Techno design : Pengertian, Mata Kuliah, Prospek Kerja

Techno design : Pengertian, Mata Kuliah, Prospek Kerja

Techno design memiliki pengertian sama dengan teknologi desain yakni mata pelajaran yang diajarkan di jurusan yang terkait dengan desain dan teknologi. Tujuan dari mata pelajaran atau mata kuliah ini adalah untuk pengembangan kreativitas siswa sekaligus mengasah keterampilan praktis melalui proyek dan aktivitas langsung. 

Bidang studi ini mengajak siswa atau mahasiswa untuk belajar tentang proses desain dengan memilih bahan serta teknik manufaktur tertentu yang terkait dengan teknologi. Dalam lingkungan profesional, teknologi desain kerap mengacu pada integrasi prinsip desain dengan kemajuan teknologi. Prinsip desain tersebut untuk menciptakan produk atau layanan yang fungsional dan estetis. Desain tersebut dapat mencakup desain produk, desain grafis, desain industri, desain fashion, arsitektur, dan banyak lagi.

Secara keseluruhan, teknologi desain melibatkan pendekatan multidisiplin dengan penggabungan elemen desain, teknik, seni, dan teknologi. Teknologi desain sangat sesuai untuk inovasi dan menciptakan solusi untuk berbagai kebutuhan dan tantangan.

Baca Juga: Inilah 7 Perbedaan Desain Interior dan Arsitek yang Perlu Kamu Ketahui

Studi Techno Design; Kenali Mata Kuliah Ini

Jika kalian punya bakat desain dan selalu punya ide kreatif, tentu mata kuliah ini pas buat kalian. Terlebih saat ini kalian dapat memanfaatkan teknologi untuk membuat desain kreatif. Desain yang inovatif dapat membuka banyak peluang kalian dengan banyak pilihan karir. 

Techno design merupakan bidang studi yang berfokus pada perencanaan, perancangan, dan penciptaan gambar atau produk. Saat ini, banyak produk memiliki bentuk sangat estetik tanpa mengesampingkan kecanggihan teknologi. Kalian pun dapat belajar cara mendesain dan membuat apa saja mulai dari barang elektronik, pakaian, furniture, makanan, dan bahkan program komputer atau aplikasi.

Selain barang elektronik, penerapan desain teknologi juga pada teknologi pangan, tekstil dan sebagainya. Intinya, desain dan teknologi merupakan subjek yang luas dimana arah karir adalah desain berbasis teknologi di berbagai bidang.

Dengan mempelajari desain dan teknologi, kalian akan dapat membangun kreativitas, pemecahan masalah, perencanaan, dan keterampilan evaluasi. Jurusan yang dapat kalian pilih adalah jurusan S1 Interactive Design & Technology. Profesi yang sering menjadi pilihan lulusan jurusan ini adalah konsultan desain, pengembang aplikasi, pengembang visual, desainer grafis, desainer AR/VR, konten kreator, dan masih banyak lagi.

Kalian dapat berkarir di bidang arsitektur, fashion, teknologi informasi, perhotelan, dan juga pendidikan. Tentunya, kalian juga harus memilih kampus yang tepat dengan akreditasi terbaik untuk memilih jurusan S1 Interactive Design & Technology. Pastikan juga bidang studi ini menjadi minat dan bakat kalian supaya kalian tidak mengalami kesulitan selama proses pembelajaran.

BINUS @Bandung Hadir dengan Jurusan Interactive Design & Technology

Tidak ada pilihan terbaik selain bergabung di jurusan S1 Interactive Design & Technology di BINUS @Bandung. Kampus BINUS di Bandung terletak di kawasan strategis dengan fasilitas belajar yang canggih dan sesuai kebutuhan terkini. Bergabung di BINUS @Bandung adalah keputusan paling tepat karena kalian memilih kampus dengan rekognisi internasional. 

Jurusan S1 Interactive Design & Technology memberikan pemahaman akan karya desain komunikasi visual dalam bentuk cetak dan digital dengan nilai plus serta estetika. Desain cetak dan digital telah disesuaikan dengan kebutuhan terkini, terlebih dengan tingkat kompetisi bisnis yang sangat tinggi. 

Belajar di BINUS @Bandung tidak sekedar belajar teori. Kalian dapat melakukan penelitian sekaligus eksplorasi gagasan dalam penetapan tujuan dan sasaran komunikasi yang tepat untuk solusi desain komunikasi visual yang dibutuhkan. 

Melalui bidang studi techno design, kalian juga dapat melakukan analisis dalam efisiensi pemanfaatan bahan dan waktu dalam proses produksi desain, tanpa mengabaikan esensi dan estetika desain. Kalian juga dapat menganalisa problem kompleks komputasi serta penerapan prinsip-prinsip komputasi dan disiplin ilmu lain yang relevan.

BINUSIAN selalu menjadi individu yang kreatif dan inovatif serta berdaya saing tinggi. Perusahaan berskala global telah mengakui bahwa lulusan BINUS selalu memiliki kemampuan mumpuni sesuai bidang yang digeluti. Tak terkecuali lulusan jurusan S1 Interactive Design & Technology dimana lulusannya tidak hanya mampu merancang tetapi juga mengimplementasikan desain berbasis komputasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan secara global. 

Kurikulum S1 Interactive Design & Technology

Jika kalian masih ingin tahu apa saja yang kalian akan pelajari jika kalian bergabung di S1 Interactive Design & Technology BINUS @Bandung, kalian dapat menyimak beberapa poin berikut ini: 

  1. Perancangan Dasar dan Sistem Informasi
    Saat semester 1 dan 2, kalian akan mendalami teori dan praktik desain terkait dengan elemen dan prinsip desain. Selain itu, kalian juga dapat belajar tentang tata letak, semiotika dan bahasa visual. Kurikulum di semester ini juga melibatkan nilai desain dan ukuran serta komposisi sekaligus bahan desain, warna, dan juga pengenalan konsep sistem informasi.
  2. Eksekusi Desain dan Metode Penelitian Sistem Informasi
    Saat semester 3, mahasiswa dapat mendalami teori dan praktik desain terkait desain komunikasi visual, digital image, ilustrasi, metode desain, dan estetika. Pengembangannya adalah saat semester 4 dan 5 dimana mahasiswa akan belajar Art Direction dan integrated design sebagai Pengembangan Bisnis Aplikasi. 

Pada dua semester ini, mahasiswa sudah dapat memilih arah keilmuan desain komunikasi visual. Pada tahap ini, mahasiswa telah memiliki kemampuan pemecahan masalah sehingga membantu mahasiswa mengikuti arah keilmuan yang dipilihnya dalam memilih metode pengembangan gagasan dan menyajikan gagasan ke dalam beberapa media secara terpadu. 

Di semester enam, mahasiswa sudah dapat memilih program sesuai minat sebelum akhirnya mengikuti enrichment program di semester 6 dan 7. Kalian berkesempatan untuk magang dan mengaplikasikan kemampuan kalian secara nyata di perusahaan berskala global. Jadi, segeralah bergabung di jurusan S1 Interactive Design & Technology BINUS @Bandung dan jadilah pakar techno design berdaya saing tinggi. Klik Disini untuk Pendaftaran.

Yuk, Joint BINUS @Bandung Sekarang !

Banner SEO Campaign BINUS Bandung