5 Strategi Ide Usaha Kreatif di Era Digitalisasi

strategi Ide Usaha Kreatif di Era Digitalisasi

Jika kalian adalah salah satu dari sekian banyak anak muda yang ingin punya wirausaha kreatif, tentu banyak faktor yang harus kalian pertimbangkan. Bahkan setiap pengusaha memulai dari usaha kecil dan mengembangkan banyak peluang yang dapat mereka eksplorasi hingga berujung sukses. Yang kalian butuhkan adalah ide inovatif untuk mewujudkan impian kalian. 

Jangan khawatir karena ide bisnis beranggaran rendah tidak memerlukan investasi besar. Namun, kalian mungkin perlu penelitian secara menyeluruh selain kesabaran tingkat tinggi. Tentu, yang tak kalah penting adalah rencana pemasaran cerdas untuk bisa kompetitif.

Bagaimana Cara Memulai Wirausaha Kreatif 

Memulai sekaligus menjalankan usaha bisnis baru dengan sukses adalah hal yang sulit. Data dari Forbes tunjukkan 1 dari 5 usaha kecil tutup dalam tahun pertama. Tingkat kegagalan yang cukup besar ini sedikit banyak disebabkan banyak pengusaha yang cenderung salah dalam memilih ide bisnis.

Jadi, mulailah ide bisnis yang sedang tren dan dapat kalian mulai secepatnya.

  1. Pemasaran Digital
    Dunia bisnis kini sudah terdigitalisasi. Kehadiran online atau online presence sudah menjadi keharusan bagi semua jenis bisnis saat ini. Berbeda dengan pemasaran konvensional, pemasaran digital membantu perusahaan terhubung dengan audiens target mereka di seluruh dunia.
    Layanan pemasaran digital sangat diminati sehingga ini bisa menjadi bisnis termurah untuk memulai. Yang kalian butuhkan hanyalah keahlian dan ruang untuk memulai operasional. Kalian dapat memulainya dengan presentasi yang meyakinkan dan situs web dengan konten yang menarik untuk mendapatkan klien bagi bisnis kalian.
    Jika teman kalian ada yang berprofesi atau sedang belajar menjadi web desainer, kalian dapat berkonsultasi dengan mereka untuk membuat desain presentasi sesuai strategi pemasaran digital yang sesuai dengan bidang kalian. Para ahli memprediksi belanja iklan digital diperkirakan akan tumbuh sebesar 50 persen pada 2027. 
  2. Reseller Online
    Ketertarikan kalian akan pakaian, aksesoris, atau apapun minat kalian, dapat kalian manfaatkan untuk bisnis. Kalian bisa mencoba jadi reseller dari berbagai vendor yang menawarkan jasa ini. Saat ini, berbagai e-commerce juga menawarkan program afiliasi yang sangat pas untuk kalian yang mungkin tidak memiliki modal besar.
    Meskipun butuh waktu, dedikasi, dan minat terhadap produk yang kalian jual kembali, kalian dapat memulai wirausaha kreatif ini sebagai bisnis sampingan untuk mempelajari potensi pasar. Kalian juga dapat memanfaatkan media sosial atau bahkan situs web toko online.
    Kalian bukan hanya dapat memanfaatkan program afiliasi saja, tetapi juga mencari suplier yang menyediakan barang dengan harga murah. Biasanya, harga murah tersedia dengan pembelian jumlah besar. Dengan demikian, kalian mendapatkan keuntungan signifikan. Dengan demikian, biaya overhead tidak terlalu banyak.
  3. Desain Situs Web
    Desain situs web menjadi salah satu ide bisnis terbaik di manapun, terutama di AS. Jika kalian punya keahlian ini dan sedang berkuliah di jurusan Computer Science, kalian dapat menjadikan kemampuan kalian sebagai sarana mencari cuan. Mengapa demikian?
    Di dunia digital saat ini, kalian hampir tidak akan menemukan perusahaan yang tidak memiliki website sendiri. Bahkan jika itu adalah situs itu hanya terdiri dari satu halaman. Kehadiran online atau online presence telah menjadi kebutuhan bagi bisnis. Tugas web desainer adalah membuat website terlihat selalu update dan segar serta mengesankan sejak awal dikunjungi pengguna internet.
    Jadi, hampir setiap perusahaan membutuhkan jasa desainer website yang memiliki kemampuan untuk menyesuaikan desain dengan representasi bisnis situs tersebut. Desainer web harus inovatif sehingga kalian perlu memiliki skill yang mumpuni untuk memenuhi kebutuhan klien. Ide bisnis ini sebenarnya sederhana meski punya kekuatan besar untuk menjadi bisnis menguntungkan.
  4. Pengembang Aplikasi atau Game
    Jika kalian punya latar belakang pendidikan teknologi informasi, kalian dapat mempertimbangkan karir di bidang pengembangan aplikasi atau game. Ponsel pintar kini menjadi kebutuhan siapa saja di seluruh dunia. Terjadi peningkatan permintaan akan aplikasi seluler karena semakin banyak pengguna yang membutuhkan ragam aplikasi sesuai kebutuhan.
    Perangkat lunak realitas virtual kini telah menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir, sehingga terdapat juga permintaan untuk pengembangan aplikasi VR. Jadi, jika kalian ingin mendalami bisnis ini, kalian dapat mengambil jurusan Computer Science di kampus terbaik. 
  5. Desain Grafis
    Desain grafis memang sudah ada sejak dulu meski saat ini seorang desainer grafis harus dapat mengoperasikan perangkat lunak untuk mendesain gambar. Saat ini, korporat, usaha kecil, dan organisasi non-profit pun membutuhkan materi promosi menarik. Pekerjaan sambilan sebagai desainer grafis sangat menguntungkan bagi kalian yang punya bakat artistik dan tahu cara mengatur konten ke dalam format yang menarik secara visual.
    Kalian dapat memulai bisnis desain grafis dengan membuat iklan digital atau poster dan stiker sebagai salah satu bentuk wirausaha kreatif. Kalian hanya membutuhkan laptop, perangkat lunak untuk menggambar dan ide cemerlang untuk membuat desain sesuai kebutuhan klien. Kalian dapat memperdalam bakat kalian di bidang ini dengan mengambil jurusan Visual Communication Design.

Baca Juga: Profesi Konsultan Bisnis: Gaji Tugas serta Tanggung Jawabnya

Kuliah di BINUS @Bandung Sambil Wirausaha? Mengapa Tidak

Wirausaha kreatif dapat dilakukan dimana saja. Tetapi, jika kalian bergabung di salah satu jurusan di BINUS @Bandung, kalian dapat dengan mudah mengembangkan bakat dan minat kalian. BINUS @Bandung merupakan kampus dengan rekognisi internasional yang hadir dengan jurusan-jurusan yang mendapatkan permintaan tinggi di kalangan industri.

Pilihan jurusan S1 termasuk Computer Science, Visual Communication Design, Interior Design, Creativepreneurship, Digital Business Innovation dan Interactive Design and Technology. Semua jurusan ini menghadirkan kurikulum terkini yang sesuai dengan demand perusahaan berskala global. Kalian bisa kuliah sambil berwirausaha dengan mengembangkan bakat dan minat, sesuai dengan jurusan yang kalian pilih di BINUS @Bandung.

Tunggu apa lagi? Kuliah? BINUS @Bandung aja! Daftar Sekarang

Yuk, Joint BINUS @Bandung Sekarang !

Banner SEO Campaign BINUS Bandung