5 Situs Keren untuk Meningkatkan Skill Mahasiswa Visual Communication Design

Bagi mahasiswa Visual Communication Design atau DKV, membuat sebuah karya orisinal merupakan kepuasan tersendiri. Inilah mengapa, untuk mengembangkan keterampilan, mereka butuh sarana memadai yang dapat menstimulasi kreativitas dan ide yang dimiliki.

Jika kamu termasuk salah satu mahasiswa yang merasa butuh untuk mengembangkan keterampilan jadi lebih baik lagi, jangan khawatir. Ada beberapa situs keren yang dapat membantu meningkatkan skill dalam hal desain komunikasi visual. Berikut ulasannya!

1. Behance

Behance merupakan platform untuk para kreator membagikan hasil karya mereka atau proyek yang sedang dikerjakan. Di sini, kita bisa melihat banyak referensi desain yang bisa menjadi inspirasi. Tidak hanya itu, Behance juga bisa menjadi alat untuk membuat portofolio desain.

Di situs ini para kreator bebas mengunggah hasil desain mereka, mempublikasikan, bahkan menjualnya secara komersial. Bagi mahasiswa, hal ini jelas sangat bermanfaat. Besarnya apresiasi yang diberikan pengguna lain pada hasil karya kita akan memicu kreativitas dan membantu kita meningkatkan skill menjadi lebih baik lagi.

2. Photography Talk

Situs ini merupakan platform sekaligus wadah untuk komunitas fotografer yang ingin membagikan hasil karya mereka. Berbeda dengan Behance, di Photography Talk, kita bisa berdiskusi dengan fotografer lain untuk menambah wawasan dan mendapatkan pengetahuan baru soal keterampilan. 

Situs ini juga menampilkan hasil karya dari fotografer lain yang bisa dijadikan referensi atau ide untuk meningkatkan keterampilan. Photography Talk termasuk salah satu situs yang banyak direkomendasikan dan banyak digunakan oleh profesional.

3. Kreavi

Kreavi punya konsep yang mirip dengan LinkedIn. Situs ini merupakan platform media sosial untuk para pekerja kreatif. Kreavi sendiri merupakan platform asli Indonesia yang dikembangkan oleh Benny Fajarai. Di sini kita bisa mem-follow para pekerja kreatif yang profesional untuk belajar dari hasil karya mereka.

Pengguna Kreavi juga bisa diandalkan dalam hal mencari proyek dan relasi baru. Bukan tidak mungkin setelah bergabung di Kreavi, kita bisa menjadi pekerja lepas dan sebelum lulus telah memiliki pekerjaan profesional yang membutuhkan keterampilan kita dalam hal Visual Communication design.

4. World Brand Design

Situs ini memuat segala jenis desain dari berbagai brand yang ada di dunia. Mereka yang sudah terjun di dunia profesional menjadikan situs ini sebagai referensi untuk membuat desain kemasan atau produk. Meskipun menjadi sumber inspirasi, keberadaan World Brand Design diharapkan dapat meminimalisasi plagiasi desain.

Jadi setiap desain yang ditampilkan benar-benar punya filosofi khusus dan dibuat dengan skill yang mumpuni. Situs ini sangat bermanfaat untuk para desainer profesional ataupun mahasiswa yang ingin mengembangkan keterampilan mereka. 

5. Dribble

Di kalangan komunitas Visual Communication Design, nama Dribble tidak asing lagi. Situs ini merupakan tempat berkumpulnya para pekerja kreatif seperti desainer dan fotografer. Hampir semua hasil karya dalam bentuk logo, ilustrasi, desain web, tipografi, hingga tampilan muka aplikasi mobile bisa ditemukan di Dribble.

Lengkapnya fitur dan fasilitas yang ditawarkan membuat desain ini banyak direkomendasikan dan dijadikan sumber inspirasi. Untuk mahasiswa, keberadaan Dribble juga tidak kalah bermanfaat. Selain menjadi sumber kreativitas, di sini kita juga berkesempatan menampilkan keterampilan dan mengembangkannya.

Lalu, mana situs yang menurut kamu paling bermanfaat untuk mahasiswa Visual Communication Design? Salah satu universitas dengan jurusan DKV yang berkualitas adalah BINUS @Bandung. Di universitas ini, mahasiswa tidak hanya akan belajar secara akademis tetapi juga berkesempatan mengembangkan skill mereka.

Hal ini sesuai dengan salah satu visi misi jurusan Visual Communication Design BINUS, yaitu mencetak lulusan yang tidak hanya bisa menjadi leader tetapi juga entrepreneur. Didukung sarana prasarana memadai, BINUS @Bandung juga digawangi oleh tenaga pengajar mumpuni. 

Jadi, tidak perlu heran apabila BINUS mampu menghasilkan lulusan dengan keterampilan yang dapat mendukung mereka secara maksimal ketika terjun di dunia profesional. Bagaimana, tertarik untuk jadi mahasiswa DKV BINUS @Bandung?