Membangun Kesadaran Entrepreneur Mahasiswa Melalui Praktek Nyata

Sudah dua tahun terakhir ini, setiap semesternya BINUS Entrepreneurship Center (BEC) mengadakan event BINUS Entrepreneur Week yang diikuti oleh semua mahasiswa yang mengambil mata kuliah Entrepreneurship di semester berjalan tersebut. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan pada saat minggu GSLC, untuk semester berjalan sekarang ini (semester ganjil 2013/1014) diadakan di minggu ke-9, tanggal 9 – 14 Desember 2014 di Kampus Anggrek di ruang 301 – 310 pukul 09.00 – 16.00 dengan total peserta sekitar 3000 mahasiswa Kampus Anggrek yang terbagi dalam 628 kelompok, serta tanggal 15 Desember 2013 di SkyDinning Living World Alam Sutera dengan peserta kurang lebih sebanyak 450 mahasiswa Kampus Alam Sutera yang terbagi dalam 90 kelompok.

Selain pameran yang menampilkan karya entrepreneur mahasiswa, untuk membekali pengetahuan dan lebih menginspirasi serta membangun kesadaran mahasiswa dalam menjalankan kegiatan bisnisnya. Rangkaian kegiatan ini juga mengadakan mini seminar selama satu minggu bertempat di Balkon lantai 3 Kampus Anggrek, dengan menampilkan beberapa pembicara yaitu: Tyovan Ary (founder Vemobo, mahasiswa semester 7), Sondang Lidya dan Karen Kamal (Founder Activorm, alumni Binus) yang bercerita perjalanannya sebagai Technopreneur. Caroline F. Sunarko (GM Damn! I Love Indonesia, dan Investor Kreavi) yang berbagi pengalaman dalam menjalankan bisnis kreatif. Herdy (Dwarapala, Systech Group) peluang E-Commerce di Indonesia, Valentino Ivan dan Antonius Karya (CashFlow Club Jakarta, BINUS Alumni Entrepreneur Community) memberikan inspirasi dalam mengelola keuangan dan melihat peluang lewat permainan Cash Flow Game. Bpk Mirza Ichsan B. Lubis, Div. Head Product Innovation Indosat berbagi cerita soal Perkembangan Bisnis Telekomunikasi saat ini. Serta Microsoft Indonesia, yang presentasi perihal bagaimana teknologi dapat mendukung suatu bisnis dan bagaimana membangun sebuah StartUp.

Tak ketinggalan juga WWF Indonesia, berbagi dan mengajak mahasiswa untuk lebih memperhatikan lingkungan dengan memutarkan beberapa film kegiatan socialpreneur mereka berkaitan dengan pengelolaan sampah di masyarakat. Melengkapi rangkaian kegiatan tersebut, Tech In Asia yang selama ini telah bekerja sama dengan BEC turut berpartisipasi dengan memberikan acara “Founder Story” dengan mengajak founder-founder StartUp dari Indonesia, diantaranya William Tanuwijaya (Founder Tokopedia), Calvin Kizana (Picmix), Denny Santoso (BeautiPlan, DuniaFitnes), dan Rokimas Soeharyo (Touchten) untuk berbagi pengalaman dengan mahasiswa-mahasiswa S1 dan jurusan lain di Auditorium lantai 4 Kampus Anggrek tanggal 14 Desember 2013 pukul 13.00 – 18.00.

Serangkaian acara tersebut kiranya dapat menginspirasi mahasiswa dalam mewujudkan mimpinya serta semakin menumbuhkan keberaniannya melangkah untuk menjadi seorang entrepreneur serta membangun jejaring dengan senior-senior yang telah menjadi entrepreneur sukses untuk dapat semakin memantapkan tekad dalam menjalankan bisnisnya sesuai dengan salah satu misi dari BINUS UNIVERSITY untuk dapat membentuk 2 dari 3 lulusannya menjadi seorang entrepreneur. (BEC)