BINUS UNIVERSITY

BINUS UNIVERSITY Raih Perguruan Tinggi Swasta Unggulan 2012

Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta Unggulan 2012 Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah III Jakarta telah dilaksanakan dan diumumkan hasilnya. BINUS UNIVERSITY sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan Kopertis wilayah III Jakarta telah mendapatkan kepercayaan menjadi salah satu Perguruan Tinggi Swasta 2012. Melalui penghargaan ini, BINUS UNIVERSITY dinilai unggul dalam tiga bidang, yaitu Pengembangan Sistem, Mutu Pembelajaran dan Karya Unggulan.

Keunggulan generik dari delapan PTS Unggulan ini, antara lain: kejelasan arah pengembangan dan tahapannya, menerapkan sistem sentralisasi administrasi/operasional dan desentralisasi akademik, didukung sepenuhnya dengan pemanfaatan sistem informasi dan teknologi untuk kecepatan layanandan efisiensi, serta paper-less services. Sementara keunggulan spesifik dari BINUS UNIVERSITY sendiri terbagi atas tiga bidang yang menjadi unggulan.

Dalam pemilihan ini, BINUS UNIVERSITY harus melalui empat tahap penilaian. Tahap pertama adalah penyaringan bakal calon, yang kemudian menghasilkan 34 perguruan tinggi swasta terseleksi. Tahap kedua adalah pengisian dan pengumpulan borang dari masing-masing perguruan tinggi terseleksi. Dalam tahap ini ada 21 perguruan tinggi yang mengumpulkan borang kembali ke Kopertis Wilayah III Jakarta. Borang dari ke-21 perguruan tinggi ini kemudian diseleksi dan terpilih 10 perguruan tinggi yang masuk dalam tahap ketiga. Dalam tahap ini dilakukan visitasi dan verifikasi ke perguruan tinggi yang terpilih untuk kemudian dilakukan rapat pleno dan memilih delapan Perguruan Tinggi Swasta 2012.

Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta Unggulan ini bertujuan untuk melakukan pemetaan terhadap perguruan tinggi di lingkungan Kopertis Wilayah III Jakarta, memberikan penghargaan kepada perguruan tinggi yang telah melakukan praktik baik (best practice), dan mendorong perguruan tinggi swasta untuk meningkatkan daya saing dan kerjasama antar lembaga.