BINUS UNIVERSITY meraih Indonesian Quality Award (IQA) 2011. Penghargaan yang diselenggarakan IQA Foundation ini diberikan dalam Seminar Nasional dan Penganugerahan Indonesian Quality Award 2011 di Hotel Mulia, Jakarta, (23/11).

Ini merupakan bentuk penghargaan terhadap penilaian kinerja ekselen berbasiskan Kriteria Baldrige atau yang juga dikenal dengan istilah Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE).

Untuk kali pertama BINUS UNIVERSITY mengikuti IQA dan merupakan perguruan tinggi pertama di Indonesia yang mendapat penilaian IQA. Diharapkan dengan keikutsertaan BINUS UNIVERSITY akan mendorong perguruan tinggi lainnya di Indonesia untuk ikut serta.

BINUS UNIVERSITY harus melalui beberapa tahapan penilaian. Dimulai dari persiapan semua dokumen aplikasi yang diperlukan, penilaian examiner yang dilanjutkan kunjungan ke BINUS UNIVERSITY dan penilaian kembali oleh examiner. Kemudian hasil penilaian dievaluasi tim teknis untuk disampaikan dalam sidang dewan juri guna menentukan penilaian akhir dan penghargaan yang akan diberikan.

Penilaian mengacu pada kriteria kinerja ekselen Malcolm Baldrige Education Critera for Performance Excellence. Kriteria ini terdiri dari tujuh kategori, yaitu Kategori Proses: leadership, strategic planning, customer focus, measurement analysis and knowledge management, workforce focus, operations focus, dan Kategori Hasil: student learning and process outcomes, customer-focused outcomes, workforce-focused outcomes, leadership and governance outcomes, budgetary financial and market outcomes.

Selain itu terdapat dua faktor yang menentukan sebuah lembaga mendapatkan penghargaan ini, yaitu komitmen untuk menjadi ekselen dan keberlanjutannya.

“Untuk dapat menghasilkan lulusan bermutu dan mempunyai daya saing tinggi, maka perguruan tinggi harus melihat tantangan yang terjadi di tengah dinamika perkembangan dunia dan mengubahnya sebagai peluang untuk berkembang,” ujar Rektor BINUS UNIVERSITY Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM.

Harry Hertz, Ph.D., Director Baldrige Performance Excellence Program, NIST, USA Department of Commerce juga menggarisbawahi apakah selama ini kita sudah melakukan usaha terbaik, bagaimana cara mengetahui bahwa kita sudah melakukan yang terbaik, dan bagaimana meningkatkan apa yang sudah dilakukan.

Penyelenggaraan IQA telah dimulai sejak tahun 2005 dan diikuti berbagai perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta dan dikembangkan untuk dapat diikuti juga sektor nonprofit/pemerintahan, sektor pendidikan, dan kesehatan.

Kegiatan ini didukung beberapa Kementerian seperti Kementerian Negara BUMN, Departemen Perindustrian, Departemen Perdagangan, Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kementerian Negara Ristek, dan Ketua BKPM.(YD)

Related Content: