BINUS UNIVERSITY

Tingkatkan Kesadaran Teknologi Internet, Himpunan Mahasiswa Teknik Computer Selenggarakan CEAFO

 

Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer (HIMTEK) BINUS UNIVERSITY mengadakan kegiatan CEAFO (Computer Engineering All of One) selama 3 hari berturut- turut pada tanggal 11 Januari sampai 13 Januari 2015. Acara yang diadakan di kampus Anggrek ini diisi oleh tiga kegiatan menarik, yaitu Expo, Workshop mengenai perangkat komputer, serta sebagai pelengkap di hari terakhir HIMTEK mengadakan seminar yang bertemakan IoT (Internet of Things) dengan narasumber Dr. Suryadiputra Liawatimena, S.kom.

BINUS sendiri paham, perkembangan di dunia teknologi digital beberapa tahun silam ini semakin pesat, kebutuhan manusia akan internet semakin kuat, dan internet sudah menjadi pelengkap untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam berbagai macam elemen. Dengan kebutuhan yang terus meningkat inilah, BINUS selalu berinovasi untuk terus memberikan bekal yang kelak berguna untuk kemampuan soft skills mahasiswanya.

Internet of things ini merupakan topik yang sangat menarik, mengingat perusahaan besar seperti Microsoft, Apple, serta perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang teknologi sedang bersaing untuk mengembangkan internet of things ini demi menunjang kemudahan hidup manusia. Dalam seminar ini narasumber juga menjelaskan mengenai teknologi-teknologi yang akan datang seperti smart home, smart farm dan teknologi baru lainnya sebagai sarana untuk membantu dalam segala aspek kehidupan manusia.

Teknologi ini antara lain adalah, teknologi yang dapat membantu manusia untuk mencari barang yang hilang, serta teknologi yang sangat peduli dengan kesehatan, seperti mampu mengecheck tekanan darah, detak jantung, hingga kadar gula darah, teknologi yang bergerak dalam bidang olahraga, seperti teknologi sensor yang dapat membantu ketepatan saat ingin memukul bola kasti. Bahkan, saat ini sudah ada beberapa gedung di pusat perbelanjaan yang sudah mulai menggunakan internet of things pada gedung parkiran, hal ini sangat membantu anda untuk mengetahui sisa parkir dalam gedung tersebut atau sensor yang memberi tahu , dimana semua  hal tersebut sangat memudahkan kehidupan manusia nantinya.

“Menurut saya, teknologi internet sekarang sedang berkembang pesat. Seperti yang di utarakan narasumber puncak dari internet of things pada tahun 2020 dimana semua sudah sangat praktis dan mempermudah kehidupan manusia,” ungkap Nugroho Dewantoro selaku Ketua Penyelenggara. (PM)

12573237_10153868387834267_4964137682574152895_n