Startup : Definisi, Kelebihan, dan Jenis-Jenisnya

Startup Definisi, Kelebihan, dan Jenis-Jenisnya

Startup di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pada tahun 2015 awalnya hanya terdaftar sebanyak 52 startup lantas dalam kurun 3 tahun perkembangannya meningkat hingga angka 956 di berbagai bidang. Dinilai dari perkembangannya, tipe perusahaan ini berpotensi besar menjadi pendorong ekonomi masyarakat Indonesia. Menariknya, banyak diantaranya didominasi oleh anak muda. 

Lantas apa sebenarnya startup, apa kelebihan dan apa saja jenis-jenisnya? Mari simak ulasannya dibawah ini!

Apa itu startup?

Istilah bisnis startup sudah sangat familiar belakangan ini. Berasal dari kata serapan, artinya adalah perusahaan rintisan. Dalam arti lain, ini adalah perusahaan yang baru beroperasi dan masih berproses untuk terus mengembangkan produk dan juga menemukan target pasar. 

Startup juga didefinisikan sebagai perusahaan rintisan dengan produk atau layanan yang menjadi solusi bagi banyak orang. Namun, seringkali bisnis ni dikaitkan sebagai bisnis yang berbasis teknologi. Padahal tidak semuanya berbasis teknologi lho. Teknologi disini digunakan untuk membantu mengembangkan bisnisnya. 

Startup erat kaitannya dengan sales force. Sales force akan sangat membantu perusahaan untuk terus berkembang. Sales force sendiri adalah departemen yang bertugas menjual produk dan layanan pada para pelanggan. Oleh karena itulah sebuah startup yang berpotensi tumbuh besar pasti memiliki sales force yang kuat. 

Jenis Perusahaan Startup Berdasarkan Kategori dan Target Pasarnya

Umumnya perusahaan rintisan ini bergerak dalam bidang teknologi informasi, tapi tidak semuanya. Berikut beberapa jenis perusahaan rintisan yang tengah banyak diminati di Indonesia: 

  1. Scalable
    Bisnis ini disebut memiliki potensi untuk bisa menjangkau pasar global. Biasanya perusahaan rintisan ini berbasis teknologi dan berkategori hectoron yang menggunakan investor sebagai dukungannya. Contoh dari perusahaan ini adalah social media company dan search engine company
  2. Small business
    Perusahaan ini biasanya didirikan dan didanai oleh orang-orang biasa. Perusahaan rintisan ini umumnya memiliki target pasar yang lebih spesifik serta fokus pada produk dan layanan yang berkualitas. Perusahaan ini masuk kategori unicorn. Beberapa contoh perusahaan yang masuk kategori ini adalah agen perjalanan dan toko kelontong. 
  3. Lifestyle
    Perusahaan ini didirikan oleh mereka yang ingin mengejar fashion. Secara umum perusahaan rintisan ini masuk kategori unicorn dengan produk atau layanan yang ditujukan untuk lifestyle
  4. Buyable
    Secara umum perusahaan ini masuk kategori decacorn. Perusahaan berbasis teknologi ini juga memiliki potensi perkembangan yang pesat. Contohnya perusahaan penyedia transportasi online dan e-commerce
  5. Corporate
    Perusahaan ini mengembangkan produk dan layanannya untuk membuat perusahaan tersebut tetap kompetitif. Contoh perusahaan yang masuk kategori unicorn ini adalah perusahaan e-commerce
  6. Social
    Perusahaan ini ditujukan untuk memecahkan masalah sosial dan berkategori unicorn. Contoh dari perusahaan rintisan sosial yaitu organisasi nirlaba, organisasi aman dan organisasi yang fokus pada isu lingkungan. 

