Bisnis digital masa depan

Simak 5 Tren yang Mempengaruhi Bisnis Digital di Masa Depan

Saat ini, berbagai bidang bisnis telah memanfaatkan kecerdasan teknologi yang secara eksponensial juga memaksa adanya transformasi digital. Agar sejalan dengan perkembangan teknologi tersebut, maka perlu ide-ide inovasi untuk pengembangan bisnis digital masa depan. Inovasi juga tidak bisa sembarangan dilakukan, namun harus bisa memberi pengalaman yang lebih baik pada pengguna, bahkan bisa melampaui ekspektasi mereka.

Transformasi digital ini semakin terlihat ketika pandemi covid-19 melanda dunia. Meski begitu, sampai saat ini masih membutuhkan perbaikan agar bisa meningkatkan pola kerja berbagai bidang industri di seluruh dunia. Integrasi teknologi dalam perencanaan di masa depan ternyata mempengaruhi bisnis digital dan menyebabkan beberapa tren yang bermunculan. 

Berikut adalah 5 Tren yang Mempengaruhi Bisnis digital di Masa Depan 

  1. Pengembangan Teknologi Blockchain
    Potensi pengembangan teknologi Blockchain untuk perusahaan bisa berdampak pada perkembangan bisnis yang bisa lebih cepat berkembang pesat. Teknologi ini juga dikenal sebagai internet of value. Ini membuat segala informasi yang dimuat dalam Blockchain bisa dipastikan tentang kebenarannya. Teknologi ini juga membuat semua orang bisa melihat data yang sama secara independen.
    Blockchain bisa menghilangkan kebutuhan otoritas sentral yang membuat semua orang melakukan mekanisme konsensus secara cepat, mempunyai ledger sama serta bisa membangun aplikasi. Di masa depan, teknologi Blockchain ini diperkirakan akan bisa memberi dampak untuk berbagai bidang dan bisa dimanfaatkan untuk kepentingan umum.
    Sesuai pernyataan dari Dimaz Wijaya, teknologi ini bisa menunjang berbagai hal. Mulai dari Internet of Thing (Iot), Smart Cars, bea materai berbasis Blockchain, Microgrid Energy Trading dan masih banyak lagi.
  2. Adopsi Tren Dari Teknologi 5G Bisa Segera Terealisasi
    Jaringan 5G menjadi teknologi terbaru yang semakin meningkatkan kemajuan sektor digital di Indonesia. Layanan ini memang diyakini jauh lebih cepat serta memiliki kapasitas yang lebih besar, sehingga membuatnya lebih bisa diandalkan dibanding dengan jaringan 4G.
    Selain itu, teknologi ini juga bisa membuka potensi untuk memaksimalkan layanan yang tidak hanya berkutat di bidang komunikasi antar manusia saja (human to human), namun juga mengintegrasi antara jaringan manusia dengan mesin (human to machine) serta jejaring komunikasi (machine to machine).
    Implementasi teknologi jaringan 5G ini memang solusi untuk penguatan teknologi era digitalisasi seperti sekarang. Jaringan ini juga sebagai katalis utama untuk pertumbuhan bisnis di kemudian hari. Sekalipun penggunaan jaringan ini lebih mahal, namun implementasinya cukup menjanjikan serta bisa jauh melebihi investasi.
  3. Pertumbuhan Sistem Multi Cloud
    Sebagian besar orang pasti mengetahui, bagaimana manfaat yang bisa didapatkan dari layanan multi cloud ini. Pasalnya, layanan ini juga memberikan sejumlah pilihan untuk pelaku usaha dalam memilih layanan dan juga fitur yang mereka butuhkan diantara penyedia cloud. Ketika fitur ditambahkan, maka penyedia cloud baru bisa segera mengalihkannya secara cepat. Hal ini merupakan suatu bentuk pengoptimalan layanan ataupun aplikasi yang dijalankan.
    Sistem multi cloud juga menawarkan kemampuan untuk bisa membantu perusahaan dalam menangani pertumbuhan. Hal ini karena desain yang dirancang pada sistem ini memang untuk skalabilitas yang cepat. Multi cloud juga menawarkan kemudahan akses ke ekosistem yang berkembang melalui aplikasi, data hingga daya komputasi. Tentu saja teknologi ini sangat bisa diandalkan karena kemampuannya dalam memfasilitasi kloning serta membuat database besar.
  4. Prioritas Cybersecurity
    Perkembangan teknologi yang semakin tidak terbendung dan terus menerus mengeluarkan inovasi baru, nyatanya berdampak pada semakin banyaknya peluang bagi pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dalam membuat kejahatan cyber. Mengimbangi teknologi yang berkembang, mereka pelaku kejahatan cyber ini juga mulai menggunakan cara-cara terbaru dalam melancarkan aksi kejahatannya.
    Sementara di sisi lainnya, para ahli cyber juga terus berinovasi untuk menciptakan solusi untuk menghindari serangan kejahatan cyber tersebut. Konsep cybersecurity ini memastikan kerahasiaan, integritas serta ketersediaan informasi.
    Apabila tidak ada cybersecurity, maka keberlangsungan bisnis bisa terancam stagnan, bahkan dampak paling buruk yang sangat mungkin terjadi adalah bisa terjadi kebangkrutan.Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka keamanan melalui cybersecurity ini harus terus dikembangkan dan diperbaharui.
  5. Penerapan Teknologi Keuangan Secara Digital
    Kecerdasan teknologi saat ini juga diterapkan untuk keuangan digital yang juga semakin berkembang pesat. Kemudahan yang ditawarkan dari keuangan digital ini membuat para pelaku usaha menjadi lebih efektif dan efisien dalam menjalankan usaha agar bisa berkembang lebih cepat.
    Para pelaku usaha ini juga semakin dipermudah karena bisa mendapatkan pembayaran secara cashless melalui electronic transfer atau internet banking. Hal ini tentu saja sangat membantu dalam operasional perusahaan maupun bisnis.
    Tren keuangan digital di masa mendatang diharapkan mampu memberikan kemudahan kepada pengguna dalam mengakses layanan keuangan yang otomatis dan juga instan. Hal ini tentu saja bisa membantu untuk meningkatkan inklusi keuangan, khususnya yang terjadi di Indonesia yang awal tahun lalu dilansir oleh Finpay, hanya mencapai 20% saja.

Dampak perkembangan digitalisasi dalam dunia bisnis bisa dilihat seperti bentuk rantai yang saling terhubung satu sama lain untuk melakukan inovasi global. Perusahaan pada akhirnya akan memanfaatkan kecerdasan teknologi ini untuk pengembangan bisnis agar sesuai dengan perencanaan yang dibuat. Pendekatan Digital Business Innovation juga bisa membantu perusahaan untuk mendapatkan peluang yang lebih baik serta kesuksesan untuk jangka panjang.

Buat kamu yang ingin sukses bersaing dalam Digital Business Innovation , maka tingkatkan kualitas diri kamu terlebih dahulu dengan kuliah di BINUS @Bandung. Dapatkan materi tentang inovasi bisnis digital lebih mendalam dengan mendaftar di link BINUS berikut ini.