People Innovation Excellence

Binus Startup Accelerator

Demam startup tampaknya telah berhasil memasuki dunia akademik di Indonesia. Salah satunya adalah Binus University yang baru saja membuka program Binus Startup Accelerator. Dengan demikian Binus University menambah deretan universitas dan sekolah tinggi yang membuka program akselerator startup di kampus mereka.

 

Binus Startup Accelerator adalah rangkaian program pitching dan mentorship terdiri dari beberapa tahapan. Dimulai dari bulan Oktober yang diawali dengan acara Match Up sebagai sesi networking dan pembentukan tim. Selanjutnya pada bulan November, tim-tim yang terpilih mengikuti pembekalan teknis mengenai dunia startup seperti pengembangan aplikasi, elevator pitch, serta desain UI dan UX.

 

Kemudian disusul dengan acara Bootcamp selama dua hari yang berakhir kemarin dan berhasil memilih tiga dari delapan startup yang masuk dalam sesi Bootcamp. Tiga startup itu adalah:

  • Ennouns: akan menjadi sebuah website yang menampung berbagai acara yang dikelompokkan dalam beberapa kategori sesuai dengan minat dan bakat para penggunanya.
  • Info Diskon: akan menjadi aplikasi yang memberikan informasi mengenai keberadaan diskon di berbagai tempat.
  • Starnesia: akan menjadi sebuah platform untuk berbagi video-video berkualitas dari berbagai sumber.

Ketiga startup di atas akan mengikuti program akselerator selama 12 minggu yang rencananya akan berlangsung pada bulan Februari 2015. Dan setiap startup mendapat pendanaan tahap awal sebesar Rp 20 juta dan fasilitas lain seperti mentorship, menggunakan fasilitas kantor secara gratis, dan dukungan dalam memasuki pasar. Di akhir program akan diadakan Demo Day dimana startup-startup tersebut akan bertemu dan pitching langsung kehadapan para investor.

 

Binus Startup Accelerator bisa diikuti oleh mahasiswa aktif dari berbagai jurusan di Binus University. Dan khusus untuk mahasiswa semester 7 atau 8 bisa mentransfer proyek startup mereka menjadi tugas akhir. Sehingga nantinya setelah wisuda mereka bisa memilih mendirikan startup atau bekerja di perusahaan.

Selain Binus, universitas atau sekolah tinggi lain yang juga memiliki program serupa adalah Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dengan Skystar Ventures, Universitas Gajah Mada (UGM) yang bekerja sama dengan VC local yaitu Ideosource, serta salah satu sekolah tinggi di Bali yaitu STMIK Primakara.

 

 

Sumber :
https://www.ngobas.com/topic/6522-binus-startup-accelerator-mendongkrak-siswa-untuk-jadi-entrepreneur/


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close