“Quotes: If You FAIL to PLAN, You are PLANNING to FAIL – Benjamin Franklin’s quote”

Quote tersebut sangatlah tepat bagi para pebisnis yang hendak melakukan usaha, atau ketika akan memutuskan pengembangan usaha. perencanaan diperlukan sebagai pedoman atau petunjuk yang akan digunakan dalam usaha tersebut, apabila sesuai dengan rencana, maka dapat untuk dilanjutkan sesuai rencana, namun apabila terjadi perubahan dipasar, maka pebisnis dapat dengan segera melakukan penyesuaian terhadap perubahan tersebut.

Agar dapat sukses dalam menjalankan usahanya, pebisnis yang kreatif harus memahami faktor eksternal yang dapat mempengaruhi kreativitaasnya dan juga mempengaruhi strategi bisnis usaha yang dijalankannya tersebut (Bensoussan and Fleisher 2008).

Terdapat banyak pendekatan yang dapat dilakukan terkait dengan perencanaan usaha tersebut. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan dan sudah sangat familiar adalah analisis internal dan analisis eksternal yang kemudian di implementasikan dalam SWOT matrix. Berikut ini adalah panduan yang dapat digunakan terkait dengan pendekatan tersebut.

Only after creative entrepreneurs understand their strengths can they then use them to focus on an opportunity (Galbraith 2007).

Sumber:

Bonita M. Kolb. (2020). Entrepreneurship for the Creative and Cultural Industries. 2nd. Routledge. United Kingdom. ISBN: 9780367419738