10 Langkah Sukses Membangun Bisnis Startup Digital dari Nol

Bisnis startup digital saat ini memang menjadi salah satu bisnis yang semakin banyak diminati karena berhasil membuat berbagai inovasi baru. Bisa dikatakan, bahwa bisnis startup ini merupakan sebuah peluang baru untuk usaha yang erat kaitannya dengan membuat inovasi di bidang teknologi serta belum mempunyai modal yang mencukupi. Untuk bisa mendapatkan modal, maka para pelaku bisnis startup ini harus mencari investor.

Meskipun memang terlihat mudah, namun bukan berarti bisnis ini tidak berisiko. Apabila ada kesalahan dalam mengelola bisnis tersebut, maka akan sangat merugikan diri sendiri maupun perusahaan. Agar bisa menjalankan bisnis dengan sukses, berikut adalah sejumlah langkah yang bisa dilakukan dalam membangun bisnis startup dari nol agar bisa berkembang.

Berikut adalah 10 Langkah Sukses dalam Membangun Bisnis Startup Digital

  1. Memvalidasi Ide
    Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mencari ide dan merealisasikannya. Ide yang layak sebaiknya juga mempertimbangkan tiga faktor berikut.
  • Mengidentifikasi masalah
  • Melanjutkan identifikasi dengan mempertimbangkan, adakah orang yang dirugikan dari masalah tersebut
  • Komunikasikan jawaban yang dimiliki untuk memperbaiki masalah.
  1. Rencana Bisnis
    Selanjutnya, tetapkan tujuan di dalam rencana bisnis dalam beberapa tahapan lalu kerjakan secara bertahap pula. Akan lebih baik jika kamu mengerjakan dan menyelesaikan tugas sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Dengan rencana dasar yang sesuai dengan target pasar pastinya akan menghasilkan hasil yang lebih baik untuk kesuksesan bisnis startup digital ini.
  2. Melakukan Riset
    Sebelum membuat keputusan, sebaiknya kamu melakukan riset atau studi terlebih dahulu. Misalnya ketika akan menentukan target pasar. Sebaiknya jangan mengandalkan perkiraan atau insting semata, karena ini justru bisa sangat berisiko untuk kelangsungan bisnis. 
  3. Taat Pada Hukum
    Sebelum mulai memasuki pasar, pastikan terlebih dahulu bahwa bisnis startup kamu sehat di mata hukum dengan mengikuti sejumlah langkah berikut ini.
  • Telah mengantongi izin dan nomor pajak
  • Mendaftarkan nama brand (bisnis)
  • Mengajukan merek dagang
  • Membuat rekening yang terpisah untuk perusahaan
  • Mempelajari aturan serta regulasi dalam menjalankan industri
  • Membuat kontrak dengan klien ataupun orang yang ingin diajak kerjasama
  1. Mencari Relasi yang Tepat
    Mencari relasi atau penasihat bisnis yang bisa dipercaya sangat penting untuk membantu kamu dalam menjalankan bisnis. Kamu bisa memanfaatkan jasa seperti bisnis atau perusahaan asuransi, pengacara, bankir, akuntan publik yang bersertifikat dan Certified Public Accountant  (CPA). Selain itu, pastikan kamu juga memiliki rekan kerja yang benar-benar loyal untuk mengisi posisi sebagai karyawan, manajemen dan CEO serta pihak kontraktor.
  2. Memilih Lokasi Bisnis
    Leasing sebenarnya pilihan yang lebih murah dibanding jika harus menyewa tempat. Pasalnya, ketika tiba-tiba harga sewa naik, hal ini justru akan membuat kamu mengeluarkan biaya sewa yang lebih banyak lagi atau bahkan terpaksa harus pergi dari sana karena semakin tingginya biaya sewa.
    Di era digital ini, e-commerce sangat mungkin dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. Membuat website akan mempermudah pelanggan untuk berbelanja maupun melihat-lihat produk kamu sewaktu-waktu. Sementara keuntungan yang bisa kamu dapatkan adalah bisa menjangkau pelanggan dari luar daerah hingga luar negeri
  3. Mengembangkan Strategi Pemasaran
    Untuk setiap bisnis startup pasti membutuhkan uang yang tidak sedikit serta strategi yang baik. Mempersiapkan strategi pemasaran untuk bisnis startup karena memungkinkan dalam membuat logo, menciptakan atau memelihara hubungan dengan pelanggan dan tetap bisa bersaing dengan kompetitor.
    Sebaiknya kamu fokus untuk pemasaran secara online. Misalnya bisa memanfaatkan sosial media yang kamu miliki untuk berinteraksi dengan pelanggan atau saat mengadakan iklan atau penawaran khusus terhadap produk yang kamu miliki. Hal ini tentu saja ini bisa sangat membantu dalam memaksimalkan kegiatan pemasaran.
  4. Memahami Teknologi
    Meskipun memang startup tidak harus terus fokus pada teknologi dan sistem informatika, namun tidak bisa dipungkiri jika ini adalah dasar dari semua jenis bisnis startup digital. bahkan bisnis yang non teknologi juga tidak menyangkal pentingnya teknologi untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis mereka.
    Untuk menunjang hal ini, maka sangat penting untuk memiliki wawasan tentang teknologi yang cukup. Apalagi di jaman yang serba digital seperti sekarang ini. Pemahaman dan wawasan teknologi yang kamu miliki tentu saja bisa bisa membantu bisnis kamu agar mendatangkan profit atau keuntungan yang lebih besar.
  5. Orisnil
    Di pasaran memang memiliki banyak pilihan yang bisa dipilih oleh para konsumen, tetapi kebanyakan mereka selalu mencari barang yang unik dan berbeda dari lainnya. Maka dari itu, untuk bisa menciptakan bisnis yang orisinil, maka kamu harus bisa memberikan produk yang memiliki ciri khas serta bermanfaat.
    Untuk bisa menghasilkan sesuatu yang dianggap orisinal, kamu harus melakukan riset yang mendalam terlebih dahulu lalu eksekusi dengan baik dan tepat. Seperti kebutuhan apa yang sedang banyak dicari agar apa yang dihasilkan bisa memenuhi kebutuhan sesuai keinginan pasar.
  6. Konsisten
    Bisnis yang dimulai melalui perencanaan yang matang pasti akan meningkatkan efisiensi secara berkelanjutan. Oleh sebab itu, kamu harus terus berinovasi serta mengembangkan metode terbaru dan menyempurnakan metode yang telah digunakan sebelumnya.
    Jika kamu terus konsisten, maka konsumen akan dengan mudah mengenali produk dan perusahaan kamu. Ini merupakan salah satu langkah yang bisa digunakan agar tetap bisa bertahan ditengah persaingan.

10 langkah sukses dalam membangun bisnis startup digital dari nol ini tentu akan semakin sempurna jika kamu bersama tim juga melakukan pengembangan secara bertahap. Hal ini dilakukan agar terhindar dari kerugian besar dan untuk memastikan, bahwa bisnis tetap stabil meskipun dalam proses ekspansinya mengalami perubahan.

Memang masih ada banyak hal yang perlu dilakukan dalam membangun bisnis bisnis startup ini. Sebagai bekal awal, yuk tingkatkan kualitas diri kamu bersama BINUS @Bandung dengan daftar di link berikut.