10 Model Bisnis Konsultan yang Perlu Kamu Pahami

Model Bisnis Konsultan yang Perlu Kamu Pahami

Salah satu profesi yang banyak diminati bagi seseorang yang memiliki ketertarikan dan pemahaman yang bagus terhadap bisnis adalah menjadi bisnis konsultan. Dalam pengertian sederhana, profesi ini adalah orang yang bekerja sebagai penasihat di suatu perusahaan maupun individu dengan tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan penghasilan dan mencapai tujuan sesuai target.

Umumnya, seorang konsultan bisnis akan mendatangi kliennya untuk misi membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan maupun masalah secara langsung. Namun untuk beberapa kasus tertentu, pekerjaan ini bisa dilakukan secara freelance dan bahkan bisa bisa dilakukan secara mandiri atau biasa disebut dengan konsultan independen.

Tugas Seorang Konsultan Bisnis

Menjadi seorang konsultan bisnis tidak hanya sekedar memberi masukan kepada kliennya, namun juga harus bisa memberikan berbagai solusi dari masalah-masalah yang dihadapi tersebut. Berikut adalah beberapa tugasnya yang lebih terperinci dari profesi ini.

  1. Mengidentifikasi Masalah
    Seorang konsultan bisnis harus bisa mengidentifikasi segala permasalahan yang sedang dihadapi klien serta melakukan evaluasi terhadap keuntungan maupun kerugian dari aktivitas bisnis klien. Hal ini bisa membantu dalam mencarikan solusi terbaik dari masalah-masalah yang dihadapi.
  2. Memberikan Layanan Konsultasi
    Sesuai dengan namanya, pekerjaan dari profesi ini adalah memberikan layanan konsultasi, baik bagi pebisnis maupun perusahaan yang membutuhkan. Oleh sebab itu, menjadi seorang konsultan bisnis harus benar-benar seseorang yang mempunyai pengetahuan baik tentang dunia bisnis.
  3. Memberikan Solusi
    Saat seorang konsultan bisnis berhasil mengidentifikasi permasalahan bisnis yang dihadapi klien, selanjutnya mereka akan melakukan analisis terhadap masalah tersebut guna memberikan solusi terbaik.
  4. Menyusun Rencana Bisnis dan Menentukan Peluang
    Seorang konsultan bisnis juga harus memiliki kemampuan melihat dan menentukan peluang pada bisnis kliennya yang kemudian dibuatkan rencana pengembangan bisnis. Salah satunya adalah dengan menentukan strategi terbaik agar bisnis bisa mencapai penjualan yang diharapkan.
  5. Menjalin Komunikasi dengan Klien
    Selama menjalankan pekerjaannya, seorang konsultan bisnis harus bisa menjalin komunikasi yang baik dengan kliennya. Dari komunikasi ini nantinya akan diperoleh informasi berupa tujuan yang konsisten untuk kemajuan bisnis.

10 Model Bisnis Konsultan yang Perlu Kamu Pahami

Ada banyak model dari bisnis ini yang paling populer dan memiliki peluang besar untuk meraih keuntungan. Jika kamu tertarik dengan profesi yang berkaitan dengan dunia bisnis ini, berikut adalah beberapa model yang perlu diketahui.

