Perkembangan makanan di Indonesia saat ini semakin maju, terutama dalam pengolahan makanan kecil (pastry). Biasanya produk pastry mengandung bahan makanan yang dapat menyebabkan kelebihan berat badan, menyebabkan diabetes dan penyakit lainnya. Namun saat ini produk pastry telah berkembang dengan adanya program healthy dessert atau healthy cake.

Tingkat produksi pastry telah mendorong masyarakat untuk tidak hanya mengonsumsi makanan tersebut akan tetapi turut serta dalam mempelajari proses pembuatan pastry. Hal inilah yang memotivasi mahasiswa semester akhir Hotel Management mengadakan acara ?Keep Calm and Make Your Sexy Healthy Cake?, yang merupakan kompetisi dalam membuat healthy cake dan demonstrasi pembuatannya.

Acara yang diadakan pada 8-9 Juni 2014 ini mengundang Chef Judy Koh selaku Consultant Creative Culinaire Singapore sebagai juri dan juga demonstrator untuk pembuatan healthy cake. Kompetisi pembuatan healthy cake ini diikuti oleh 7 kelompok dengan masing-masing 2 anggota. Para peserta diminta untuk membuat dan mendesain kue tiga dimensi dengan bahan dasar fondant yang memiliki karakteristik sexy dan healthy.

Pengumuman pemenang dilakukan pada Senin (9/6) yang diadakan di Foodcourt Kampus Anggrek, BINUS UNIVERSITY, setelah acara demontrasi healthy cake. Pada kesempatan ini, Judy Koh mendemonstrasikan proses pembuatan healthy cake dengan membuat chocolate cake di mana Judy menghilangkan atau mengganti bahan dasar yang digunakan sehingga tidak berdampak buruk untuk kesehatan kita.

Setelah demontrasi, Judy pun mengumumkan para pemenang. Juara 1 pada perlombaan ini mendapatkan uang tunai senilai dua juta rupiah, mendapatkan piala dan sertifikat yang diraih oleh Dessy dan Okta. Juara 2 diraih oleh Elisabeth dan Cindy yang mendapatkan uang tunai senilai satu setengah juta rupiah beserta piala dan sertifikat. Dan juara 3 diraih oleh Friska dan Andius yang mendapatkan uang tunai senilai satu juta rupiah, piala dan sertifikat.

Melalui acara ini, diharapkan para peserta dapat menyadari pentingnya mengkonsumsi makanan yang sehat serta membekali generasi muda yang berbakat di bidang industri pastry untuk dapat membuat makanan manis yang sehat dan menarik. (AL)