People Innovation Excellence

International Days: “A Journey to Globalization”

IMG_6637

Internasionalisasi saat ini telah menjadi bagian utama dari strategi di setiap institusi pendidikan tinggi. Hal ini biasanya dilakukan dengan memperkaya siswa dengan pengalaman interaksi lintas budaya di luar kampus. Menyadari akan hal ini, BINUS UNIVERSITY, melalui unit International Office (IO) mengadakan acara International Days: “A Journey to Globalization” dengan para BINUSIAN Community (mahasiswa, alumni, dosen, staf) dan siswa SMA di daerah Jabodetabek. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 26 – 29 Oktober 2015 di Anggrek Campus – BINUS UNIVERSITY yang juga dihadiri oleh International Partners (universitas, kedutaan, institusi) dan International Exchange Student.

“Untuk mendukung tercapainya visi binus sebagai A World Class University, maka acara International days ini diadakan untuk memberikan pengaruh dengan atmosfir internasional kepada BINUSIAN yang belum menyadari bahwa ada International Office dan ada program yang bisa mereka ikuti sebagai mahasiswa,” ujar Sofiany sebagai salah satu tim dari IO (28/10) tadi.

Sesuai dengan tema acara ini yaitu “A Journey to Globalization”, peserta yang berpartisipasi akan mendapatkan passport secara gratis. Dimana passport tersebut harus diberi sebuah cap yang bernilai poin dan bisa mereka dapatkan disetiap kegiatan yang ada di masing-masing kelas. Kegiatan tersebut meliputi workshop, guest lecture, dan lainnya. Misalnya saja peserta mampu mencapai 350 poin, maka mereka memiliki kesempatan untuk mengikuti door prize. Banyak berbagai macam door prize yang ditawarkan, seperti scholarship, smart phone, exclusive t-shirt, serta voucher menginap di Bantal Guling Villa, Bandung.

“Acara ini merupakan cara yang baik bagi mahasiswa untuk dapat berhubungan dengan banyak orang yang berasal dari berbagai universitas di dunia. Ini adalah kali pertamanya saya mengunjungi Indonesia. Pengalaman yang sangat baik sekali bagi saya untuk dapat bertemu dengan orang-orang di Indonesia. Di sini hubungan antara mahasiswa dengan pengajar terbilang lebih interaktif dan personal, saya sangat menyukai itu,” ujar Jan Williem Kamps yang merupakan salah satu dari peserta di International Days.

Karen Imam selaku Direktur BINUS Global yang ikut menghadiri acara ini mengatakan bahwa terdapat kurang lebih dari 25 international partners, yang terdiri dari 22 universitas dan 3 education centre. “Kami ingin memotivasi dan meningkatkan kesadaran para mahasiswa dalam hal mobilitas. Kami ingin BINUSIAN dapat memiliki kesempatan untuk pergi dan belajar di luar negeri. Untuk mendukung hal tersebut, maka kami meminta setiap partner untuk datang dan berpartisipasi dengan melakukan exhibitions seperti ini.” ucap Karen.

“International Days ini juga sangat berkaitan dengan tujuan dari BINUS UNIVERSITY yang ingin Go Global, untuk dapat memiliki pola pikir yang internasional, mudah untuk beradaptasi dan juga memiliki soft skill khusus untuk merespon perkembangan di Indonesia saat ini. Jadi Go Global memiliki arti jika para mahasiswa mengambil kesempatan yang BINUS berikan seperti pengalaman yang internasional yang terangkai dalam acara ini, diharapkan dapat lebih memudahkan mereka untuk bekerja di perusahaan global dan juga beradaptasi dengan mudah,” tambah Karen.

Di kesempatan yang sama, Miroslav Chapkanow yang berasal dari Burgas Free University, Bulgaria mengatakan, “Acara ini sangat bagus sekali. Karena kita dapat melihat para mahasiswa yang berasal dari berbagai macam Negara dan saling mempresentasikan budaya mereka masing-masing. Benar-benar cara networking yang sangat baik, sehingga saya bisa mendapatkan banyak informasi.”

Tidak hanya berbagi cerita terkait dengan acara yang diselenggarakan, Michael Bos yang merupakan salah satu mahasiswa yang mendalami program studi bisnis internasional ini juga bercerita sedikit tentang pengalamannya selama berkuliah di BINUS INTERNATIONAL, JWC Campus. “Kampus ini sangat baik sekali, profesional dan para pengajar memiliki perhatian yang baik kepada mahasiswanya. Mereka mempunyai waktu yang lebih untuk kami dan membuat kami menjadi lebih mengerti mengenai apa yang dibicarakan di kelas.”

Semoga dengan adanya acara International Days ini dapat memberikan dampak yang positif bagi para BINUSIAN, serta memberikan pemahaman yang lebih baik tentang manfaat belajar di luar negeri dan siap untuk bekerja di perusahaan multinasional. (MEL)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close