Ada yang sedikit berbeda dari Gallery School of Design BINUS UNIVERSITY pada Selasa (4/6). Ruangan yang biasa dipakai untuk memamerkan karya mahasiswa desain, kali ini tampil dengan karya yang sedikit berbeda. Adalah karya-karya fotografi dari dosen-dosen desain ini yang berhasil memberi sentuhan sedikit berbeda pada tiap sudut ruangan.

Mengusung tema ?Passion?, sebanyak 70 foto berebut perhatian pada pameran yang rencananya diadakan selama 3 hari ini. Keinginan para mahasiswa melihat karya-karya dosen mereka pun seakan terbayarkan. Pasalnya, kesempatan dosen-dosen untuk menampilkan karya-karya nya, terutama dalam bidang fotografi sejauh ini terbilang jarang. Bahkan, menurut penuturan salah satu pencetus pameran ini, Hendri Hartono, pameran foto khusus dosen ini baru pertama kalinya terlaksana di School of Design BINUS.

?Pameran ini berawal dari obrolan iseng saya dan beberapa teman sesama dosen. Mereka merasa belum pernah ada pameran yang mewadahi karya-karya dosen untuk bisa ditampilkan dan dinikmati oleh para warga kampus, terutama mahasiswa. Dari obrolan tersebut kami berpikiran kenapa ga bikin saja pameran fotografi khusus dosen,? pungkas Hendri yang merupakan dosen School of Design ini.

Hal tersebut diamini Agnes Paulina, Kepala Laboratorium Desain Komunikasi Visual BINUS UNIVERSITY. Menurutnya, pameran fotografi ini perlu diadakan mengingat kegiatan seperti ini belum pernah terlaksana di kampus. Di samping itu, dengan diadakannya pameran seperti ini, Agnes menambahkan, dapat menjadi wadah bagi para dosen untuk memperkenalkan karya-karyanya kepada mahasiswa.

?Selama ini, karena tidak pernah ada pameran khusus dosen, mahasiswa jadi tidak tahu apa yang bisa dilakukan para dosennya. Selain itu, pameran ini juga dapat memberikan contoh kepada seluruh mahasiswanya terkait dengan materi yang disampaikan di kelas. Bisa dikatakan pameran ini merupakan ajang pembuktian bagi para dosen kepada mahasiswanya,? tandas Agnes diiringi sedikit tawa.

Pada pagelaran kali pertama ini, terhitung sebanyak 17 dosen turut berpartisipasi dengan menyumbang hasil karya fotografi terbaik mereka. Seluruhnya berasal dari dosen-dosen yang mengajar di School of Design. Baik Hendri maupun Agnes sama-sama berharap agar pameran fotografi dosen seperti ini bukan untuk yang terakhir kalinya.

?Kami berharap dengan adanya pameran seperti ini dapat menginspirasi banyak orang, termasuk mahasiswa. Selain itu, kami juga berharap agar penyelenggaraan pameran ini merupakan awal dari pameran-pameran foto dosen yang selanjutnya. Mudah-mudahan tahun depan dapat terlaksana lagi acara sepert ini,? tandas Agnes. (RAW)