Berikut Adalah Panduan Handal Belajar Software Development

Panduan belajar software development

Salah satu profesi di bidang IT yang menawarkan gaji yang sangat tinggi adalah software developer. Selain gaji yang sudah menyentuh angka dua digit, profesi ini juga masuk ke dalam kategori pekerjaan dengan job security terbaik. Fakta inilah yang akhirnya mendorong orang-orang untuk belajar software development.

Perlu kamu ketahui, belajar software development ini juga memerlukan berbagai tahapan agar bisa menghasilkan produk software yang berkualitas. Supaya kamu bisa lebih mudah dalam mempelajarinya, simak terlebih dahulu tentang apa itu software development, yuk.

Tentang Software development

Istilah software development pastinya sudah tidak asing lagi bagi para programmer yang sudah biasa membuat website dan aplikasi. Software development erat kaitannya dengan sebuah perusahaan atau startup yang bergerak di bidang IT.

Dalam bahasa indonesia, software development juga disebut dengan cara pengembangan perangkat lunak. Artinya, ini merupakan sebuah proses pengembangan produk perangkat lunak untuk bisa menciptakan produk berkualitas dan memenuhi nilai guna. Tujuannya tidak lain memang untuk memberikan solusi berupa kenyamanan dan fitur yang bisa meningkatkan produktivitas, efisiensi dan kemampuan teknologi informasi.

Istilah tersebut juga akrab disebut dengan Software Development Life Cycle (SDLC), yang merupakan serangkaian aktivitas dari ilmu komputer mulai dari mendesain, menciptakan, menyebarkan dan mendukung software

Dalam kaitannya dengan software development, pekerjaan sebagai software developer nyatanya juga bisa dikerjakan secara tim dan bisa dipilah kembali menjadi tiga jenis pekerjaan berbeda lainnya yakni front end developer, back end developer dan UI/UX designer.

  • Front end developer bertugas menerjemahkan desain ke dalam bahasa pemrograman sehingga bisa menampilkan sebuah gambar, teks dan sebagainya.
  • Back end developer bertugas membuat basis data (database) dan juga menyiapkan server sehingga bisa dioperasikan.
  • UI/UX designer adalah mereka yang merancang desain software dari awal.

Selain tiga tersebut, dalam tim software developer juga akan ditemui full stack developer yang mengemban tugas dari front end dan back end developer sekaligus. Inilah yang menjadikan alasan, mengapa setiap software developer harus memahami ilmu tentang software development khususnya terkait penggunaan algoritma dan bahasa pemrograman. 

Baca Juga: Langkah belajar menjadi ahli dalam pembuatan aplikasi android

Panduan Belajar Software development

Tidak bisa dipungkiri jika pendidikan menjadi pilar utama untuk bisa menjadi seorang professional software developer. Pendidikan yang sesuai tentunya menjadi salah satu faktor yang sangat menentukan saat kamu melamar pekerjaan bidang ini di perusahaan skala besar.

Selain belajar di sebuah universitas atau perguruan tinggi, buat kamu yang tidak memiliki latar belakang IT ternyata juga masih memiliki peluang untuk menjadi seorang software developer, lho. Berikut beberapa panduan sukses yang bisa kamu ikuti:

1. Coba Ikuti Program Internship

Kamu pasti bertanya-tanya, bagaimana orang yang tidak memiliki latar belakang pendidikan IT bisa magang di bidang software development, padahal ini sangatlah mungkin.
Sesuai pendapat yang dikemukakan Josh W Comeau, umumnya perusahaan tidak melihat latar belakang pendidikan dari pelamar. Kebanyakan perusahaan justru tertarik dengan mereka yang memiliki ketertarikan dunia software development dan berniat untuk terus belajar.
Ketika kamu mengambil program magang, maka di sini kamu bisa menambah ilmu yang dibutuhkan untuk melamar kerja menjadi seorang software developer. Setidaknya inilah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika magang.

  • Saat kinerja dinilai bagus oleh atasan, maka kamu memiliki potensi untuk diangkat menjadi karyawan tetap.
  • Mendapat berbagai ilmu lain terkait software development dan programming sehingga bisa memberi kontribusi pada perusahaan tempat magang.
  • Ketika kamu memutuskan berkarir di tempat lain, maka kamu pengalaman magang bisa menjadi referensi profesional kamu.
  • Pengalaman yang didapat ketika magang bisa dijadikan pijakan untuk meniti karir menjadi seorang software developer.

2. Mengikuti Bootcamp (Belajar Secara Intensif Dalam Waktu Singkat)

Tidak sekedar seperti belajar dari video-video programming online, bootcamp memberikan pengalaman yang lebih intensif dan juga mendalam. Di sana kamu akan belajar tentang keterampilan pemrograman yang sangat dibutuhkan dalam memulai karir di bidang software development.
Berbeda dengan belajar di universitas, pengajar bootcamp hanya ada satu pengajar yang akan memberikan materi kepada para peserta. Tidak hanya sekedar teori, disini kamu juga akan mendapatkan latihan tentang programming agar peluang karirmu di masa depan sebagai seorang software developer semakin lancar. 

3. Bergabung dengan komunitas software developers

Selain cara di atas, cobalah untuk bergabung dengan komunitas software developers, yang memang memiliki misi dan cita-cita yang sama denganmu. Selain kamu bisa semakin termotivasi untuk lebih giat belajar, di sini kamu juga akan mendapatkan lebih banyak lagi ilmu tentang software development. Pasalnya, di sini kamu bisa secara langsung meminta bantuan dengan para anggota komunitas yang lebih berpengalaman.
Orang ini bisa saja menjadi mentor profesional buat kamu ketika tiba saatnya mencari pekerjaan di bidang software development.

Setelah mengetahui panduan belajar software development di atas, pasti kamu memiliki pandangan jika pendidikan bukanlah satu-satunya jalan yang bisa diambil. Meski begitu, jika kamu tidak memiliki latar belakang pendidikan formal, maka kamu akan sulit mendapatkan pekerjaan di industri ini, lho. Sekalipun kamu sudah belajar di universitas, kamu juga tetap  harus meningkatkan kualitas kamu dengan mencari berbagai aktivitas terkait selesai perkuliahan.

Itulah panduan handal belajar belajar software development yang bisa kamu lakukan. Di Indonesia sendiri sudah terdapat kampus mumpuni yang bisa kamu pilih untuk dijadikan tempat menimba ilmu bidang software development secara formal. Dimana lagi kalau bukan di BINUS @Bandung jurusan Computer Science

Tunggu apa lagi, yuk cari tahu informasi terkini untuk bergabung lewat link berikut: https://binus.ac.id/bandung/informasibinusbdg23/