Produk secara sederhana dapat didefinisikan sebagai benda berwujud (tangibles) maupun juga benda tidak berwujud (intangibles).

Produk bukan hanya sekedar benda, tetapi terdapat elemen – elemen lainnya yang membentuk produk tersebut sehingga memiliki nilai dan juga dapat menciptakan pengalaman baik pada konsumen sehingga konsumen tersebut akan menjadi loyal pada produk kita.

Kita selaku pengusaha perlu untuk memperhatikan elemen – elemen pembentuk produk tersebut sehingga saat kita mengeluarkan produk baru atau hendak membuat produk akan mempertimbangkan elemen – elemen tersebut.

Berikut ini adalah elemen – elemen pembentuk produk tersebut:

  1. Core product adalah alasan mengapa produk hadir dipasar. Ini menjadi dasar yang penting agar produk tersebut sesuai dan cocok dengan kebutuhan pasar
  2. Actual product adalah fitur – fitur yang melekat didalam produk, seperti packaging, label, dan merk produk.
  3. Augmented product adalah hal tidak berwujud yang melekat pada suatu produk seperti pelayanan, image, dan garansi produk
  4. Ancillary product adalah nilai perusahaan yang juga melekat pada suatu produk seperti reusable dan environmentally friendly.

Sumber:

Bonita M. Kolb. (2020). Entrepreneurship for the Creative and Cultural Industries. 2nd. Routledge. United Kingdom. ISBN: 9780367419738