Pada 18-19 November 2023, PyCon (Python Conference) bersama dengan Python Indonesia kembali mengadakan “PyCon Indonesia” dan menjadikan BINUS @Bandung sebagai tuan rumah untuk acara tersebut. PyCon Indonesia 2023 berlangsung sukses dan berhasil mendatangkan banyak sekali peserta dari ranah nasional maupun internasional (Singapura, Jepang, USA, Malaysia, Taiwan, Australia, Finlandia, Kroasia, dan Filipina) dengan total sebanyak 654 orang dan sebagiannya berjumlah 416 orang hadir secara onsite di BINUS @Bandung. Para peserta berasal dari berbagai kategori seperti ahli teknologi, tenaga pendidik, wirausahawan, pelajar, dan lainnya. Keberhasilan acara ini tidak lepas juga dari dukungan para sponsor, yaitu Python, Google Cloud (Platinum Sponsor), JULO & NGINX (Gold Sponsor), OCBC NISP & Qiscus (Silver Sponsor).

Acara PyCon Indonesia 2023 dipecah menjadi beberapa bagian. Kegiatan pertama adalah Keynote Talks, dengan 3 pembicara utama, yaitu Ayu Purwarianti (Pusat Penelitian AI ITB), Giovanni Sakti (Tech. Advisor), dan Erwin Huizenga (Machine Learning Tech. Lead di Google ). Kegiatan kedua adalah Regular Talks, diisi oleh 39 pembicara dari berbagai kategori. Ketiga adalah Workshops untuk para peserta mempelajari penerapan Python dan keempat adalah kegiatan Lightning Talks yang diisi oleh 8 orang pembicara. Pada sesi Regular Talks, salah satu dosen dari program studi Computer Science BINUS @Bandung ikut berperan aktif sebagai seorang speaker, yaitu Bapak Dany Eka Saputra dengan materi mengenai “Python Socket and Multi-thread for Drone”.

Melalui berbagai kegiatan PyCon hingga saat ini, kita bisa mengetahui bahwa Python merupakan salah satu bahasa pemrograman dunia yang cukup mudah untuk dipelajari dan dipahami setiap orang. Python berhasil memberi dampak positif dalam kemajuan industri teknologi ke tingkat yang lebih baik, khususnya untuk di bidang Artificial Intelligence (AI) dan semakin ke dalamnya, yaitu ranah Machine Learning (ML) dan Deep Learning (DL). Melalui kegiatan Python Conference Indonesia atau PyCon ID, berhasil dibuktikan bahwa komunitas pengguna bahasa pemrograman Python di Indonesia terus bertumbuh dan semakin luas dampaknya.

Baca juga: Langkah Belajar Menjadi Ahli dalam Pembuatan Aplikasi Android

Pada penutupan PyCon ID 2023, diumumkan bahwa tahun berikutnya, tidak akan diadakan kembali PyCon ID karena PyCon akan meningkatkannya menjadi PyCon APAC (Asia-Pacific) 2024 yang mengambil kembali Indonesia sebagai tuan rumahnya, khususnya untuk Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Mari terus kembangkan ilmu dan pelajari bahasa pemrograman Python dan ikuti kembali acaranya di PyCon APAC 2024.

Penulis: Riccosan