Berikut Ini Adalah Pemanfaatan Perkembangan Teknologi Masa Kini

Pemanfaatan Perkembangan teknologi

Pemanfaatan perkembangan teknologi masa kini telah digunakan oleh siapa saja seperti keberadaan komputer dan internet serta berbagai manfaatnya. Internet juga telah mengubah kehidupan manusia supaya lebih maju, dimana akses informasi apa pun tanpa batasan waktu dan tempat dapat dilakukan. 

Hal terpenting dari teknologi terkini adalah pemanfaatan waktu secara maksimal untuk melakukan banyak aktivitas secara bersamaan.  Saat ini, setiap bidang berkembang sangat pesat hanya karena teknologi komputer. Kita bisa melihat pemanfaatan teknologi komputer dalam industri perangkat lunak, industri hiburan, kedokteran, ilmu pengetahuan, pertanian, pendidikan dan sebagainya.

Perkembangan Teknologi Masa Kini

Teknologi masa kini telah membantu manusia dalam banyak faktor. Teknologi terbaru dapat meminimalisir pekerjaan untuk menghemat waktu, tenaga dan dana. Teknologi komputer berkorelasi dengan teknologi informasi untuk mempelajari komputer, jaringan, dan sebagainya. 

Teknologi informasi mencakup daftar pengembangan berbagai program perangkat lunak dan perangkat keras. Pengembangan ini termasuk pemrograman, jaringan, desain dan pengembangan database untuk memastikan bahwa komputer bekerja dengan benar. Perkembangan teknologi memajukan banyak daerah yang sebelumnya tertinggal. 

Baca Juga: Pemanfaatan Teknologi Komputer dalam Dunia Bisnis

Pemanfaatan teknologi yang telah dinikmati manusia modern adalah sebagai berikut: 

1. Pendidikan

Kita bisa melihat perubahan besar dalam sistem pendidikan di Indonesia. Kini, siapapun bisa belajar apa saja dari mana saja dengan bantuan teknologi komputer. Hal ini telah mengubah cara pendidikan dan metode pembelajaran.
Mahasiswa bahkan dapat kuliah dari rumah tanpa mengabaikan kualitas pendidikan. Beberapa kampus berakreditasi internasional menawarkan kelas online dengan metode pembelajaran fleksibel. Fenomena ini sangat menarik bagi para mahasiswa modern yang memilih untuk terus mengembangkan bisnis sembari tetap menempuh pendidikan jenjang S1. 

2. Komunikasi

Teknologi terkini berbasis komputer telah memudahkan kita untuk berkomunikasi. Siapa yang tidak memanfaatkan aplikasi komunikasi saat ini? Komunikasi dapat dilakukan melalui chat dan video conference dimana biayanya juga sangat terjangkau. 

3. Berbelanja

Berbelanja kini semakin mudah dengan teknologi terkini. Berbelanja tidak lagi terbatas di satu kota atau provinsi. Bahkan, berbelanja produk dari luar negeri pun semudah membalikkan telapak tangan. Bisnis jual beli dapat terhubung secara real time sehingga pemilik bisnis sudah jarang melakukan transaksi secara offline

4. Bisnis

Di era modern, bisnis online bukanlah suatu hal yang istimewa. Teknologi komputer telah membuat bisnis apapun menjadi sangat mudah. Pemilik bisnis hanya perlu memiliki situs web yang dapat digunakan untuk mempublikasikan jenis bisnis.
Keberadaan media sosial juga mempermudah bisnis. Saat ini bisnis dan pemasaran dilakukan secara dengan perkembangan yang sangat pesat. Bisnis menjadi lebih efisien karena aktivitas pemasaran, promosi, publikasi dapat diketahui banyak pengguna internet secara real time

5. Medis

Kita bisa melihat pemanfaatan teknologi komputer dalam bidang industri farmasi dan medis. Di bidang kedokteran, kita sudah mengetahui bahwa berbagai mesin canggih bekerja dengan teknik terkini untuk menghitung kompleksitas tubuh manusia serta memberikan hasil yang tepat terkait dengan diagnosa. 

6. Pertanian

Sektor pertanian di Indonesia kini telah menggunakan teknologi komputer untuk meningkatkan produktivitas. Petani menggunakan inovasi teknologi komputer untuk menentukan waktu terbaik untuk menanam, memupuk, memanen, dan menjual hasil panen. Dengan bantuan teknologi ini, mereka dapat memperoleh informasi yang lebih baik tentang tanah dan lingkungan, serta meningkatkan produksi dan biaya.
Teknologi komputerisasi juga diaplikasikan pada kendaraan pemanen dengan informasi kepada pengemudi saat mengumpulkan hasil panen. Petani dapat mendeteksi apakah tanaman terkontaminasi racun, jamur atau bakteri lainnya. Saat petani belajar menggunakan teknologi pertanian baru, mereka dapat menyesuaikan metode pertanian mereka untuk jangka panjang.

7. Transportasi

Chip dan sirkuit komputer kini mengendalikan fungsi dasar kendaraan modern. Mikroprosesor mesin menghitung campuran udara dan bahan bakar yang tepat untuk pembakaran, sedangkan circuit board mengatur waktu pengoperasian busi. Fitur keselamatan, seperti airbag, cruise control, rem anti-lock, dan transmisi otomatis, semuanya mengandalkan teknologi komputer.
Teknologi terkini yang membantu transportasi adalah sistem GPS. Aplikasi penunjuk jalan atau GPS menerima sinyal satelit yang menginformasikan lokasi dimana pengemudi berada, serta menemukan tujuan yang diinginkan.  Perangkat akan membuat tampilan yang beradaptasi dengan gerakan, dan memberikan petunjuk langkah demi langkah tentang cara menavigasi jalur yang tersedia. 

8.  Entertainment

Poin ini tentunya menjadi gebrakan paling spektakuler. Saat ini, tidak ada lagi batasan menonton film dan mendengar musik. Layanan streaming menjadi sangat mudah dan murah. Efek visual, audio dan animasi merupakan teknologi terkini sebagai hiburan pengguna internet, baik melalui laptop atau ponsel.
Selain layanan streaming, permainan online juga menjadi hiburan bagi siapa saja. Game online menggunakan grafik yang dihasilkan oleh komputer dimana dan setiap game dihubungkan ke sistem hiburan rumah berbasis komputer. Pemain dapat bermain sendiri atau dengan orang lain melalui internet. Beberapa sistem permainan dapat menjual program yang dapat diunduh secara gratis maupun berbayar. 

9. Layanan Umum


Perkembangan teknologi masa kini mendukung layanan umum dimana sebagian besar perangkat modern menggunakan microchip dan unit pemrosesan untuk menjalankan fungsi dasarnya. Contohnya adalah mesin ATM, pompa bensin, dan barcode scanner adalah hal yang umum dalam kehidupan sehari-hari. Semua mesin tersebut bergantung pada circuit board dan data digital untuk melayani pengguna.

Ingin menjadi bagian dari perkembangan teknologi masa kini? Jadilah salah satu BINUSIAN dengan bergabung menjadi mahasiswa jurusan Computer Science di BINUS @Bandung. Kalian dapat memilih Double Degree Information System dan Creativepreneurship dengan kurikulum berakreditasi internasional. 

Kamu juga tidak hanya dapat mengembangkan bisnis digital startup tetapi juga memiliki skill bisnis berdaya saing tinggi. Segera daftarkan diri ke https://binus.ac.id/bandung/informasibinusbdg23/.