Pemanfaatan Teknologi Komputer dalam Dunia Bisnis

Pemanfaatan Teknologi Komputer dalam Dunia Bisnis

Pemanfaatan teknologi komputer saat ini bukan hanya untuk bisnis online, tetapi untuk semua jenis bisnis. Pemilik bisnis menggunakan komputer untuk mengotomatisasi proses distribusi, pemasaran, dan manufaktur dalam bisnis. Komputer dapat mempercepat operasi bisnis serta menghasilkan percepatan komunikasi dan transaksi. 

Pemanfaatan Teknologi Komputer yang Efektif untuk Bisnis

Teknologi komputer memiliki dampak luar biasa untuk berkembangnya bisnis. Peran teknologi dalam bisnis adalah perangkat dan sistem yang memungkinkan komunikasi secara efisien, pengelolaan data cepat, analisis akurat, dan proses pengambilan keputusan yang bersifat objektif. Semuanya itu dapat meningkatkan produktivitas, keterlibatan pelanggan, dan keunggulan kompetitif. 

Beberapa contoh konkrit akan manfaat teknologi komputer adalah sebagai berikut: 

  1. Efisiensi SDM
    Sejak tahun 2020, jumlah orang yang bekerja dari rumah meningkat hingga lebih dari 70% di seluruh dunia. Banyak perusahaan yang mempekerjakan karyawan dari jarak jauh meskipun pandemi telah berakhir. Beberapa jenis bisnis memiliki pabrik, call center, atau admin dengan metode rekrutmen melalui outsourcing.
    Teknologi perangkat lunak yang membantu karyawan di seluruh dunia berkomunikasi dengan mudah. Layanan seperti Microsoft Teams  atau Slack memberikan solusi untuk komunikasi informal dan diskusi bantuan. Sedangkan Zoom menyediakan platform bagi tim besar untuk berkomunikasi. Keberadaan email masih signifikan untuk komunikasi formal.
    Saat ini, mayoritas layanan publik juga telah digantikan oleh teknologi. Misalnya seperti restoran fast food dimana pembeli hanya perlu memilih menu dari layar dan langsung melakukan pemesanan sekaligus pembayaran secara mandiri. 
  2. Proses Promosi dan Penjualan
    Pelaku bisnis dapat menjangkau pelanggan, klien dan masyarakat umum yang lebih luas, bahkan dapat mentargetkan kota atau negara mana pun untuk menjual produk atau layanan mereka. Hampir semua jenis bisnis, bisnis kecil sekalipun, membuat situs bisnis sebagai platform untuk menjadi display produk atau jasa mereka.
    Saat ini, pemilik bisnis bahkan tidak memiliki terlalu banyak karyawan meski dapat menjangkau pembeli cukup banyak.
    Bahkan, banyak pemilik bisnis baru dengan modal yang tidak besar, dapat meraih keuntungan cukup besar, berkat perangkat dan internet yang mereka maksimalkan. Bahkan, mereka dapat mempelajari teknik berjualan dari internet, seperti melalui podcast kisah sukses pengusaha dan sebagainya.
    Amazon dan eBay adalah perintis e-commerce yang sudah ada sejak keberadaan internet. Facebook Marketplace, Uber eats, dan Aliexpress menyusul disertai dengan ratusan e-commerce lainnya. Di Indonesia, e-commerce juga menjadi raja di dunia perdagangan.
    Pelanggan di seluruh dunia memanfaatkan e-commerce karena berbagai alasan. Alasan utamanya adalah mereka dapat mencari produk dengan lebih tenang serta memesannya tanpa ribet. Mereka tidak perlu meninggalkan rumah sehingga mereka dapat menghemat biaya transportasi, ongkos parkir dan waktu untuk berkeliling pusat perbelanjaan.
    E-commerce menyediakan akses ke ribuan produk yang tidak mungkin dilakukan saat berbelanja di toko terdekat. Keberadaan e-commerce juga dapat membantu pemilik toko menghemat biaya inventaris serta utilitas yang cukup besar, terutama jika pemilik masih menyewa toko. Memang, ada biaya pengelolaan tetapi tidaklah besar. 
  3. Komunikasi Digital
    Komunikasi digital benar-benar bermanfaat bagi semua orang di seluruh dunia. Dulu, komunikasi hanya melalui email dan SMS atau Short Message Service. Saat ini, ponsel pintar sudah dilengkapi dengan fasilitas chat, panggilan video dan juga media sosial.
    Pastinya Anda juga pengguna WhatsApp, Gmail, Zoom, Instagram dan semacamnya. Komunikasi dimana informasi dikirimkan antara dua komputer secara elektronik disebut komunikasi digital. Berkat komunikasi digital, bisnis dapat berkomunikasi dengan calon pelanggan atau pemangku kepentingan
    Banyak bisnis menggunakan platform media sosial untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka. Twitter, Instagram, dan Facebook banyak digunakan oleh bisnis untuk membuat pengumuman atau mendapatkan masukan, atau sekadar untuk tujuan pemasaran. Sedangkan Linkedin sangat bermanfaat bagi para profesional untuk mencari atau menawarkan pekerjaan.
  4. Proses Perekrutan
    Human Resources Department atau HRD kini dapat mempersingkat waktu seleksi karyawan dengan berbagai software untuk rekrutmen. Rekrut karyawan baru secara online kini memudahkan staf HRD untuk fokus ke hal penting lainnya. Penggunaan internet dan komputer dapat menyeleksi kandidat sesuai dengan kata kunci yang ada di resume.
    Hal yang sama juga dirasakan oleh kandidat karyawan. Pencari kerja dapat melamar pekerjaan yang tersedia di berbagai platform pencarian pekerjaan. Mereka tidak perlu lagi mendatangi kantor demi kantor dan mencetak dokumen berlembar-lembar karena mereka dapat mengirimkannya melalui email dan platform pencari kerja tersebut.
  5. Eksekusi Rencana dan Ide Bisnis
    Penggunaan komputer serta perangkat lunak yang ada dapat mempercepat pelaksanaan rencana bisnis. Bahkan produk perangkat lunak yang umum seperti Microsoft Office memiliki program yang sangat membantu pekerja, seperti Microsoft Excel, Microsoft Word dan Microsoft Powerpoint. Ketiganya adalah aplikasi efisien yang membantu pekerja dalam presentasi, membuat dan mengelola perencanaan keuangan, perhitungan, dan analisis data.
  6. Transaksi Keuangan
    Transaksi bisnis semakin mudah dengan kemajuan teknologi komputer dan internet. Setoran tunai, pembayaran transaksi, dan berbagai jenis pembayaran digital kini hanya butuh waktu kurang dari 30 menit. Pemilik bisnis mendapatkan keuntungan lebih cepat, sedangkan pelanggan juga dapat bertransaksi dengan mudah dan cepat. 

Baca Juga: Apa saja yang dipelajari jurusan interactive design technology

Poin-poin diatas merupakan pemanfaatan teknologi komputer yang paling umum. Banyak pelaku bisnis telah memanfaatkan komputer dan internet untuk berbisnis secara efektif dan efisien. Jika kalian adalah salah satu entrepreneur muda yang inovatif, tentunya kalian harus punya bekal pendidikan yang sesuai. 

Jangan ragu bergabung dengan jurusan Computer Science BINUS @Bandung. Atau, jika ingin menempuh Double Degree Information System dan Creativepreneurship. Kurikulum berakreditasi internasional adalah alasan utama mengapa kalian wajib kuliah disini. Segera daftarkan diri kalian di https://binus.ac.id/bandung/informasibinusbdg23/ dan raih masa depan cemerlang disini!