5 Cara Menjadi Programmer dan Skill yang Harus Dimiliki

cara menjadi programmer

Apakah kamu berminat menjadi seorang programmer? Menjadi seorang programmer adalah sebuah pilihan yang menjanjikan. Namun untuk bisa menjadi seorang programmer yang handal tentu saja bukanlah hal yang mudah. Kamu harus bisa menguasai berbagai macam soft skill dan hard skill yang sesuai dengan bidang ini. Lantas bagaimana cara menjadi programmer? Mari simak 5 cara menjadi programmer dibawah ini!

Cara Menjadi Programmer Handal

Ada beberapa cara menjadi seorang programmer. Berikut beberapa langkah dan cara yang harus dilakukan:

  1. Tentukan karir lebih spesifik
    Ada beberapa jenis programmer yang mana antara satu dan yang lainnya memiliki tugas dan tujuan yang berbeda. Jika kamu belum menentukan pilihanmu secara spesifik, kamu akan kesulitan dalam proses belajar. Luasnya keilmuwan dalam bidang ini akan membuatmu kesulitan jika di awal kamu belum menentukan arah dan tujuanmu.
    Untuk memudahkanmu, berikut beberapa jenis programmer yang ada di lapangan antara lain software developer, computer hardware programmer, web developer, dan database programmer. 
  2. Pilih bahasa pemrograman
    Setelah selesai dengan tahapan pertama, selanjutnya tentukan bahasa pemrograman yang tepat dan sesuai dengan bidang yang ingin kamu tekuni. Ingat, menyesuaikan bahasa pemrograman dengan spesialisasi yang kamu ambil sangatlah penting karena sepanjang perjalanan spesialisasimu kamu akan berkutat dengan bahasa pemrograman tersebut.
    Misal jika kamu mengambil web developer, maka kamu bisa fokus ke JavaScript, CSS atau HTML.  
  3. Cari tempat belajar yang tepat
    Menjadi seorang programmer bukan hal yang mudah. Selain itu persaingan di dunia kerja juga sangatlah tinggi. Oleh karena itu kamu butuh tempat belajar yang layak dan tepat agar kamu tidak ketinggalan dengan update keilmuwan yang terbaru.
    Ada tiga tempat belajar yang bisa kamu jadikan pilihan.
    Pertama belajar secara otodidak. Ilmu tentang programmer memang bisa dipelajari dengan mandiri. Program ini memang membuatmu bisa memilih materi serta mengatur kecepatan belajar sesuai dengan yang kami inginkan, namun belajar sendiri membutuhkan motivasi, komitmen serta manajemen waktu yang baik. Selain itu belajar mandiri juga membuatmu kesulitan mengukur progres dan pencapaianmu.
    Kedua mengikuti bootcamp. Ini adalah pilihan tempat belajar programming yang tepat bagi seorang career switchers atau fresh graduates. Bootcamp memiliki kurikulum dengan banyak praktek dan mampu dijadikan sebagai jembatan karir sebagai seorang programmer. Waktu yang dibutuhkan juga lebih singkat dibandingkan dengan pendidikan formal.
    Ketiga mengikuti pendidikan formal atau masuk universitas jurusan programmer. Di Indonesia memang belum ada jurusan programmer, namun bagi kamu yang tertarik menjadi seorang programmer kamu bisa masuk ke jurusan yang berhubungan dengan IT, khususnya Computer Science. Tak hanya mendapatkan keilmuwan secara teoritis, kamu juga akan mendapatkan banyak ilmu secara praktik. 
  4. Buatlah proyek individu
    Ketika kamu sudah mendapatkan pengetahuan yang cukup, selanjutnya adalah waktu untuk eksekusi. Buatlah sebuah project. Project ini akan menjadi cara untuk mengembangkan skill yang sudah kamu miliki serta memperkaya pengalamanmu. Berikut beberapa contoh project yang bisa kamu pilih sebagai yang pertama yaitu pengembangan mobile app sederhana, membuat website pribadi, membuat ulang aplikasi atau memodifikasinya. 
  5. Mencari pekerjaan
    Jika kamu sudah memiliki cukup pengalaman, mulailah mencari pekerjaan. Kamu bisa mulai dengan membuat CV lalu menyusun portofolio. Selain itu rajinlah menghadiri webinar yang berkaitan dengan dunia programming untuk memperbanyak networking. Terakhir, jangan lupa untuk melatih keterampilanmu dalam sesi wawancara. 

