Berikut Langkah Belajar Menjadi Ahli dalam Pembuatan Aplikasi Android

Langkah Ahli Android

Belajar membuat aplikasi bagi sebagian orang memang terlihat seperti sesuatu yang sangat sulit dan tidak mungkin. Kebanyakan orang pastinya akan terlebih dahulu membayangkan betapa rumitnya membuat aplikasi Android sebelum mencoba membuatnya.

Faktanya, bagi pemula sekalipun memiliki peluang untuk bisa menciptakan aplikasi Android dengan cukup baik dan reliable, lho. Dengan kreativitas yang dimiliki, kamu bisa membuat aplikasi yang bisa mengubah cara kerja maupun berinteraksi dengan orang lain.

Langkah Awal Menjadi Ahli Pembuatan Aplikasi Android

Melihat peluang yang cukup luas di dunia Android development, jika tidak ingin ketinggalan, kamu juga perlu belajar membuat aplikasi. Nah, berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan terlebih dahulu agar bisa menjadi ahli dalam pembuatan aplikasi Android.

1. Meningkatkan Skill yang Dibutuhkan


Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan skill, seperti: menonton video tutorial, membaca buku dan artikel yang kredibel. Setidaknya terdapat 6 skill yang dibutuhkan di dalam pembuatan aplikasi Android. Berikut adalah ulasan selengkapnya.

  • Bisa Menggunakan API (Application Programming Interface)

Ada beberapa aplikasi Android yang kompleks dan mengandung konten pada aplikasi lainnya. Misalnya saja aplikasi pada ojek online yang memakai API pada Google Maps sehingga pemilik aplikasi tidak perlu membuat peta sendiri.

  • Bahasa Pemrograman Android

Menguasai bahasa pemrograman menjadi skill utama yang harus dimiliki. Terdapat dua jenis bahasa pemrograman yang saat ini paling banyak digunakan, yaitu Java dan Kotlin.

  • Android SDK

Selain menguasai bahasa pemrograman, kamu juga harus menguasai Software Development Kit (SDK) yang merupakan sekumpulan software yang digunakan untuk proses pengembangan suatu aplikasi supaya bisa bekerja dengan efektif.

  • Desain UI/UX

Pemahaman tentang desain UI/UX ini bisa membantu developer dalam menciptakan aplikasi yang bisa menjawab kebutuhan pengguna serta mudah digunakan.

  • Pemahaman Terkait Arsitektur dan Framework

Pemahaman ini bisa membantu developer dalam menciptakan aplikasi secara lebih cepat. Sebab, di dalam framework ini sudah ada serangkaian perintah dan fungsi yang telah siap digunakan.

  • Siap Kerja di Mobile App Development

Tentu saja, menjadi seorang Android developer harus memiliki kemampuan menyelesaikan masalah apapun yang muncul pada aplikasi seperti error atau bug.

Baca Juga: Proteus Sebagai Aplikasi Software Pengendali Mikrokontroller

2. Paham Tugas Serta Tanggung Jawab Sebagai Android developer


Sebelum terjun di bidang ini, kamu harus lebih dahulu memahami tugas dasarnya. Dengan mengetahui tanggung jawabnya, kamu bisa lebih mudah skill apa yang perlu dikembangkan terlebih dahulu. Terdapat beberapa tanggung jawab mendasar dari Android developer ini, seperti.

  • Memperbaiki bug
  • Melakukan pengujian
  • Menangani basis data dan API
  • Membangun fungsi aplikasi dan juga UI
  • Berkolaborasi dengan tim lainnya.

3. Berlatih menulis kode


Mempelajari teori tentang pembuatan aplikasi Android memang bisa meningkatkan pengetahuan kamu. Namun agar bisa menjadi seorang yang ahli, kamu perlu terus berlatih menulis kode. Pasalnya, tanpa melakukan praktik secara langsung, tentu kamu akan kesulitan dan bahkan tidak tahu bagaimana caranya menulis kode yang benar dan dapat diimplementasikan dalam pembuatan aplikasi Android.
Ketika mencoba pertama kali menulis kode, pasti kamu akan mengalami kesulitan hingga takut jika membuat kesalahan. Namun perlu diingat, memang tidak ada hal yang mudah untuk sesuatu yang baru dilakukan pertama kali. Jadi kamu tidak perlu takut dan khawatir, ya. Teruslah berlatih , hingga kamu terbiasa menulis kode yang lebih baik dan efektif agar aplikasi berkembang dengan baik.

4. Ikut Program Magang


Langkah belajar aplikasi Android yang cukup efektif selanjutnya adalah dengan mengikuti program magang. Setelah kamu bisa menguasai skill yang diperlukan, sebaiknya kamu asah kembali skill tersebut dengan mencoba terjun langsung ke dunia kerja dengan mengikuti program magang.
Mengikuti program ini, tidak hanya bisa kamu gunakan sebagai kesempatan untuk mempraktikkan pengetahuan, namun juga pengalaman kerja luar biasa bersama orang-orang yang lebih profesional. Ketika akan melamar pekerjaan, jangan lupa untuk menulis pengalaman kerja magang tersebut pada CV. Tentu saja ini akan menjadi nilai lebih bagimu untuk mendapatkan peluang kerja baru.

5. Gabung Dengan Komunitas


Selain belajar dengan materi dan mencoba berlatih langsung, maka maka ada hal lain yang bisa kamu lakukan agar bisa menjadi Android developer yang handal, yaitu dengan bergabung dengan komunitas.
Saat ini komunitas ini juga mulai berkembang pesat seiring semakin populernya profesi Android developer. Dengan begitu, kamu jadi lebih mudah untuk bergabung dengan komunitas yang sejalan dan sepemikiran denganmu.
Tentunya hal ini membuat kamu menjadi lebih mudah dalam melakukan diskusi. Selain itu, bergabung bersama orang-orang yang memiliki passion yang sama akan sangat memudahkan kamu saat menemukan masalah dalam pembuatan aplikasi Android.

Karir Para Android Developer

Setelah mengetahui langkah yang harus dilalui saat belajar membuat aplikasi Android, selanjutnya kamu juga perlu mengetahui beberapa keuntungan khusus yang bisa kamu dapatkan ketika berkarir di bidang ini. 

Berikut adalah beberapa diantaranya.

  • Bayaran yang cukup tinggi, sehingga skill yang kamu asah memang berbanding lurus dengan pendapatmu.
  • Karir dalam Android terbilang sangat luas.
  • Ada banyak pilihan profesi lain di dunia Android.
  • Banyak permintaan dari klien lokasi hingga internasional.

Belajar membuat aplikasi dan meniti karir di bidang Android developer memang sangat menarik dan memiliki masa depan yang sangat cemerlang. Hal ini sesuai dengan penggunaan Android yang semakin meningkat dari tahun ke tahun.

 Nah, buat kamu yang memiliki ketertarikan di bidang ini, yuk perdalam ilmu secara formal pada jurusan Computer Science di BINUS @Bandung. Daftarkan segera diri kamu dengan klik link berikut https://binus.ac.id/bandung/informasibinusbdg23/.