Creativepreneur: Pengertian, Mata Kuliah dan Prospek Kerja

Belakangan kita mengenal banyak istilah yang berhubungan dengan dunia wirausaha mulai dari entrepreneur, sociopreneur, fashionpreneur hingga yang belakangan cukup banyak diminati oleh anak muda adalah creativepreneur. Nah, apa yang dimaksud dengan creativepreneur: pengertian, mata kuliah dan prospek kerjanya? Mari simak ulasannya dibawah ini! 

Pengertian Creativepreneur

Creativepreneur terdiri dari dua kata yakni ‘creative’ dan ‘entrepreneur’ yang jika disatukan memiliki arti ‘pelaku usaha kreatif’. Sederhananya mereka adalah orang-orang dengan ide dan daya kreatifitas tinggi yang terjun dalam dunia bisnis. Mereka juga memiliki dukungan inovasi terbaru yang membuat hasil penjualan terus meningkat.

Dalam arti yang lain, creativepreneur adalah seseorang yang memulai bisnisnya dengan ide yang kreatif. Ada pula yang menyebutkan jika basis dari bisnis ini adalah kreativitas. Intinya, untuk menjadi seorang creativepreneur yang sukses, kamu harus memiliki ide dan daya kreativitas yang tinggi. 

Untuk menjadi seorang creativepreneur yang sukses, kamu bisa mengambil jurusan Creativepreneurship yang ditawarkan oleh BINUS @Bandung. Perlu diketahui, di Indonesia hanya ada beberapa kampus yang menawarkan jurusan Creativepreneurship, dan BINUS adalah salah satu yang terbaik diantaranya. 

Kenapa? Karena BINUS adalah sekolah bisnis terbaik di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan pencapaian BINUS dalam meraih AACSB yang merupakan akreditasi Internasional sejak tahun 2020. Jadi sudah tidak diragukan lagi untuk kualitas pendidikan dan juga student outcomes kedepannya. 

Meskipun BINUS merupakan kampus swasta, namun dari kualitas pendidikan juga fasilitas yang diberikan kepada para mahasiswanya tidak perlu diragukan. Bahkan BINUS juga sering masuk dalam daftar 10 besar kampus terbaik di Indonesia dari lembaga survei internasional.

Mata Kuliah Jurusan Creativepreneurship

Lulusan dari jurusan Creativepreneurship akan mendapatkan gelar Sarjana Bisnis, oleh karena itu sebagian besar mata kuliahnya akan mempelajari tentang bisnis mulai dari pengetahuan, keterampilan, serta sikap kewirausahaan. Lulusan jurusan Creativepreneurship diharapkan mampu berdedikasi untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, beretika serta berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat secara luas. 

Selain itu diharapkan mereka mampu menyelesaikan berbagai macam masalah yang berkaitan dengan estetika seni visual, kreativitas, serta teknologi yang bermanfaat untuk mendukung kebutuhan industri. Untuk itulah mahasiswa jurusan ini harus memiliki kemampuan untuk menganalisis persaingan, mengatur waktu, berbahasa asing, menganalisa pasar, mengambil keputusan, menganalisa risiko, mengatasi risiko serta memiliki kemampuan manajerial yang baik.  

Nah, agar seluruh kemampuan di atas bisa dikuasai oleh mahasiswa Creativeprenurship dengan maksimal, dibutuhkan mata kuliah yang mendukungnya. Berikut mata kuliah jurusan Creativepreneurship:

