Mengenal Jurusan Interior Design  BINUS @Bandung

Mengenal Jurusan Design Interior BINUS Bandung

Perkembangan teknologi semakin hari kian pesat hingga berpengaruh besar terhadap berbagai jenis industri di semua negara, misalnya di bidang industri furniture dan interior. Untuk memenuhi kebutuhan industri ini, maka jurusan Interior Design BINUS @Bandung bisa dijadikan referensi untuk perguruan tinggi yang bakal kamu masuki.

Jurusan ini memiliki peluang yang sangat luas di masa mendatang. Pasalnya, saat ini saja prospek industri interior di Indonesia juga menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini tentu saja juga pengaruh dari semakin meningkatnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya keindahan tata ruang sehingga memberikan kenyamanan dan mendorong semakin berkembangnya industri interior yang modern.

Tentang Jurusan Interior Design

Desain Interior atau interior design merupakan sebuah ilmu yang di dalamnya mempelajari tentang perencanaan tata letak dan juga perencanaan tata ruang di dalam sebuah bangunan. Tidak hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia sebagai tempat perlindungan yang nyaman, namun interior design juga merancang ruangan yang bisa memberikan pengaruh terhadap suasana hati, pandangan hingga kepribadian para penghuninya.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka dibutuhkan keberadaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten agar bisa bersaing di era global, terutama di bidang interior. Saat sudah banyak universitas di Indonesia yang menyediakan program studi interior design. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan ilmu tentang keunikan tata ruang dengan sangat mudah.

Salah satu universitas yang paling direkomendasikan untuk kamu pilih adalah BINUS @Bandung. Program studi di BINUS UNIVERSITY ini menyiapkan para generasi muda agar bisa menjadi seorang desainer yang mampu melakukan memecahkan masalah dalam hal mendesain mulai dari skala hunian hingga ruang publik.

Saat dikerjakan oleh desainer yang benar-benar kompeten di bidangnya, pasti akan menghasilkan karya yang tidak hanya menarik, namun juga mengutamakan kearifan lokal yang mengusung pelestarian budaya. Tidak hanya itu, fleksibilitas terhadap aplikasi, teknologi, komunikasi dan kepribadian creativepreneur juga turut disertakan di dalamnya. 

Baca Juga: Techno design : Pengertian, Mata Kuliah, Prospek Kerja

Mata Kuliah Jurusan Interior Design  BINUS @Bandung

Masuk ke jurusan Interior Design tidak hanya sekedar minat saja, namun kamu juga harus mempersiapkan diri dengan segala mata kuliah yang akan dipelajari di dalamnya. Beberapa mata kuliah di program studi ini diantaranya adalah Sense of Design, Ergonomic and Anthropometry, English In Focus, Character building, Interior Drawing, History of Western, English Savvy, Business In Interior design, Interior Rendering, dan masih banyak lagi.

Tentang Prospek Karir Jurusan Interior Design 

Selama ini banyak orang yang beranggapan, pekerjaan seorang interior design hanyalah membuat desain rumah maupun apartemen seperti di katalog properti yang sering kamu lihat. Padahal, keahlian yang kamu dapatkan di jurusan ini bisa masuk ke berbagai profesi lainnya. Berikut beberapa prospek pekerjaan yang bisa dimasuki oleh para lulusan interior design .

  1. Desainer Set dan Properti
    Buat yang ingin berkontribusi di dunia, teater, film atau TV, maka jurusan ini juga bisa mempersiapkan kamu menjadi seorang desainer set dan properti yang profesional. Di sini, kamu bisa bekerja sama dengan orang-orang di bidang lainnya, seperti produser, sutradara, ahli kostum dan sound engineer agar bisa menciptakan sebuah set yang ideal untuk acara TV, pertunjukan maupun film.
    Keahlian yang kamu peroleh di masa perkuliahan bisa diterapkan dalam profesi ini, sehingga mampu menciptakan suasana yang mendukung naskah. Disini, kreativitas dan kerja sama tim sangat sangat penting.
  2. Konsultan Interior Design
    Mengambil jurusan ini juga membuka peluang untuk menjadi seorang konsultan. Bidang kerja konsultan ini meliputi penentuan konsep desain yang sesuai dengan ruangan. Misalnya berdiskusi dengan klien untuk pengumpulan data, membuat konsep serta pemilihan elemen desain yang meliputi sumber cahaya, skema warna, perabot dan lain-lain.
    Tidak hanya bekerja untuk konsultan kebutuhan rumah dan apartemen saja, namun kamu juga bisa menjadi konsultan untuk mendesain fasilitas umum, perkantoran hingga bangunan institusi. Peran desainer profesional sangat dibutuhkan untuk menciptakan bangunan yang nyaman dan mendukung segala kegiatan di dalamnya.
  3. Pengelola Bisnis
    Kuliah mengambil jurusan Interior Design bisa membuatmu lebih jeli terhadap elemen desain yang lebih mengerucut seperti halnya furniture. Keahlian ini bisa sangat bermanfaat saat kamu memiliki bisnis furniture ataupun sebagai perancang furniture.
    Menjadi perancang furniture pastinya membuatmu bisa lebih leluasa dalam berkreasi dengan tetap menyesuaikan dengan tren, material serta estetikanya agar bisa menciptakan sebuah perabot yang inovatif dan bermanfaat untuk banyak orang.
  4. Kontraktor
    Buat yang suka tantangan yang orientasinya mengarah pada sebuah hasil, maka profesi kontraktor sangat cocok untuk kamu. Tidak sekedar membuat konsep desain, namun juga berperan merencanakan seluruh proyek, mulai dari penyediaan tenaga kerja, material dan memastikan pekerjaan dapat selesai secara tepat waktu.
  5. Penata Gaya Media
    Media seperti situs berita atau majalah umumnya membutuhkan penata gaya agar ilustrasi bisa menonjol dan menarik audiens. Kamu bisa mencoba menawarkan jasa desain kamu melalui proposal yang berkualitas ke beberapa perusahaan media.

Mengambil Jurusan Interior Design  di BINUS @Bandung

BINUS @Bandung sudah dikenal banyak menghasilkan para lulusan terbaik di bidang interior design. Kampus ini memiliki kurikulum program yang memang dirancang untuk mendidik sekaligus menyiapkan para mahasiswa agar bisa menghasilkan portofolio interior design  yang kreatif serta profesional.

BINUS @Bandung juga memiliki tenaga pengajar yang memang sudah ahli di bidangnya, sehingga kamu bisa lebih siap dalam menghadapi dunia kerja yang sebenarnya di masa mendatang. Disini, kamu juga akan diperkenalkan dengan Green Design, Local Contain dan Eco Technology

Selain tenaga pengajar profesional, fasilitas yang memadai di BINUS @Bandung juga bisa membuatmu bisa menyerap ilmu interior design secara maksimal. Dengan begitu, di masa mendatang kamu bisa lebih lihai dalam memecahkan berbagai masalah, baik di perumahan, perkantoran, ritel, penerangan dan area komersil lainnya.

Jadi tunggu apa lagi? Kalau kamu memang bertekad ingin menjadi seorang interior designer  profesional, ambil jurusan Interior Design di BINUS @Bandung. 

Segera daftarkan diri kamu di sini.

Yuk, Joint BINUS @Bandung Sekarang !

Banner SEO Campaign BINUS Bandung