People Innovation Excellence

CYBER SECURITY IN THE DIGITAL AGE

Dengan semangat untuk mewujudkan “A World Class University, International Office” BINUS UNIVERSITY mengadakan acara International Day 2015 untuk pertama kalinya. Acara ini banyak mendatangkan dosen, mahasiswa, serta lembaga pendidikan dari luar negeri. International Day 2015 berlangsung dari tanggal 26 sampai dengan 29 Oktober 2015. Acara ini diisi dengan kegiatan-kegiatan seperti food bazaar, info session university, dan guest lecture yang semuanya berstandarkan internasional.

Salah satu rangkaian acara dari International Day 2015 adalah seminar guest lecture dari Deakin University, Australia. Seminar ini diadakan pada tanggal 28 Oktober 2015 di Auditorium Kampus Anggrek. “Cyber Security In The Digital Age” merupakan tema dari seminar ini dan dibawakan langsung oleh salah satu lecture dari universitas tersebut yaitu, Dr. Robin Doss, PhD SMIEE. Beliau merupakan kepala bagian development dan internasional. Yang menjadi target peserta dari seminar ini ialah mahasiswa-mahasiswa jurusan teknologi informatika. Dr. Robin Doss mengulas bahwa teknologi informasi dan komunikasi merupakan kunci dari inovasi dan produktivitas. Namun dengan banyaknya inovasi yang muncul bukan berarti tidak ada ancaman yang akan datang, khususnya pada pengguna internet. Ini berarti pengguna harus menyadari betul resiko keamanan dari cyber world. Para pengguna internet harus mampu menilai mana ancaman yang dapat mempengaruhi tujuan mereka dan harus lihai untuk menghadapi ancaman baru yang akan muncul.

Dr. Robin Dosss menambahkan bahwa ancaman ancaman yang ada akan berpengaruh besar terhadap perkonomian dunia. Contohnya saja pada Forum Ekonomi Dunia tahun 2014, melaporkan bahwa perkonomian sempat jatuh akibat adanya isu mengenai cybersecurity. Dan pada pertengahan tahun 2014, para pembajak (hacker) mengakses 195 juta identitas dari berbagai macam sumber. Inilah mengapa cybersecurity menjadi amat penting pada era digital sekarang ini. Para pengguna harus lebih pintar dan bijak dalam menggunakan internet dan tidak sembarangan dalam memberikan informasi personal. Karena dampaknya tidak hanya akan melibatkan pengguna, namun lebih besar daripada itu. Seminar ini bertujuan untuk membuka wawasan agar kita lebih sadar lagi dengan adanya cybersecurity dan tentunya juga agar kita tahu perkembangan dunia cyber. (LAN)


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close