  1. Character Building Pancasila
  2. Character Building Agama
  3. Introduction to entrepreneurship and business
  4. Creative and innovative thinking
  5. Marketing for entrepreneur
  6. Commercializing emerging technology
  7. Creative and cultural entrepreneurship
  8. Business Operation and Supply Chain
  9. Sustainable Business Model
  10. Entrepreneurial Leadership and Organization
  11. Business Law and Ethics, Digital Marketing
  12. Business and Performance Analytics
  13. Entrepreneurial Financial Management
  14. Business Plan
  15. Business Research Methodology
  16. E-commerce for Entrepreneur
  17. Innovative Product Design and Development
  18. Sustainable Entrepreneurship and Social Innovation
  19. Omnichanner and Retailing, Technopreneurshi
  20. Consumer Insight Behavioral Fundamentals
  21. Innovative Product Design and Development
  22. Innovation in Omni Channel
  23. Innovation and Knowledge Management
  24. Business Process Management for Innovation
  25. Negotiation and Competitive Decision Making
  26. Business Simulation
  27. Analysis on E-Business Investment
  28. E-Business System
  29. E-Business Strategy and Implementation
  30. Advanced Topics in E-Business, Corporate Governance
  31. Market Entry Strategy
  32. Export-Import Management
  33. Global Entrepreneurship
  34. Sales and Customer Relationship Management
  35. Global Strategic Marketing
  36. Project Management
  37. Organization Behavior
  38. Servitization and Customer Experience Management
  39. Service Marketing Management
  40. Fundamentals of Supply Chain Management
  41. Digital Supply Chain Management
  42. Current Issue in Service Business and Technology
  43. Global Supply Chain Service
  44. Research Methodology
  45. Business Development
  46. Project Management
  47. Business Simulation
  48. Legal Aspect in Business
  49. Advanced Topic in Business Development Management.    

Dalam pembelajarannya, BINUS @Bandung tak hanya menerapkan pembelajaran klasikal namun menggunakan teknik pembelajaran eksperiensial bisnis dan praktek inovasi seperti komersialisasi pasar, praktik uji coba, entrepreneurship living laboratory, pendampingan, inkubator bisnis, konseling, investor pitch, serta program fasilitasi. Kombinasi antara mata kuliah diatas dengan teknik pembelajaran yang tepat akan memudahkan para mahasiswa jurusan Creativepreneurship untuk mengembangkan dan menguasai ilmu tentang kewirausahaan baik teori ataupun praktik. 

Prospek Kerja Jurusan Creativepreneurship

Kuliah di jurusan Creativepreneurship adalah hal yang sangat menyenangkan. Selain itu prospek karir dari jurusan ini juga cukup cemerlang dan bahkan akan terus dibutuhkan hingga beberapa tahun atau dekade kedepan. 

Lulusan dari jurusan ini memiliki cakupan prospek kerja yang tak terbatas. Batasannya terletak pada ide atau gagasan kreatif yang kamu miliki. Beberapa contoh pekerjaan yang bisa kamu geluti antara lain menjadi seorang pengusaha kreatif yang menjalankan bisnis dalam bidang desain grafis, content creator, serta menjual berbagai produk kerajinan handmade

Selain itu, ada pula beberapa pekerjaan yang cocok dengan jurusan ini antara lain:

  1. Technopreneur: Profesi yang memanfaatkan teknologi yang tengah berkembang pesat saat ini untuk membuat sebuah peluang usaha. 
  2. Konsultan bisnis: Profesi yang menyediakan jasa konsultasi terkait dengan semua kegiatan bisnis dalam perusahaan. 
  3. Sociopreneur: Profesi yang menjalankan usahanya untuk membantu kehidupan sosial masyarakat. Dengan kata lain, sociopreneur akan memecahkan masalah sosial menggunakan pendekatan wirausaha. 
  4. Business leader: Profesi ini memiliki tugas penting dalam mengarahkan serta memotivasi orang lain untuk bisa mencapai target atau goal yang diinginkannya. 
  5. Business analyst: Profesi ini menggunakan data untuk menganalisa proses bisnis yang sedang berjalan, mencari usulan serta menerapkannya untuk mencapai tujuan bisnis. 

Di atas sudah kita bahas terkait dengan creativepreneur: pengertian, mata kuliah dan prospek kerja. Kesimpulannya, untuk menjadi seorang creativepreneur yang sukses, kamu harus memiliki keilmuan yang luas baik secara teoritis ataupun praktik. Untuk memudahkanmu meraih karir impian menjadi creativepreneur sukses, daftar langsung ke jurusan Creativepreneurship di BINUS @Bandung. 

Selain memiliki kurikulum pendidikan yang berkualitas, fasilitas dan teknik pembelajaran yang inovatif akan sangat mendukung kegiatan perkuliahanmu. Ingin sukses dan menjadi seorang entrepreneur? kamu bisa daftar di Creativepreneurship BINUS @Bandung dengan klik disini.