Nathassya Gizelle

2201782183

SWOT Analysis atau Analisis SWOT adalah daftar semua strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman) berbeda yang dihadapi perusahaan baik itu terhadap faktor internal maupun faktor eksternal. Umumnya, strengths dan weaknesses diukur dengan membandingkan kondisi internal perusahaan dengan apa pun yang sedang dievaluasi, baik itu perusahaan lain, peluang, dll. Opportunities dan threats diukur terhadap faktor-faktor eksternal untuk perusahaan dan apa yang dibandingkan.

Berikut ini adalah faktor-faktor yang terdapat didalam tiap variabel SWOT tersebut. Strength and weakness meliputi sumberdaya yang dimiliki, keuangan, kelebihan dan kekurangan organisasi atau perusahaan, dan pengalaman masa organisasi atau perusahaan. Faktor opportunities and threats meliputi beberapa hal yang terkait dengan trend, sosial dan budaya, kondisi politik, ideologi, kondisi perekonomian, sumber permodalan, perkembangan dan pemanfaatan teknologi, kondisi lingkungan.

Ada banyak situasi berbeda yang memerlukan analisis SWOT, dan perlu dicatat bahwa hampir semua tidak perlu melibatkan kesepakatan berjuta-juta dolar. Berikut adalah beberapa situasi yang paling umum di mana SWOT mungkin yang paling bermanfaat.

  1. Menentukan Keunggulan Kompetitif

             Sepanjang siklus hidup bisnis, bahkan dari hari pertama, akan ada banyak faktor luar yang dapat mengancam posisi bisnis di pasar. Analisis SWOT adalah cara yang bagus untuk membawa bisnis kembali ke dasarnya dan menentukan apa yang sudah dilakukan terbaik dan apa yang orang lain lakukan lebih baik.

  1. Menganalisis Pasar Baru

            Pengembangan produk baru datang dengan peluang besar yang akan menjangkau segmen pasar baru. Ini adalah waktu yang tepat untuk menggunakan SWOT. Ini memberikan kesempatan untuk menilai risiko dan peluang sebelum mengambil langkah signifikan dan meluncurkan lini produk baru, yang dapat menghemat uang dan waktu.

  1. Mengubah Pemasok atau Menegosiasikan Kontrak Baru

                Berbagai keadaan dapat menyebabkan perlunya mengganti pemasok atau mengevaluasi kembali kontrak yang ada saat ini. Dalam hal mengganti pemasok, analisis SWOT dapat membantu tergantung pada seberapa berbeda penawaran kedua pemasok tersebut, atau jika satu tarif jauh lebih tinggi dari yang lain. Kita ingin memperhitungkan semua faktor untuk membuat keputusan yang cerdas dan terinformasi.

  1. Menulis Rencana Bisnis Anda

        Jika kita kesulitan untuk menyusun rencana bisnis, melakukan analisis SWOT dapat membantu memfokuskan pikiran dan membuat kita berada di jalur yang benar. Biasanya diperlukan untuk mengubah sebagian besar isi rencana. Tetapi bahkan jika tidak, analisis SWOT bisa membantu ketika menulis bagian mengenai tinjauan pasar dan rencana pemasaran awal.

Refensi:

https://www.jurnal.id/id/blog/2017-manfaat-faktor-yang-memengaruhi-dan-contoh-analisis-swot/