DARI REKTOR UNTUK BINUSIAN EDISI JUNI 2020

Lembaga pemeringkat perguruan tinggi dunia Quacquarelli Symonds merilis QS World University Rankings 2021 berdasarkan hasil pemeringkatan yang dilakukan terhadap lebih dari 5.500 perguruan tinggi dari seluruh dunia.

Pada tahun ini  BINUS UNIVERSITY kembali menduduki peringkat 801-1.000 QS World University Rankings 2021. Selain itu, BINUS UNIVERSITY menduduki posisi ke-7 dan menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang yang saat ini menyandang predikat 4 Star dalam delapan besar perguruan tinggi terpilih di Indonesia.

Penilaian ini didasarkan dalam 6 indikator, yaitu: Academic Reputation (40%) – mengukur kualitas akademik secara menyeluruh, Employer Reputation (10%) – mengukur kualitas lulusan dari perspektif industri pengguna lulusan, Faculty/Student Ratio (20%) – mengukur kualitas kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi, Citations per Faculty (20%) – mengukur kualitas riset di perguruan tinggi, International Faculty Ratio (5%) – mengukur rasio tenaga pendidik asing di perguruan tinggi, dan International Students Ratio (5%) – mengukur rasio mahasiswa asing di perguruan tinggi.

“Syukur dan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan pemerintah, masyarakat, stakeholders, serta kerja keras BINUSIAN yang mendorong BINUS UNIVERSITY dapat terus memberikan kontribusi pendidikan terbaik bagi Nusantara” ujar Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM,  Rektor BINUS UNIVERSITY.

Selamat datang Freshmen B2024. Selamat datang di BINUS UNIVERSITY yang selama 4 tahun ke depan akan menjadi bagian dari perjalanan Anda meraih mimpi dan cita-cita melalui ilmu dan pengalaman belajar tanpa batas. Selayaknya memasuki lingkungan baru, sudah tentu Anda perlu mempelajari dan menyatu dengan budaya serta sistem yang ada di lingkungan tersebut. Untuk itulah BINUS mengadakan First Year Program (FYP) yang akan memberikan informasi dan bimbingan awal kepada Anda untuk menyesuaikan diri dengan pola kehidupan kampus, memahami kurikulum dan mata kuliah dasar di masing-masing program/jurusan, memberikan pengenalan metode belajar dan perencanaan studi, serta memahami peraturan akademik dan aturan lain yang berlaku selama kuliah di BINUS UNIVERSITY .

Selama First Year Program, Anda akan dibimbing oleh kakak kelas yang disebut Freshmen Leader dan Freshmen Partner sebagai mentor dan akan selalu siap membantu Anda menjalani masa orientasi perkuliahan. Di tengah kondisi pandemi saat ini, First Year Program tahun ini akan terasa istimewa karena pertama kalinya diadakan penggabungan mode online dan onsite. Anda akan merasakan pengalaman belajar luar biasa melalui sistem pembelajaran di BINUS UNIVERSITY yang akan memotivasi dan memaksimalkan potensi dalam belajar serta memperkaya wawasan.

Untuk membantu Anda berkaitan dengan informasi selama orientasi, silakan mengakses https://student.binus.ac.id/fyp. Sekali lagi saya ucapkan selamat datang. Terus berjuang meraih mimpi, cita-cita dan membangun Indonesia.

Salam,
Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM
Rektor BINUS UNIVERSITY