  1. Konsultan Pemasaran
    Konsultan pemasaran bertugas memberikan informasi tentang seputar ide promosi, rencana pemasaran dan sebagainya. Menjadi seorang konsultan pemasaran harus bisa menjadi pribadi yang kreatif, sehingga dapat memberikan sebuah ide pemasaran yang lebih menarik dibanding dengan kompetitor.
  2. Konsultan Keuangan
    Menjadi konsultan keuangan sudah pasti harus paham dan memang memiliki keahlian di bidang finansial agar bisa memberi informasi tentang manajemen uang sekaligus saran terkait investasi untuk klien. Model bisnis ini memerlukan beberapa sertifikasi dengan melalui pendidikan dan program pelatihan khusus. Selain itu, menjadi konsultan keuangan juga harus paham tentang akuntansi agar bisa membaca laporan keuangan.
  3. Konsultan IT
    Konsultasi IT sudah pasti dilakukan oleh orang yang memiliki keahlian di bidang teknik informatika. Di era digital ini, sudah pasti keberadaan konsultan IT memiliki peluang yang sangat besar. Pasalnya, diprediksi akan ada banyak perusahaan yang membutuhkan jasa para konsultan IT di masa mendatang untuk mengembangkan sistem perangkat lunak sebagai upaya agar bisnis bisa semakin berkembang.
  4.  Konsultan Bisnis
    Seperti pembahasan sebelumnya, tugas konsultan bisnis adalah memberikan nasehat, saran serta masukan kepada pebisnis agar bisa menjalankan bisnis yang mendatangkan keuntungan besar. Konsultan bisnis juga masih dibagi menjadi beberapa jenis yang lebih spesifik, misalnya konsultan bisnis startup dan konsultan manajemen bisnis. Di sini, para konsultan bisnis akan memberikan hal-hal terkait bisnis, seperti rencana keuangan, ide bisnis dan sebagainya.
  5. Konsultan Karir
    Konsultan karir memiliki peluang cukup bagus karena banyak dicari. Seorang konsultan karir akan membimbing klien ke dalam pekerjaan atau profesi dan membantu mereka agar produktif dan bahagia saat menjalani pekerjaannya.
  6. Konsultan Asuransi
    Sebagian orang beranggapan, bahwa dalam hidup mereka membutuhkan asuransi sebagai pelindung diri dari kemungkinan risiko yang bisa datang kapan saja. Jadi, ketika mengalami kerugian biaya ataupun akibat finansial yang terjadi akibat dari sebuah peristiwa bisa diminimalisir. Asuransi bisa berupa asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi hari tua dan sebagainya. Untuk menentukan asuransi yang tepat, maka dibutuhkan konsultan asuransi.
  7. Konsultan Periklanan
    Ide tentang sebuah brand atau campaign ternyata juga membutuhkan konsultan yang disebut sebagai konsultan periklanan. Dengan begitu, klien bisa menentukan strategi yang tepat, sehingga berpeluang mendapatkan pelanggan yang lebih luas dan mendatangkan keuntungan yang lebih besar.
  8. Konsultan Energi
    Seseorang yang secara profesional memberikan rekomendasi tentang cara mengelola dan menggunakan energi adalah konsultan energi. Umumnya mereka akan diminta untuk melakukan evaluasi manajemen energi, misalnya mencari peluang agar dapat menghemat energi dan merekomendasikannya agar penggunaan energi bisa lebih efisien.
  9. Konsultan Manajemen Risiko
    Konsultan manajemen risiko memiliki tugas mengidentifikasi potensi ancaman sehingga dan memberi rekomendasi untuk pencegahannya. Dengan begitu, kerugian yang mungkin ditimbulkan bisa diminimalisir.
  10. Konsultan Sumber Daya Manusia (SDM)
    Konsultan ini biasanya erat hubungan dengan klien-klien pengusaha, baik itu perusahaan berskala kecil maupun besar untuk mengelola karyawannya. Di sini, konsultan akan memberikan program pelatihan sosialisasi kepada para karyawan, mencegah kekerasan dan pelecehan di tempat kerja serta saling menghormati.

Bisnis konsultan merupakan sebuah bisnis yang cukup menjanjikan dan banyak dicari. Jika kamu tertarik sebagai seorang konsultan sukses, maka sangat penting untuk memahami dan mempelajari lebih lanjut tentang seluk beluk profesi ini. 

Yuk, tingkatkan kualitas diri untuk menjadi konsultan profesional dengan bergabung bersama BINUS @Bandung melalui link berikut.

BINUS @Bandung juga menawarkan beasiswa untuk kamu yang ingin bergabung dengan BINUS University lho. Jadi tunggu apa lagi? Ingin kuliah di kampus berkualitas dengan biaya minim? BINUS @Bandung solusinya! 

Yuk, Joint BINUS @Bandung Sekarang !

Banner SEO Campaign BINUS Bandung