Simak 6 Strategi Pemasaran Produk Laris Manis dengan Digital Marketing

Simak Strategi Pemasaran Produk Laris Manis dengan Digital Marketing

Digital marketing menjadi opsi utama sebagai upaya pemasaran sejak meningkatnya penggunaan internet. Pelaku bisnis mengalihkan fokus mereka dari pemasaran konvensional ke pemasaran digital. Kini, semua perusahaan mengadopsi strategi pemasaran digital dalam menghadapi kompleksitas pasar yang sangat kompetitif. 

Apa yang Dimaksud Digital Marketing

Pemasaran digital atau digital marketing merupakan proses komprehensif yang menjabarkan bagaimana perusahaan dapat memanfaatkan berbagai platform dalam bentuk teknologi digital dalam mencapai tujuan pemasaran. Strategi pemasaran digital mencakup berbagai taktik online seperti pemasaran media sosial, optimasi mesin pencari atau SEO, pemasaran konten, dan semacamnya. 

Strategi pemasaran digital yang dilakukan dengan benar terletak pada kemampuannya dalam menyelaraskan upaya marketing dengan tujuan bisnis yang lebih luas. Caranya dengan meningkatkan visibilitas online, dan secara efektif melibatkan target pasar. Strategi pemasaran digital yang kuat sangat penting di era dimana aktivitas konsumen semakin meningkat secara online. 

Melalui pemasaran digital, perusahaan dapat membangun brand awareness sebelum akhirnya, mengarahkan kunjungan ke situs resmi atau media sosial untuk menghasilkan penjualan. Penjangkauan target pelanggan sekaligus mengidentifikasi di mana, mengapa, dan bagaimana perusahaan memperoleh keuntungan adalah salah satu landasan strategi pemasaran digital

Baca Juga:  Startup : Definisi, Kelebihan, dan Jenis-Jenisnya

Strategi Pemasaran Digital Jitu untuk Pemilik Usaha

Pengembangan strategi pemasaran digital melibatkan beberapa langkah penting dalam memastikan efektivitas untuk menjangkau target pasar. Dengan demikian, tujuan bisnis dapat tercapai signifikan. Beberapa strategi terstruktur untuk menciptakan strategi pemasaran digital secara komprehensif

  1. Menentukan Tujuan Pemasaran dan Target Audiens
    Pemilik usaha dapat memulai dengan melakukan identifikasi akan apa yang ingin dicapai dengan upaya pemasaran digital. Sasaran ini dapat mencakup meningkatkan brand awareness, menghasilkan prospek, meningkatkan traffic situs bisnis untuk meningkatkan penjualan.
    Pelaku bisnis perlu memahami demografi serta minat dan perilaku dari target pasar. Yang tak kalah penting adalah dengan mengetahui hambatan dan kendala yang mereka hadapi. Dengan demikian, pelaku bisnis dapat menyesuaikan bagaimana konten pemasaran sekaligus memilih saluran digital yang paling tepat.
  2. Memilih Platform Digital yang Tepat
    Cara memilih platform digital paling sesuai adalah dengan berdasarkan riset target audience, Memilih platform digital yang paling relevan untuk menjangkau dan berinteraksi dengan target pasar sangat penting. Platform digital lebih dari sekedar media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan TikTok, tetapi juga pemasaran konten melalui podcast atau blogging.
    Selain itu, perlu juga pemanfaatan mesin pencari dan iklan berbayar untuk optimasi yang lebih maksimal. Jangan lupakan metode email pemasaran yang masih cukup efektif sejak awal adanya internet. Terkini adalah pemasaran melalui afiliasi dan influencer yang juga sangat efektif raih target pasar yang sesuai. 
  3. Konten Menarik dan Bermutu
    Tentunya penggunaan media sosial dan platform online lainnya harus dengan konten menarik dan berkualitas tinggi. Konten tersebut harus sesuai dengan audiens target Anda dan selaras dengan pesan merek produk atau jasa. Konten dapat mengambil berbagai bentuk, seperti postingan blog, video, infografis, podcast, dan postingan media sosial.
    Pemilihan konten semenarik apapun tidak akan efektif tanpa optimasi mesin pencari atau Search Engine Optimization. Penerapan praktik terbaik SEO adalah untuk meningkatkan visibilitas situs web di halaman hasil mesin pencari atau Search Engine Result Page. Praktik ini termasuk penelitian kata kunci, optimasi pada halaman, SEO teknis, dan membangun backlink.
  4. Terlibat Aktif di Media Sosial
    Sebanyak apapun media sosial milik perusahaan dengan konten yang menarik atau bermutu tidak akan berfungsi jika tidak ada interaksi aktif di platform media sosial. Pemilik bisnis harus secara rutin membagikan konten berharga namun tetap berinteraksi dengan audiens.
    Percakapan yang relevan dan tidak menggunakan bot tentu dapat menarik pelanggan. Pantauan kepada media sosial dengan umpan balik yang relevan dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan. Respon cepat dari pemilik bisnis untuk pelanggan dapat membuat mereka merasa dihargai. 
  5. Iklan Berbayar dan Indikator Kinerja Utama
    Keuntungan digital marketing adalah kemudahan memanfaatkan akses gratis menggunakan media sosial untuk promosi. Namun, iklan berbayar masih sangat diperlukan untuk meningkatkan jangkauan pemilik perusahaan. Iklan berbayar dapat mengarahkan lalu lintas bertarget ke situs atau landing page.
    Setelah memiliki akun iklan berbayar, pemilik bisnis dapat memantau serta mengoptimalkan kampanye secara rutin. Dengan demikian, ada peningkatan kinerja untuk memaksimalkan Return of Investment. Penggunaan analisis hasil untuk indikator kinerja utama atau Key Performance Indicator untuk mengevaluasi efektivitas upaya pemasaran digital.
    Metrik umum yang diukur mencakup lalu lintas situs web, rasio konversi, tingkat keterlibatan, rasio klik-tayang (RKT), dan laba atas investasi (ROI). Gunakan alat analisis seperti Google Analytics, wawasan media sosial, dan perangkat lunak pemasaran email untuk mengumpulkan data dan mendapatkan wawasan tentang kinerja kampanye secara rutin.
  6. Pemantauan Secara Berkesinambungan
    Tentunya upaya untuk melakukan digital marketing harus dilakukan secara berulang sebelum akhirnya ditingkatkan secara bertahap. Perlu adanya penyesuaian pada strategi pemasaran digital untuk terus mengoptimalkan hasil. Bereksperimen dengan pendekatan yang berbeda, melalui pengujian ide-ide baru. Jangan lupa mengikuti tren supaya tidak tertinggal. 

Jadilah Creativepreneur yang Berdaya Saing Tinggi!

Yuk, segera bergabung di jurusan S1 Creativepreneurship BINUS @Bandung dan jadilah seorang digital marketer andal dengan daya kompetisi yang tinggi. Kalian tidak hanya dapat belajar pemasaran secara digital, namun dapat mencari peluang baru dengan kreativitas tinggi. BINUS @Bandung telah mendapatkan rekognisi internasional dengan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan industri modern. 

Daftar sekarang dan dapatkan beasiswa pendidikan bagi para calon BINUSIAN. 

Yuk, Joint BINUS @Bandung Sekarang !

Banner SEO Campaign BINUS Bandung