10 Tips Desain Interior Rumah Minimalis Modern

Tips Design Interior Rumah Minimalis Modern

Desain Interior rumah minimalis modern saat ini menjadi model interior yang sangat populer khususnya bagi para pasangan muda yang tinggal di kawasan perkotaan. Sayangnya banyak orang yang keliru mengartikan kata ‘minimalis’. 

Kebanyakan beranggapan jika minimalis identik dengan ruangan yang kecil, sempit dan minim furniture. Namun arti Desain Interior rumah minimalis modern sebenarnya bukanlah itu. Minimalis modern diartikan sebagai gaya desain yang berkonsep sederhana, bersih dan juga seimbang. 

Jadi tak selalu identik dengan ruangan kecil, ruangan yang besar pun bisa di konsep minimalis modern. Intinya, gaya interior ini membuat ruangan tampak lebih leluasa dan bersih. 

Tips Desain Interior Rumah Minimalis Modern

Desain Interior memang terus berkembang, namun minimalis modern tampaknya memiliki peminatan yang cukup banyak. Nah, untuk mewujudkan interior rumah minimalis kamu tak harus menyewa jasa Desain Interior lho, kamu bisa mencoba mendesainnya sendiri dengan mengikuti beberapa tips atau panduan dibawah ini. 

  1. Pilihlah Warna-Warna yang Cerah Namun Netral
    Jika kamu ingin menciptakan ruangan yang minimalis, maka kamu harus memperhatikan atmosfer dalam ruangan tersebut. Pilihlah warna cerah yang netral seperti krem, coklat, atau earth tone. Warna tersebut mampu memantulkan cahaya lebih baik sehingga ruangan jadi terasa lebih terang, bersih dan lapang.
    Selain warna netral, warna monokrom seperti hitam, abu dan putih juga bisa jadi pilihan bagus untuk desain minimalis. Tambahkan pula warna netral seperti warna kayu untuk menciptakan kesan alami dalam sebuah ruangan.
  2. Gabungkan dengan Elemen yang Lain
    Penambahan potongan kayu, tikar rami, atau tanaman hias mampu membuat suasana ruangan jadi lebih hidup dan lebih segar. Penambahan unsur alam ini mampu menciptakan keseimbangan yang pas antara hangatnya unsur alami dengan dinginnya nuansa desain modern. 
  3. Gunakan Material yang Berkualitas
    Pilihlah material yang berkualitas agar Desain Interior rumahmu bisa lebih tahan lama serta tidak mudah kusam atau rusak. Beberapa contoh material yang sering digunakan untuk Desain Interior minimalis modern yakni kaca, kayu, beton dan juga metal. Material  tersebut dipilih karena tak hanya memiliki kesan modern namun kokoh dan juga elegan. 
  4. Gunakan Cahaya Alami
    Keindahan dan juga kehangatan dalam sebuah ruangan minimalis bisa kamu dapatkan dengan memanfaatkan cahaya alami. Minimalkan penggunaan lampu khususnya di siang hari. Fokuslah pada cahaya alami dengan membiarkan sinar matahari masuk ke dalam rumah. Untuk mewujudkan hal ini, kamu bisa mempertimbangkan memasang pintu kaca atau jendela besar pada ruanganmu. Tambahkan pula tirai transparan untuk menambahkan kesan privasi.
    Sedangkan untuk malam hari gunakanlah cahaya buatan berdesain modern. Misalnya lampu dinding atau lampu gantung dengan desain minimalis untuk memberikan sentuhan gaya kontemporer.
    Jika ruanganmu tidak memiliki jendela besar atau pintu kaca, kamu bisa menambahkan cermin di berbagai sudut ruangan sebagai pengganti cahaya alami. Selain itu cermin juga mampu memberi kesan ruangan yang lebih luas dan sangat cantik ketika digunakan sebagai dekorasi. 
  5. Gunakan Furniture yang Multifungsi
    Memilih furniture sangat erat kaitannya dengan Desain Interior rumah minimalis. Pilihlah furniture yang desainnya tak hanya simpel namun juga multifungsi. Misalnya sebuah sofa atau meja dengan penyimpanan di bawahnya, lemari modular, kabinet meja yang bisa ditarik menjadi meja makan dan sebagainya. 
  6. Gunakan Rak Terbuka dengan Model Vertikal
    Rak adalah solusi penyimpanan terbaik. Oleh karena itu manfaatkanlah rak sebagai tempat penyimpanan atau pajangan berbagai macam aksesoris rumahmu. Jika ingin menguatkan gaya minimalis, pilihlah rak terbuka dengan model vertikal. Rak model ini akan membuat tampilan berbagai aksesoris, dekorasi atau atau koleksi lainnya tampak lebih terorganisir. Kamu juga bisa membuat rak dengan mengoptimalkan dinding secara vertikal. Desain ini selain tampak lebih cantik juga membuat ruangan tidak nampak penuh. 
  7. Gunakan Karpet Modern
    Beberapa desain rumah minimalis meminimalkan sekat ruangan. Nah, untuk membatasi antar ruang kamu bisa gunakan karpet. Karpet disini berperan menciptakan karakter pada suatu ruangan, untuk itu sebaiknya pilihlah motif dan warna yang sesuai dengan desain yang kamu usung. 
  8. Tambahkan Lampu Hias
    Ketika mendesain sebuah interior rumah minimalis modern, jangan lupa menambahkan lampu hias sederhana. Kamu bisa gunakan lampu sorot, lampu dinding ataupun lampu gantung untuk menambah kesan artistik pada ruangan. Kamu juga bisa memiliki lampu dengan aksen tembaga atau emas untuk menampilkan ruangan yang elegan. 
  9. Tambahkan Tanaman Hias
    Tahukah kamu bahwa warna natural alami dari tanaman hias mampu menciptakan kesan lembut pada ruangan? Ya, warna hijau dari tanaman tak hanya menambah estetika namun juga melembutkan. Contoh tanaman hias yang direkomendasikan yakni sukulen.
  10. Perabot untuk Dekorasi
    Memilih furniture yang multifungsi saja rasanya tidak cukup. Pilih juga yang desainnya cantik sehingga mampu jadi dekorasi. Contohnya meja futuristik dengan penyimpanan di bagian bawahnya. Furniture ini tak hanya berperan sebagai dekorasi ruangan namun juga sebagai tempat penyimpanan. 

Baca Juga: Inilah 7 Perbedaan Desain Interior dan Arsitek yang Perlu Kamu Ketahui

Menarik bukan? Kegiatan mendesain interior memang sangat menyenangkan. Selain gaya minimalis, ada banyak gaya Desain Interior lain yang tak kalah menarik seperti bohemian, kontemporer, shabby chic, futuristic, industrial dan sebagainya. Setiap desainnya memiliki keindahan dan seninya masing-masing. 

Bagi kamu yang tertarik dengan bidang Desain Interior rumah dan ingin mendalaminya, kamu bisa mengambil jurusan Interior Design di BINUS @Bandung. BINUS @Bandung menggunakan kurikulum standar global yang akan membantu mahasiswa mematangkan hard skill dan juga soft skillnya secara berimbang sebagai persiapan menghadapi dunia kerja. 

Selain itu bagi kamu yang tengah mencari program beasiswa perkuliahan, BINUS @Bandung memberi kesempatan untuk pendaftaran tahun ini. 

Yuk, kuliah di BINUS @Bandung!

Yuk, Joint BINUS @Bandung Sekarang !

Banner SEO Campaign BINUS Bandung