BINUS UNIVERSITY

Training Pedagogi untuk Guru YBHK

BINUS mengadakan pelatihan pedagogi atau strategi pembelajaran kepada sejumlah guru Yayasan Hati Bunda Kudus. Bertempat di BINUS UNIVERSITY, Kampus Anggrek, Jalan Raya Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (13/8), training diikuti sedikitnya 50 guru, mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

Pelatihan tersebut mencakup beberapa agenda. Salah satunya adalah strategi pembelajaran dengan ARCS. Model ARCS adalah suatu cara pemecahan masalah dengan pendekatan merancang aspek motivasi di lingkungan belajar. Gunanya: untuk merangsangdan mempertahankanmotivasi belajar siswa. Metode ini diperkenalkan oleh John Keller.

Tampak, para guru tersebut antusias saat diberikan pelatihan. Bahkan, mereka pun tak segan bertanya dan menyelesaikan tugas pelatihan yang diberikan para trainer.

“Training ini sangat berguna, menambah pengetahuan. Kita jadi tahu ada model pembelajaran terbaru, yakni model ARCS. Kita bisa lebih spesifik dalam memberikan motivasi kepada anak didik. Terutama, saya sebagai guru biologi,” ujar Sri Prihartini, guru mata pelajaran biologi di YBHK.

Sri Prihartini berharap BINUS mengadakan kembali training lainnya. Dengan training ini, misalnya, Sri Prihartini mengaku mendapatkan gambaran bagaimana seorang guru biologi mengajar, terlebih dengan adanya metode baru ARCS.

Hal senada disampaikan Vero, salah seorang guru SMP di YBHK. Vero mengatakan training ini ada manfaatnya dan mengubah cara guru memberikan motivasi. “Dengan training ini, pandangan saya merasa dibuka. Jadi kita tahu cara memenuhi kebutuhan anak,” pungkasnya.(RA)

Download : Training Pedagogi untuk Guru YBHK