Menjadi peringkat 1 pada kategori Top National TeSCA Winner 2014 merupakan sebuah bukti pengakuan industri terhadap universitas yang sudah lebih dari 30 tahun mendidik nusantara. Kini BINUS UNIVERSITY melaju menjadi yang terdepan menyaingi perguruan tinggi ternama baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) lainnya. Tidak tanggung-tanggung, BINUS UNIVERSITY langsung menyabet Ranking 1 mengungguli Universitas Indonesia yang berada pada Ranking 2.

Tidak hanya institusi pendidikan, dunia industri ternyata juga menaruh kepedulian terhadap pengembangan kualitas pendidikan di Indonesia. Untuk itu, PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) menyelenggarakan program Telkom Smart Campus (TeSCA). TeSCA adalah program yang ditujukan untuk membantu perguruan tinggi dalam melakukan pengukuran pemanfaatan Information & Communication Technology (ICT) melalui metode ?ZEN? yang dikembangkan oleh Prof. Ir. Nizam, MSc., Ph.D (Kepala Pusat Penilaian Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI), Prof. Dr. Richardus Eko Indrajit (Ketua Umum Aptikom) dan Prof. Zainal A. Hasibuan, Ph.D (Wakil Ketua Detiknas).

TeSCA 2014 diawali dengan roadshow ke beberapa kota, self assessment perguruan tinggi melalui pengisian kuesioner dan dilanjutkan dengan tahap penjurian pertama hingga pada penjurian final. Pada tahun 2014 ini, terdapat 406 kampus dari Jawa, 107 kampus dari Sumatera, 26 kampus dari Sulawesi, 14 kampus dari Kalimantan, 9 kampus Bali & Nusa Tenggara serta 6 kampus dari Papua & Kep. Maluku. Ratusan universitas ini berlomba untuk mengukur kualitas dan untuk mendapat pengakuan dari pihak industri.

Bertempat di S Luwansa Hotel & Convention Center Kuningan, Jakarta, pada Selasa (17/6), Telkom menggelar acara malam penghargaan ?TeSCA Award 2014? untuk memberikan apresiasi terhadap institusi pendidikan di tanah air sesuai dengan penjurian yang sudah dilakukan. Pada tahun 2014, BINUS UNIVERSITY meraih peringkat 1 dengan kategori Top National TeSCA Winner. Tahun ini bukan tahun pertama bagi BINUS UNIVERSITY menerima penghargaan TeSCA, sebelumnya BINUS UNIVERSITY juga sempat meraih posisi 10 besar dengan kategori tersebut.

Selain itu, TeSCA juga memberikan penghargaan Q-Journal Award yang juga diraih oleh dosen BINUS UNIVERSITY, Derwin Suhartono dengan karya tulisnya yang dinobatkan sebagai ?The Most Popular Paper? dan Michael Yoseph Ricky memperoleh penghargaan dengan karya tulisnya yang memenangkan kompetisi sebagai ?The Best Paper?.

Penghargaan yang diraih BINUS UNIVERSITY ini merupakan hasil kerja keras dari seluruh BINUSIAN yang terkait untuk menjadikan BINUS UNIVERSITY yang lebih baik. Hal ini merupakan sebuah kebanggaan yang harus dipertahankan dan menjadi tolak ukur BINUS UNIVERSITY dalam mengembangkan kualitas pendidikannnya. (AL)

Download : BINUS UNIVERSITY MENJADI JUARA NASIONAL TESCA 2014