Skill yang Harus Dimiliki Seorang Programmer

Perkembangan teknologi yang pesat seperti sekarang membuat semua bidang pekerjaan membutuhkan kemampuan seorang programmer. Nah, bagi kamu yang berencana menjadi seorang programmer, kamu harus tahu apa saja skill yang dibutuhkan untuk bisa menguasai bidang ini. 

Hard Skills

  1. Bahasa pemrograman adalah hal penting yang harus dikuasai oleh siapapun yang ingin jadi seorang programmer. Ada banyak bahasa pemrograman namun umumnya yang paling sering digunakan adalah JAVA, Phyton, PHP, C++ dan R. 
  2. Struktur data dan algoritma menjadi dua hal yang harus dikuasai karena hubungannya yang erat dengan cara penyelesaian masalah. Algoritma berperan untuk mengatur langkah dan cara menyelesaikan masalah, sedangkan struktur data lebih cenderung pada bagaimana cara pengaturan data dalam memori komputer. 
  3. Penguasaan terhadap database juga termasuk hal yang harus dipelajari. Database disini adalah kemampuan untuk mengumpulkan serta mengorganisir data agar bisa lebih mudah dikelola atau dicari. 
  4. Debugging code merupakan kemampuan seorang programmer untuk menemukan serta memahami apa yang menjadi penyebab kerusakan dalam sebuah sistem atau software dan lantas menemukan solusi dari permasalahan tersebut. 
  5. Cloud computing menjad salah satu skill yang harus dikuasai mengingat saat ini cloud storage sudah menjadi hal yang sangat umum sebagai sarana dalam penyimpanan data. 

Soft Skills

  1. Time management atau kemampuan untuk memanage waktu akan dimiliki oleh seorang programmer. Kenapa? Karena mayoritas mereka yang bekerja dalam bidang ini memiliki deadline yang ketat sehingga mereka akan terbiasa dan lebih mudah dalam memanage waktu yang dimilikinya.  
  2. Problem solving atau kemampuan untuk memecahkan masalah sangat dibutuhkan oleh seorang programmer khususnya saat sesi debugging. Selain itu skill ini juga dibutuhkan untuk membantu klien dalam mencari solusi dari masalah yang dihadapinya. 
  3. Critical thinking membuat para programmer berhati-hati dalam menilai informasi. Mereka akan terlebih dulu menganalisis dan tidak menerimanya mentah-mentah. 
  4. Communication atau komunikasi sangat dibutuhkan karena pada dasarnya seorang programmer tidak bisa bekerja sendirian. Mereka memiliki klien dan anggota tim yang perlu diajak untuk diskusi atau komunikasi. 
  5. Perhatian dengan kualitas menjadi salah satu skill yang dimiliki programmer. Skill ini akan membantu mereka dalam proses debugging atau clean code ketika ada coding yang error

Pada dasarnya semua orang bisa menjadi seorang programmer. Namun jika tidak diimbangi dengan kemampuan yang tepat tentu saja akan sedikit sulit bukan? Jika kamu tertarik dengan dunia programmer, kamu bisa kuliah di BINUS @Bandung. Pilihlah jurusan Computer Science dan dapatkan berbagai macam pengalaman menyenangkan belajar di kampus teknologi kreatif ini. Tak hanya teori dan praktik, kamu juga akan belajar banyak untuk meningkatkan hard skills dan soft skillmu

Tunggu apa lagi? Ingin jadi programmer handal? Daftarkan dirimu di BINUS @Bandung dengan klik link berikut.