Kabar gembira kembali datang dari BINUS UNIVERSITY, dimana pada tanggal 5 Agustus 2015 lalu, tiga jurusan yang ada di Fakultas Teknik BINUS UNIVERSITY, yaitu : Teknik Industri, Sistem Komputer dan Teknik Sipil resmi menerima akreditasi internasional dari komisi akreditasi engineering tingkat dunia The Engineering Accreditation Commission (EAC) of ABET.

ABET merupakan badan akreditasi non-profit dan non pemerintah yang berpusat di Amerika yang mengakreditasi program perguruan tinggi dan universitas di disiplin ilmu terapan, komputasi, engineering dan engineering technology untuk tingkat asosiasi, sarjana, dan gelar master. Dengan akreditasi ABET ini, mahasiswa, pengusaha, dan masyarakat dapat yakin bahwa program memenuhi standar kualitas yang menghasilkan lulusan siap memasuki dunia kerja global.

“Akreditasi ABET yang telah diraih oleh jurusan Teknik Industri, Sistem Komputer dan Teknik SipilBINUS UNIVERSITY menjadi bukti bahwa jurusan tersebut telah diakui secara international,” jelas Dr. Ho Hwi Chie, M.Sc. (Dekan Fakultas Teknik BINUS UNIVERSITY periode 2009-2014 yang juga sebagai Ketua Persiapan Akreditasi ABET bagi BINUS UNIVERSITY).

Ketut Gita Ayu, M.S.I.E. (Ketua Jurusan Teknik Industri periode 2008-2016 yang bertanggungjawab dalam persiapan Akreditasi ABET bagi program studi Teknik Industri BINUS UNIVERSITY) menyampaikan bahwa dengan akreditasi internasional yang telah diraih ini, para lulusan Sistem Komputer, Teknik Industri dan Teknik SipilBINUS UNIVERSITY semakin memiliki peluang yang lebih besar lagi untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri ataupun berkarir di manca Negara, khususnya di Amerika. Hal ini karena perusahaan top di Amerika menerima lulusan yang berasal dari lembaga yang terakreditasi ABET.

Rektor BINUS UNIVERSITY, Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM merasa bersyukur dan berterima kasih atas kerjasama yang baik dari tim dosen, mahasiswa dan rekan industri sehingga jurusan Teknik Industri, Teknik Sipil dan Sistem Komputer berhasil meraih akreditasi internasional. Sebab menurut Prof. Harjanto, akreditasi ini menjadi salah satu indikator penting dalam proses pencapaian visi BINUS 20/20, “A World-class University”.

 Proses persiapan akreditasi ABET di BINUS UNIVERSITY sendiri hanya memakan waktu 4 tahun saja untuk ketiga jurusan tersebut. “BINUS UNIVERSITY merupakan satu-satunya kampus swasta di Indonesia yang memperoleh akreditasi ini. Bahkan di antara perguruan tinggi negeri pun, BINUS UNIVERSITY yang lebih dahulu mendapatkan akreditasi ini untuk jurusan Teknik Sipil dan Sistem Komputer,” ungkap Irpan Hidayat, ST, MT (Ketua Jurusan Teknik Sipil BINUS UNIVERSITY).

 Selain itu, akreditasi internasional ABET meyakinkan publik bahwa institusi melalui program studi telah menerima pengakukan internasional untuk kualitasnya. “Mahasiswa yang lulus dari program studi yang telah terakreditasi ABET dipercayai oleh employer di dunia telah memiliki standar global di bidang teknik, dimana banyak lowongan pekerjaan di dunia di bidang engineering mensyaratkan lulusan dari program studi yang terakreditasi ABET,” tambah Endra, S.Kom., MT (Ketua Jurusan Sistem KomputerBINUS UNIVERSITY)

“Semua ini tak terlepas dari peran serta mahasiswa dan BINUS UNIVERSITY untuk terus memberikan yang terbaik. Semoga pencapaian ini semakin mengukuhkan visi BINUS UNIVERSITY untuk menjadi A World Class University,” harap Ir. John Fredy Bobby Saragih, M.Si. (Dekan Fakultas Teknik BINUS UNIVERSITY 2014 – 2019).

Source : The Engineering Accreditation Commission (EAC) of ABET