Jenis-Jenis Startup Berdasarkan Bidang Usahanya

Ada banyak jenis startup di Indonesia berdasarkan dari bidang usahanya. Dan berikut beberapa diantaranya:

  1. Hiburan dan Permainan
    Ini adalah jenis perusahaan rintisan yang sangat digemari oleh banyak orang. Perusahaan ini menyasar anak muda dan kaum milenial yang gemar bermain dengan komputer atau smartphone. Perkembangan perusahaan ini juga sangatlah luas terbukti dari bermunculannya fenomena startup jenis e-sports di Indonesia. 
  2. Properti
    Jenis perusahaan rintisan ini cukup berbeda dari perusahaan lainnya. Sesuai dengan bidang usahanya, perusahaan ini bergerak pada bidang jual beli dan persewaan properti. Perusahaan rintisan yang bergerak dalam bidang ini sangat dibutuhkan mengingat banyak pengoperasian bisnis di bidang properti yang berisiko gagal. Startup properti bekerja dengan menyediakan informasi klien beserta tips dan solusi yang berkaitan pencarian properti bagi para klien. 
  3. Pendidikan
    Jenis perusahaan rintisan ini terobosan baru bagi semua kalangan. Perusahaan ini bergerak untuk memfasilitasi menyediakan berbagai konten edukasi yang bisa diakses menggunakan internet
  4. Kesehatan
    Perusahaan rintisan yang mengambil bidang kesehatan secara umum akan memberikan informasi seputar kesehatan, layanan perawatan hingga berbagai produk obat. Sejalan dengan perkembangan dunia digital, perusahaan ini kian mudah diakses menggunakan internet. 
  5. Pertanian
    Perusahaan rintisan ini biasanya memberikan informasi, menawarkan jasa layanan hingga pendistribusian hasil pertanian. Saat ini sudah cukup banyak perusahaan rintisan dalam bidang pertanian mengingat perkembangan pertanian di Indonesia yang cukup pesat. 
  6. E-commerce
    Perusahaan rintisan yang bergerak di bidang ini sudahlah sangat banyak di Indonesia. Perusahaan ini hadir untuk memfasilitasi penjual dan pembeli secara tak langsung menggunakan aplikasi yang bisa diakses lewat smartphone
  7. Perjalanan dan akomodasi
    Jenis perusahaan rintisan ini erat kaitannya dengan jalan-jalan. Dewasa ini kegiatan travelling memang sangat menyenangkan namun tak jarang kita akan ribet mengurus berbagai masalah seperti tiket ataupun penginapan. Munculan startup dalam bidang ini sangat memudahkan semuanya. Mulai dari pemesanan penginapan, tiket transportasi, serta berbagai layanan lain siap ditawarkan. 

Baca Juga: 5 Strategi Ide Usaha Kreatif di Era Digitalisasi

Kelebihan startup

Peluang akan perusahaan rintisan memang sangatlah besar. Tak heran banyak orang yang lantas melirik startup. Berikut beberapa kelebihan dibandingkan dengan jenis perusahaan lainnya: 

  1. Bagi pemilik dan juga karyawan memiliki kesempatan untuk belajar hal baru karena sebagian besar tanggung jawab dikerjakan oleh kelompok atau orang yang sama. Selain itu antara satu dan yang lain juga bisa saling berbagi peran untuk menyelesaikan suatu tugas. 
  2. Bekerja pada perusahaan rintisan ini mampu meningkatkan rasa tanggung jawab akan tugas yang diberikan karena antara satu pekerjaan dan pekerjaan lainnya saling berhubungan. 
  3. Salah satu yang membuat banyak orang menyukai jenis bisnis ini karena tempatnya yang fleksibel. Karena tempat yang fleksibel, maka jam kerja serta daya tekannya juga menyesuaikan. 
  4. Jenis perusahaan ini mampu mendorong berbagai terobosan ide inovatif yang membuatnya bisa bersaing dengan para kompetitor. 

Diatas adalah ulasan tentang startup dan kelebihan serta jenisnya. Dari ulasan diatas apakah kamu tertarik menjadi salah satu pendirinya? Sebelum itu, pastikan kamu sudah melakukan riset dan memiliki cukup banyak pengetahuan untuk membangun bisnis tersebut. 

Jadilah sukses dengan bergabung dengan BINUS @Bandung! Dapatkan pula berbagai inspirasi terkait dengan tren bisnis digital sekarang ini dengan menjadi bagian dari BINUS @Bandung. Yuk Daftar BINUS @Bandung sekarang!

Yuk, Joint BINUS @Bandung Sekarang !

Banner SEO Campaign BINUS Bandung