatan yang mereka lakukan biasanya melibatkan puluhan ribu kampus di dunia dan menggunakan metodologi yang ketat.

Sayangnya, perguruan tinggi Indonesia belum berdaya dalam persaingan dunia. Dalam 4ICU misalnya, hanya beberapa kampus negeri yang menembus peringkat 200 besar dunia. Bahkan dalam pemeringkatan terakhir, hanya Institut Teknologi Bandung (ITB) yang mewakili Indonesia. Itu pun di peringkat 194.

4ICU melakukan penilaian terhadap 11.307 situs perguruan tinggi di dunia. Pada pemeringkatan tersebut, terdapat tiga parameter penilaian, yakni Google Page Rank, Alexa Traffic Rank, dan Majestic SEO.

Bagaimana dengan kampus swasta? Namanya tidak terdengar di tingkat dunia. Namun di tingkat nasional, Universitas Gunadarma (UG) menjadi kampus dengan website paling populer. Di peringkat berikutnya ada Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Bina Nusantara (Binus), Universitas Mercu Buana (UMB) dan Universitas Kristen Petra Surabaya. Demikian seperti dirangkum Okezone, Selasa (1/7/2014).

Tidak jauh berbeda dengan 4ICU, tahun ini, tidak ada kampus Tanah Air menembus 200 besar dunia dalam QS World Universities Ranking. Kampus-kampus negeri Indonesia harus puas bertengger di kisaran peringkat 300 hingga 700. Di tingkat Asia, hanya ada satu kampus swasta di peringkat 251-300 yakni Universitas Pelita Harapan (UPH).

Sementara itu, kampus swasta dengan situs terbaik se-Indonesia versi Webometrics, Universitas Gunadarma, ternyata hanya menduduki peringkat ke 1.302 di rangking dunia dan rangking 10 di tingkat nasional. Secara rinci, 10 besar kampus swasta Indonesia versi Webometrics adalah:

1. Universitas Gunadarma
2. Universitas Kristen Petra
3. Universitas Islam Indonesia
4. Universitas Bina Nusantara
5. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
6. Universitas Mercu Buana
7. Universitas Muhammadiyah Malang
8. STISI Telkom
9. Universitas Muhammadiyah Surakarta
10. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Nah, dengan mengetahui peringkat kampus-kampus swasta, tentunya calon mahasiswa memiliki pertimbangan tambahan ketika memilih almamaternya.
(rfa)

Sumber :

http://kampus.okezone.com/read/2014/07/01/373/1006443/peringkat-dunia-dan-pilihan-pts