People Innovation Excellence

ASEAN Credit Transfer System and Quality Assurance

Rabu (9/11), dilaksanakan ASEAN Credit Transfer System and Quality Assurance yang dihadiri oleh orang-orang yang berkecimpung di International Office dari berbagai universitas. Acara ini diselenggarakan oleh BINUS dan Institut Pertanian Bogor serta didanai oleh KEMENRISTEKDIKTI melalui PKKUI.

Mencapai skala International adalah salah satu strategi dari setiap perguruan tinggi. Salah satu hal untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan memperkaya pengalaman mahasiswa-mahasiswi baik dalam bidang akademik maupun non akademik, diluar kampus maupun dalam kampus. Hal tersebut sudah seringkali dilakukan oleh berbagai universitas melalu program pertukaran pelajar.

Diluar itu, terdapat tantangan besar yaitu menempatkan standar yang sama dalam hal kredit akademik antara negara-negara, serta memelihara kualitas pendidikan yang sama di manapun mahasiswa tersebut sedang melakukan studi. Oleh karena itu, acara ini dibuat untuk melakukan diskusi bersama untuk mencari solusi dari masalah tersebut dari orang-orang yang telah berpengalaman selama bertahun-tahun melakukan internationalisasi di masing-masing universitas.

Isi dari workshop ini meliputi: berbagi informasi tentang berbagai skema dan praktik pelaksanaa pengalihan kredit, berbagai informasi dan mendiskusikan kerangka penjaminan mutu pendidikan tinggi, khususnya untuk sistem transfer kredit dan membahas berbagai masalah dan solusi pada sistem transfer kredit. Selain itu terdapat pembicara-pembicara dan fasilitator yang berpengalaman dan ahli di bidangnya.

Pembicara tersebut adalah Ms. Abigail Cuales Lanceta (Assistant Director for Education, Youth and Sports Division, ASEAN Secretariat), Ms. Ariane Defreine (Program Manager, EU Support to Higher Education in the ASEAN Region (SHARE), Institut Français Indonesia), Dr. Susanne Liermann (SHARE Project Manager, DAAD Jakarta Office), Junaidi, S.S., M.A (Universitas Indonesia), Dr. Ir. Eko Hari Purnomo (Head Division of International Program, Directorate of Collaboration and International Program, Bogor Agricultural University), Karen Imam, M.I.B. (Director, BINUS Global, BINUS UNIVERSITY).

Masing-masing pembicara memliki tema bahasan yang berbeda antara lain “ASEAN Community and Higher Education Cooperation in Southeast Asia”, “ASEAN Credit Transfer System”, “ASEAN Quality Assurance” dan “The Creation of AUN-ACTS: TheImplementation and Best Practices”.

Dengan diadakan workshop ini diharapkan seluruh universitas dapat mengembangkan kualitas pendidikan hingga skala International yang tentunya sesuai dengan standart yang diharapakan (DL)

Video

Download : ASEAN CREDIT TRANSFER SYSTEM AND QUALITY ASSURANCE

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close